Pedrosa Sial, Lorenzo Menjauh

September 17th, 2012 by I Gusti Agung Made Wirautama Leave a reply »

Lorenzo sangat diuntungkan dengan sialnya Pedrosa di San Marino 2012

Hasil balapan MotoGP San Marino 2012 yang merupakan balapan seri ke 13 kemarin benar-benar di luar dugaan. Semula diduga persaingan ketat sepanjang balapan akan terjadi antara Lorenzo dan Pedrosa seperti seri sebelumnya. Wajar saja dengan ketidakhadiran Stoner karena cedera, Pedrosa adalah tumpuan harapan kubu Honda untuk membendung Lorenzo. Apalagi dengan cederanya Stoner penampilan Pedrosa justru membaik, khususnya di dua seri terakhir Pedrosa menang dan mengalahkan Lorenzo secara beruntun.

Mental dan rasa percaya diri Pedrosa sedang menanjak, khususnya dengan balapan seri sebelumnya di Ceko dimana Pedrosa memenangkan duel seru melawan Lorenzo. Dan balapan MotoGP San Marino kemarin Pedrosa kembali meraih pole position yang artinya dia akan start dari posisi terdepan, dan lagi-lagi mengalahkan Lorenzo yang start di posisi kedua. Tapi apa yang terjadi ketika balapan sungguh di luar dugaan, Pedrosa benar-benar sial.

Tanda-tanda sudahb terlihat ketika warm up lap, Pedrosa sepertinya mengalami sedikit masalah dengan motornya sehingga harus dibantu beberapa orang agar bisa melaju. Kemudian ketika balapan dimulai, ada masalah lagi dimana start harus diulang, kalau tidak salah itu karena ada masalah pada motor salah seorang pembalap (kalau tidak salah Karel Abraham). Sementara itu ketika start di ulang, Pedrosa harus menerima kenyataan harus start dari posisi paling belakang karena bermasalah dengan motornya. Kalau tidak salah karena Pedrosa mengganti motor dan terlambat ketika warm up lap.

Kejadian ini tentu saja menguntungkan Lorenzo yang tidak terbentung dari awal sampai akhir balapan. Lorenzo sama sekali tidak terkejar oleh pembalap lain dan tidak ada persaingan sama sekali. Di sisi lain, Pedrosa yang sudah sial start dari paling belakang semakin sial karena terjatuh di lap pertama. Pedrosa di senggol dari belakang oleh Hector Barbera. Pedrosa pun terjatuh dan DNF alias gagal finish. Lorenzo pun juara di MotoGP San Marino sementara Pedrosa tidak mendapat poin sama sekali.

Balapan MotoGP San Marino menjadi kurang seru, karena duel antara Lorenzo dan Pedrosa urung terjadi. Penonton pun pasti kecewa kecuali sebagian kubu Yamaha yang tentu senang karena diuntungkan dengan sialnya Pedrosa. Tapi apapun itu kesialan Pedrosa sama sekali bukan disebabkan oleh Lorenzo atau pun kubu Yamaha.

Sementara itu, penampilan apik ditunjukkan oleh Valentino Rossi yang akhirnya mampu finish di podium. Sepanjang hampir 2 tahun bersama Ducati, inilah penampilan terbaik Rossi. Karena kalau tidak salah inilah podium pertama Rossi dalam kondisi balapan kering, ya walaupun dalam kondisi “tidak normal” karena ketiadaan Pedrosa dan Stoner. Tapi bagaimana pun juga penampilan Rossi kali ini layak diacungi jempol.

Entah karena sasis dan lengan ayun baru pada motornya, atau karena kenangan akan Simoncelli atau mungkin kepastian kepindahannya ke Yamaha, yang jelas Rossi tampil cukup baik. Sekedar catatan, jarak antara Rossi dan Lorenzo ketika finish cukup dekat yaitu hanya 4,398 detik. Itu sudah cukup dengan mengingat kalau tidak salah selama ini jarak finish Rossi sekitar 30 detik dengan pembalap terdepan.

Penampilan apik juga ditunjukkan oleh Alvaro Bautista yang memenangi duel dengan Andrea Dovizioso di akhir balapan untuk memperebutkan posisi ketiga. Duel yang terjadi antara Alvaro Bautista (di tim bekas Simoncelli) dengan Dovizioso sangat ketat. Bautista bahkan menang hanya dengan selisih 0,003 detik di depan Dovizioso.

Itulah hasil balapan MotoGP San Marino 2012. Lorenzo dan Yamaha senang, Pedrosa dan Honda menderita. Selisih poin antara Lorenzo dan Pedrosa kini menjauh, Lorenzo unggul 38 poin dari Pedrosa. Cukup jauh memang apalagi Lorenzo biasanya tampil cukup rapi dan konsisten. Tapi dengan balapan yang menyisakan 5 seri peluang Pedrosa masih cukup besar asalkan tidak mengalami kesialan seperti di San Marino lagi.

Kita tunggu saja hasil balapan MotoGP 2012 ini.

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

4 comments

  1. applausr says:

    saya sudah tidak mood nonton GP ini.. stonernya tidak ada sih… :(

  2. arikaka says:

    moto GP musim ini bener2 biasa ajaa :o
    arikaka´s last blog post ..Stephan El Shaarawy

Leave a Reply

CommentLuv badge