Pengen Liburan Akhir Tahun di Yogyakarta

Akhir tahun adalah momen yang paling bagus untuk liburan ke luar daerah, suasana liburan biasanya mengasikkan karena memasuki bulan Desember adalah menjelang pergantian tahun. Kami sudah beberapa kali liburan di bulan Desember, tapi selama ini masih di seputar Bali saja.

Pertama kali seingat saya kami liburan di Bedugul, menginap di Strawberry Hill. Waktu itu kami cuma bertiga yaitu Saya, Istri dan Nindi. Kami hanya menginap semalam dan mengisi waktu dengan jalan-jalan di sekitar Bedugul. Memang fokus kami waktu itu adalah menikmati suasana di hotel saja.

Selain itu kami juga dua kali menginap di Candidasa, Karangasem. Yang pertama hanya bertiga saja, kami menginap di Rama Candidasa. Sedangkan yang kedua kami menginap berlima yaitu kami bertiga ditambah adik ipar dan mertua saya. Keduanya dalam momen akhir tahun. Liburan akhir tahun lainnya kami juga sempat dua kali menginap di Ubud, yang pertama bukan hotel tapi sebuah villa. Kemudian yang kedua di sebuah hotel.

Selain itu kami juga beberapa kali menginap di hotel akan tetapi memang bukan dalam momen liburan akhir tahun, tapi sekedar mengisi kesempatan di sela-sela tugas dinas yaitu ketika saya atau istri dapat tugas dinas di Bali dengan menginap serta kebetulan dapat kamar sendiri, maka kami biasanya ajak anak-anak ikut menginap juga.

Kembali tentang liburan akhir tahun, kami sebenarnya punya rencana untuk menginap di Singaraja dulu, misalnya di Lovina. Selain itu kami ingin mencoba dulu lokasi-lokasi wisata di Bali, baru kemudian sesekali ingin ke luar Bali. Kami mendahulukan di Bali tentu saja karena budget di Bali lebih terjangkau karena kami hanya perlu biaya hotel saja, sedangkan transport bisa dengan kendaraan sendiri. Sedangkan di luar daerah, biaya transport cukup besar.

Nah, kalau ngomongin liburan di luar Bali, maka ada beberapa pilihan daerah yang saya bayangkan untuk dikunjungi. Yang pertama adalah Yogyakarta, kenapa Yogyakarta? Karena dalam benak saya Yogyakarta asik untuk dikunjungi selain Bali. Ada cukup banyak obyek wisata yang sepertinya menyenangkan untuk dikunjungi di Yogyakarta. Kalau jadi liburan ke Yogyakarta, kami tentunya ingin naik pesawat saja kesana, apalagi baru beberapa waktu lalu Yogyakarta meresmikan bandara baru. Untuk menginap kami inginnya di hotel atau villa. Kalau di hotel tentu saja cukup hotel bintang 3 saja. Kalau dengan sewa villa di jogja boleh juga karena mungkin bisa lebih praktis karena bersama keluarga. Oya, saya sendiri sudah pernah ke Yogyakarta sekali, waktu itu dalam tugas dinas, namun sayang belum sempat kemana-mana karena saya sakit.

Ini foto waktu saya ke Yogyakarta dan besoknya tepar tensi naik karena begadang dan kecapekan.

Yang kedua, kami inginnya liburan ke Surabaya, kenapa Surabaya? Karena saya dan istri dulu sama-sama kuliah di Surabaya. Kami ingin mengajak anak-anak ke kota dimana dulu kami menempuh pendidikan. Kota dimana dulu masa yang cukup berat bagi kami khususnya saya karena itu pengalaman pertama kali merantau. Untuk obyek wisata memang mungkin tidak sebanyak tempat lainnya. Oya, sebenarnya Nindi dan Bramasta sudah pernah kami ajak ke Surabaya, tapi bukan liburan melainkan untuk menghadiri Wisuda adik ipar saya. Ya isi jalan-jalan juga sih. Waktu ini kami menginap di hotel karena bersamaan dengan keluarga besar, ke depan mungkin ingin mencoba apartemen, tapi mungkin harus cari info apartemen dulu di Surabaya. Untuk perjalanan, kami punya keinginan untuk mencoba naik mobil, pelan-pelan saja. Selain agar bisa lebih hemat, juga agar bisa sekaligus jalan-jalan ke Malang.

Yang ketiga, seperti saya sebutkan di atas, maunya jalan-jalan liburan di Malang. Saya sendiri pernah beberapa kali ke Malang, baik ketika kuliah di Surabaya maupun dalam tugas dinas, tapi belum pernah khusus liburan bersama keluarga.

Itulah rencana liburan saya, mudah-mudahan nanti bisa terealisasi. Untuk liburan ke luar negeri, misalnya ke Thailand, Malaysia dan lainnya, jujur saja saya belum terbayang, namun ide muncul juga dari istri saya, tapi ya sementara jadi pertimbangan saja dulu sambil menunggu Bramasta lebih besar.

Baca Juga:

Wirautama

Wirautama, penulis sekaligus pemilik blog ini adalah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ditugaskan di Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali di bawah naungan Kementerian Pariwisata.

3 thoughts to “Pengen Liburan Akhir Tahun di Yogyakarta”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.