Pengenalan dan Pengertian Apa Itu Internet

Materi tentang pengertian dan pengenalan apa itu internet perlu diketahui mengingat saat ini internet sudah merupakan sebuah hal yang tidak asing lagi di masyarakat, tidak hanya di perkotaan namun juga di pelosok desa. Pengertian istilah “internet” pada dasarnya mengacu pada rangkaian dan jaringan di internet, bukan program atau aplikasi tertentu. Maka dari itu, tanpa adanya aplikasi yang sesuai maka internet tidak akan ada gunanya.

Saat ini di internet terdapat berbagai macam aplikasi dan layanan yang tersedia. Setiap aplikasi tersebut berjalan sesuai dengan protokol tertentu. Protokol ini adalah sebuah kumpulan aturan yang mengatur tentang bagaimana aplikasi tersebut berkomunikasi di internet.

Untuk melakukan pengenalan internet, kita perlu mengetahui berbagai layanan yang tersedia di internet. Terdapat 5 macam aplikasi atau layanan yang sering digunakan di internet yaitu :

  • WWW (World Wide Web)
  • Email
  • Chatting
  • File Transfer
  • Remote Login.

WWW merupakan singkatan dari World Wide Web atau sering disebut “website” atau cukup “web” saja. Website merupakan layanan yang paling populer dan paling berkembang dalam perkembangan internet. Website begitu populer bahkan banyak orang awam yang mengidentikkan website dengan internet. Secara teknis website bisa dikatakan adalah sebuah sistem yang menyediakan berbagai informasi. Informasi yang disediakan pada website dapat berupa teks, gambar, suara, viedo dan lain-lain.

Semua informasi yang tersedia di website tersimpan di sebuah internet webserver atau disebut webserver saja. Informasi yang tersimpan di webserver tersebut umumnya akan ditampilkan dalam bentuk HTML (Hypertext Markup Language). Dari komputer yang kita gunakan, website dapat diakses dengan menggunakan sebuah software atau program aplikasi yang disebut web browser atau disebut browser saja. Browser akan membaca dan menampilkan halaman website yang tersimpan di webserver dengan protokol yang disebut HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Terdapat banyak browser yang tersedia saat ini, contohnya : Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera dan lainnya.

Email (electronic mail) atau dalam bahasa Indonesia disebut surel (surat elektronik) adalah aplikasi atau layanan di internet yang memungkinkan pengguna berkirim pesan melalui sebuah alamat elektronik. Setiap pengguna umumnya memiliki sebuah kotak surat (mailbox) yang tersimpan di sebuah mail server. Setiap mailbox memiliki alamat agar dapat berhubungan dengan mailbox lainnya. Layanan email ini ada yang tersedia secara gratis maupun berbayar. Contoh layanan email gratis yang paling dikenal saat ini adalah Gmail dari Google. Selain itu perusahaan-perusahaan juga memiliki mail server sendiri untuk digunakan oleh pengguna di lingkungannya.

IRC (Internet Relay Chat) atau disebut “chat” saja adalah bentuk aktivitas komunikasi melalui media internet yang menggunakan berupa teks yang diketikkan melalui keyboard. Komunikasi chatting dapat terjadi secara berkelompok dalam suatu room atau secara private antara dua pengguna saja. Kegiatan chatting membutuhkan software IRC client, salah satu yang populer dulu adalah mIRC.

Berkembangnya teknologi membuat kegiatan saat ini tidak hanya berbasis teks, namun sudah memungkinkan adanya komunikasi suara (voice chat) dan video (video chat). Selain itu Yahoo dan Google juga menyediakan layanan chatting dengan aplikasi YM (Yahoo Messenger) dan Google Talk. Dan kini aktifitas chatting juga dapat berbasis web dan semakin variatif.

File Transfer merupakan fasilitas yang memungkinkan para pengguna internet untuk melakukan pengiriman (upload) atau menyalin (download) antar komputer di internet. Protokol standar yang digunakan dalam file transfer adalah FTP (File Transfer Protocol). FTP umumnya digunakan untuk mendukung pertukaran file di internet. Selain itu FTP juga biasanya digunakan untuk membantu proses upload file web ke webserver agar dapat diakses oleh pengguna lainnya menggunakan web browser.

Remote Login adalah layanan yang memungkinkan pengguna mengakses (login) ke sebuah terminal / host dalam lingkungan jaringan internet. Dengan layanan ini, seorang pengguna dapat mengoperasikan sebuah host dari jarak jauh tanpa berhadapan secara fisik dengan host tersebut. Dari sana pengguna tersebut dapat melakukan maintenance, menjalankan sebuah program bahkan menginstall aplikasi di host yang bersangkutan. Protokol yang digunakan untuk keperluan remote login disebut TelNet (Telecommunications Network). Aplikasi TelNet umumnya digunakan oleh pengguna teknis di internet. Dengan menggunakan TelNet seorang administrator sistem dapat memegang kendali atas sistem yang ia operasikan tanpa mengakses sistem secara fisik.

Demikianlah pengertian dan pengenalan internet beserta berbagai layanan yang tersedia melalui media internet, semoga bermanfaat. Jika ada kekeliruan atau kekurangan dalam artikel ini, silahkan disampaikan di kolom komentar.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

2 thoughts on “Pengenalan dan Pengertian Apa Itu Internet

  1. wah tulisannya sangat mendidik sekali..
    kalau diingat dulu baru pertama tahu internet sampai sekarang malah hampir melupakan hal-hal yang dijelaskan di atas seperti kata www dan remote login

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *