Pengenalan dan Pengertian Sistem Bilangan

Berikut ini artikel singkat tentang pengenalan serta pengertian sistem bilangan. Pengertian sistem bilangan atau dalam bahasa inggris disebut number system adalah suatu cara untuk mewakili besaran dari suatu fisik. Untuk pengenalan sistem bilangan, perlu diketahui bahwa sistem bilangan menggunakan suatu bilangan dasar atau disebut juga basis (base/radix) tertentu. Dalam kaitannya sistem komputer ada 4 jenis sistem bilangan yang dikenal yaitu:

  • Sistem Bilangan Desimal (Decimal Number System)
  • Sistem Bilangan Binari (Binary Number System)
  • Sistem Bilangan Oktal (Octal Number System)
  • Sistem Bilangan Hexadesimal (Hexadecimal Number System)

Pengenalan Basis/Base/Radix Dalam Sistem Bilangan. Basis/base/radix adalah suatu bilangan dasar dalam sebuah sistem bilangan. Berikut ini penjelasn dan pengertian basis/base/radix dalam setiap sistem bilangan yaitu:

  • Sistem bilangan desimal menggunakan basis 10, dimana deca berarti 10. Artinya sistem bilangan desimal menggunakan 10 macam simbol bilangan yaitu : 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 dan 9.
  • Sistem bilangan binari menggunakan basis 2, binary berarti 2. Artinya sistem bilangan binari hanya menggunakan 2 macam simbol bilangan yaitu : 0 dan 1.
  • Sistem bilangan oktal menggunakan basis 8, octa berarti 8. Artinya sistem bilangan oktal menggunakan 8 macam simbol bilangan yaitu : 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan 7.
  • Sistem bilangan hexadesimal menggunakan basis 16, hexa berarti 6 dan deca berarti 10. Artinya sistem bilangan hexadecimal menggunakan 16 macam simbol bilangan yaitu : 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C, D dan E.

Demikianlah pengenalan dan pengertian dari masing-masing sistem bilangan. Pada umumnya orang hanya mengenal sistem bilangan desimal yaitu sistem yang menggunakan 10 macam simbol. Diperlukan sebuah pemahaman tentang basis dalam melakukan pengenalan tentang sistem bilangan dan juga pemahaman tentang simbol-simbol bilangan. Karena misalnya penggunaan simbol “10” dalam sistem bilangan desimal memiliki makna atau value yang berbeda simbol “10” pada sistem bilangan biner dan juga sistem bilangan lainnya.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

One thought on “Pengenalan dan Pengertian Sistem Bilangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *