Pengertian Pengolahan Data Elektronik

Pengertian Pengolahan Data Elektronik atau Elektronic Data Processing (EDP) merupakan pengolahan data yang dilakukan menggunakan perangkat komputer. Pengertian data adalah fakta / kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan. Sedangkan pengolahan data atau data processing adalah proses manipulasi dari data ke bentuk yang lebih bermanfaat dalam bentuk suatu informasi. Pengertian informasi adalah hasil dari suatu pengolahan data dalam bentuk yang lebih bermanfaat.

Jadi pengertian Pengolahan Data Elektronik adalah suatu proses manipulasi data menjadi bentuk yang lebih bermanfaat berupa informasi menggunakan suatu perangkat elektronik yaitu perangkat komputer. Pengolahan data elektronik memiliki suatu siklus yang terdiri dari 3 tahapan dasar : Input, Processing, Output.

Dan kemudian dikembangkan lagi dengan menambahkan 3 tahapan lagi yaitu : Origination, Storage, Distribution.

Adapun penjelasan masing-masing tahapan dalam siklus Pengolahan Data Elektronik adalah sebagai berikut:

  • Origination : merupakan tahap yang berhubungan dengan proses pengumpulan data.
  • Input : merupakan tahap memasukkan data ke dalam proses komputer.
  • Processing : merupakan tahap pengolahan / pemrosesan dari data yang sudah dimasukkan yang dapat berupa proses menghitung, membandingkan, mengklasifikasikan, mengurutkan, mengendalikan atau mencari di storage.
  • Storage : merupakan tahap perekaman atau penyimpanan hasil pengolahan data. Hasil pengolahan data yang telah tersimpan di storage (simpanan luar) dapat dijadikan input untuk proses pengolahan data selanjutnya / lainnya.
  • Output : merupakan tahap yang menghasilkan output dari pengolahan data berupa informasi.
  • Distribution : merupakan tahap distribusi output kepada pihak yang berhak atau membutuhkan informasi.

Demikian penjelasan singkat tentang pengertian Pengolahan Data Elektronik.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *