Penghasilan Pertama Dari Google Adsense

February 21st, 2014 by I Gusti Agung Made Wirautama Leave a reply »

Sebelumnya mohon maaf kalau saya tampak ndeso, katrok atau apalah di bidang mencari uang melalui internet khususnya blog. Karena tidak sedikit teman blogger lain yang sudah biasa dan mahir tentang bagaimana mendapatkan penghasilan dari internet. Tulisan ini juga bukan untuk pamer atau apapun, hanya sekedar sharing dan yang terpenting menjadi catatan bagi diri saya sendiri.

Baiklah langsung saja, jadi ceritanya saya sudah ngeblog sejak sekitar tahun 2007. Waktu itu seorang kawan mengenalkan saya pada layanan blog WordPress.com. Beberapa bulan ngeblog di wordpress.com akhirnya saya membeli domain sendiri di wirautama.net. Namanya juga blogger tentu saja waktu itu saya mulai rajin blogwalking dan akhirnya mengenal yang namanya Google Adsense, yaitu salah satu cara untuk menghasilkan uang di internet melalui layanan iklan PPC (Pay Per Click). *mohon koreksi kalau salah

Tetapi pada waktu itu, iklan Google Adsense (GA) hanya mau muncul di halaman blog yang menggunakan bahasa Inggris. Saya ingat waktu itu saya sampai memaksakan diri untuk membuat post berbahasa Inggris dan hasilnya tentu berantakan walaupun sudah menggunakan bantu Google Translate. Ketika hasil GA sudah mencapai 20-an dollar, saya akhirnya mendapat PIN yaitu sebuah kode yang harus kita masukkan di account GA, ya semacam verifikasi begitu.

Sebenarnya waktu itu saya tidak terlalu serius dan tidak berambisi dalam mencari uang di internet. Saya ikut-ikutan GA itupun hanya sekedar coba-coba. Mungkin karena itu juga penghasilan GA saya pun tidak terlalu baik, hanya satu atau dollar per bulan. Kemampuan saya dalam menulis di blog tidak cukup baik ditambah lagi dengan masalah bahasa. Dengan berbagai kendala itu, untuk mencapai 100 dollar tentu membutuhkan waktu bertahun-tahun. Oya, untuk GA jumlah minimum pembayaran adalah 100 dollar, jadi ketika pendapatan kita sudah 100 dollar barulah akan dibayar. *mohon koreksi lagi kalau salah

Masalah selanjutnya adalah konsistensi ngeblog. Saya pun tidak terlalu konsisten ngeblog, beberapa kali hiatus. Sebulan hanya satu atau dua tulisan yang bisa saya posting, itupun lebih baik tulisan tidak bermutu, curhat dan sampah yang tidak bisa diandalkan untuk mendatangkan pengunjung. Ditambah lagi saya pindah ke domain ini yaitu imadewira.com dimana beberapa tulisan di blog lama tidak sempat saya selamatkan, ya walaupun hanya berisi tulisan-tulisan tidak bermutu tadi.

Hingga beberapa waktu lalu, Google Adsense (GA) sudah mendukung blog berbahasa Indonesia. Saya pun kembali memasang iklan GA di blog ini (sebelumnya saya sempat mencoba kliksaya.com). Penghasilan GA pun bertambah ya walaupun tetap recehan seperti dulu.

Tahun lalu, saya juga lupa bulan apa tepatnya, saya akhirnya mendapatkan cek dari Google untuk pertama kalinya. Sempat saya pamerkan juga di FB waktu itu dan sebagian kawan sedikit tertawa :D. Karena selain saya terhitung telat untuk mendapatkan cek itu, metode pembayaran dengan cek juga konon sudah jarang dipakai karena proses pencairan cek yang ribet dan potongan yang katanya lumayan.

Atas saran seorang teman yang berpengalaman, saya disarankan agar mengubah setting metode pembayaran di GA dengan Western Union. Saya pun mengubahnya dan berhasil. Tetapi masalahnya setelah beberapa bulan ternyata saldo penghasilan di GA saya tidak berubah dimana pembayaran cek sebelumnya belum dikembalikan. Setelah googling kesana-kemari saya akhirnya mengetahui bahwa cek yang dikirimkan sebelumnya harus dibatalkan terlebih dahulu dengan mengikuti langkah tertentu.

Proses pembatalan cek pun saya coba, untung saja cek yang saya dapatkan itu belum saya buang karena proses pembatalan membutuhkan beberapa kode dari cek tersebut. Proses pembatalan cek berhasil, setelah beberapa waktu saldo saya pun kembali. Dan di bulan selanjutnya saya pun mendapat pemberitahuan pembayaran. Kali ini tentu melalui Western Union.

Melalui akun GA saya “Statement of Earnings” yang pada intinya berisi data pengirim yaitu Google Inc. dan data penerima yaitu saya serta yang terpenting adalah kode Payment Number yang merupakan kode MTC (Money Transfer Control) yang akan digunakan untuk mengambil uang melalui Western Union. Singkat kata, Statement of Earnings itu saya print saja.

Setelah mendapat kesempatan di jam kerja, saya pun mencoba googling kira-kira di sekitar Nusa Dua di dekat kampus saya bekerja dimana bisa mengambil uang melalui Western Union. Saya mendapatkan info di bank BNI. Saya pun langsung ke bank BNI di Nusa Dua tapi ternyata katanya tidak bisa, saya coba ke bank Mandiri yang kebetulan ada di sebelahnya tetapi tidak bisa juga. Satpam-nya menyarankan saya ke bank BPD Bali yang tidak jauh dari sana dan ternyata terpampang logo Western Union di depan bank BPD.

Masuk ke bank BPD tapi ternyata petugas mengatakan tidak bisa melayani Western Union karena ada gangguan teknis. Saya sempat bingung harus kemana, saya mencoba lagi bank BRI dan katanya sudah tidak kerjasama dengan Western Union lagi dan saya disarankan mencoba ke Kantor Pos. Baiklah saya ke Kantor Pos.

Masuk ke kantor Pos dan menanyakan pak satpam, saya langsung dipersilahkan mengisi form penarikan uang Western Union. Setelah mengisi data pengirim, penerima dan kode MTC, saya mengantre beberapa saat dan akhirnya mendapat giliran. Tiba di petugas saya dimintai fotocopy KTP dan terpaksa harus balik lagi ke tukang fotocopy. Kembali ke petugas di kantor Pos, menunggu sekitar 5 menit, petugas memberikan uang kepada saya dan meminta tanda tangan. Selesai, ternyata tidak susah.

Pengalaman pertama mendapat penghasilan dari Google Adsense ini cukup unik bagi saya karena ternyata mendapatkan uang dari internet itu adalah nyata. Jumlah yang saya terima ini relatif, mungkin receh bagi orang lain tapi cukup besar bagi saya yaitu sekitar sebesar gaji pokok CPNS golongan III/a. Tapi ya itu, saya mengumpulkannya dalam waktu bertahun-tahun. Ya saya tetap bersyukur, setidaknya bisa dipakai membayar biaya domain dan hosting blog ini.

Dan yang terpenting adalah pengalaman yang saya dapat, sehingga mungkin nanti bisa saya jadikan tambahan pengetahuan ketika mengajar di depan kelas.

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

5 comments

  1. adsense kalo ditekuni malah bisa jadi penghasilan utama loh gan, sodara saya sih income utamanya ya dari adsense…

    nice share :)

    Creative Artwork selesai posting perbedaan certificate ssl web server dan wildcard ssl

  2. PanDe Baik says:

    Trus… kapan makan makannya ? *GA saya diblokir gara gara ada beberapa konten yang berisi bajakan dan pornografi *uhuk

  3. akriko says:

    wah… penghasiln GA diblog saya juga belum bisa cair, karena memakai WU jadi mesti nunggu sampai 100 US juga… btw… selamat ya… hihi

  4. I Ketut Suparnata says:

    mau dong di ajarin caranya…..

Leave a Reply

CommentLuv badge