Pengertian dan Pengenalan Sistem Bilangan Desimal

Berikut ini adalah artikel tentang pengenalan dan pengertian sistem bilangan desimal. Sistem bilangan desimal adalah sistem bilangan yang paling umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari bagi sebagian besar orang. Sistem bilangan desimal menggunakan basis 10 dan tentunya menggunakan 10 macam simbol bilangan yaitu : 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 dan 9. Sistem bilangan desimal dapat berupa integer desimal (decimal integer) dan dapat juga berupa pecahan desimal (decimal fraction).

Baca juga :

Dalam pengenalan sistem bilangan desimal ini, kita perlu mengetahui cara untuk melihat nilai bilangan desimal, untuk itu dapat digunakan perhitungan seperti berikut, misalkan contoh bilangan desimal adalah 8598. Ini dapat diartikan seperti gambar berikut:

Dalam contoh bilangan desimal diatas disebutkan absolut value dan position value. Setiap simbol dalam sistem bilangan desimal memiliki absolut value dan position value. Pengertian absolut value dan position value dalam sistem bilangan adalah sebagai sebagai berikut. Absolut value adalah nilai mutlak dari masing-masing digit bilangan. Sedangkan position value adalah nilai penimbang atau bobot dari masing-masing digit bilangan tergantung dari letak posisinya yaitu bernilai basis dipangkatkan dengan urutan posisinya. Untuk lebih jelasnya perhatikan tabel dibawah ini:

Dengan begitu maka bilangan desimal 8598 pada sistem bilangan desimal bisa diartikan sebagai berikut:


Contoh-contoh diatas adalah bilangan desimal dalam bentuk integer desimal (decimal integer). Selain itu, sistem bilangan desimal juga bisa berupa pecahan desimal (decimal fraction), misalnya : 183,75 yang dapat diartikan sebagai berikut:

Demikian pengertian serta pengenalan sistem bilangan desimal. Semoga cukup jelas dan bermanfaat.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

One thought on “Pengertian dan Pengenalan Sistem Bilangan Desimal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *