Pedrosa Kalahkan Stoner dan Lorenzo

July 8th, 2012 by I Gusti Agung Made Wirautama Leave a reply »

Dani Pedrosa mengakhiri dominasi Stoner-Lorenzo di MotoGP Jerman 2012

MotoGP musim 2012 seri ke 8 di gelar di sirkuit Sachsenring, Jerman hari Minggu kemarin. Sebagai catatan dalam 7 seri sebelumnya hanya ada dua pembalap yang keluar sebagai juara yaitu Stoner (3 kali) dan Lorenzo (4 kali). Jadi bisa dikatakan seri-seri awal MotoGP 2012 di dominasi oleh Stoner dan Lorenzo saja. Namun ceritanya berubah di MotoGP Jerman kemarin setelah Pedrosa berhasil menjadi juara dengan mengalahkan Stoner dan Lorenzo. Stoner terjatuh di lap terakhir sementara Lorenzo terpaut cukup jauh di belakang.

Jalannya balapan MotoGP 2012 cukup seru. Di lap-lap awal rombongan pembalap dipimpin oleh duo Honda dan duo Yamaha dengan urutan Pedrosa-Stoner-Spies-Lorenzo. Hanya beberapa lap Stoner berhasil melibas Pedrosa dan begitu juga Lorenzo yang menyalip Spies. Spies pun melorot dan menjadi sasaran empuk duo Dovizioso dan Cal Crutchlow.

Sampai lebih dari setengah balapan Stoner masih di depan dan ditempel oleh Pedrosa. Stoner pun tampak akan memenangkan balapan. Namun sekitar lap ke 18 Pedrosa berhasil mengambil alih posisi terdepan dari Stoner. Stoner tidak mau begitu saja dikalahkan dan terus menempel Pedrosa untuk kembali ke posisi terdepan. Balapan berlangsung cukup seru. Sementara itu Lorenzo yang berada di posisi ketiga seperti membalap sendirian karena jaraknya cukup jauh dengan Pedrosa dan Stoner.

Penonton pun fokus pada duel Pedrosa dan Stoner. Stoner tampak sangat dekat dan sepertinya akan menang kembali seperti biasanya, namunn kali ini Pedrosa sangat kuat. Sampai di lap terakhir Pedrosa masih memimpin dan tidak memberikan celah pada Stoner. Sampai pada akhirnya di sebuah tikungan menjelang finish Stoner terpeleset dan akhirnya terjatuh. Stoner tidak mampu bangkit untuk melanjutkan balapan. Lorenzo yang sebelumnya hanya berada di posisi 3 pun seperti mendapat berkah finish runner up.

Persaingan tidak kalah sengit juga terjadi di papan tengah. Seperti biasa pertarungan pembalap tim satelit Yamaha, Dovizioso dan Cal Crutchlow menjadi pemandangan seru. Dengan motor yang sama dan kemampuan yang setara, kedua pembalap saling menempel sepanjang balapan. Di tambah dengan kehadiran Ben Spies pada rombongan tersebut. Sayang Crutchlow sempat keluar lintasan namun mampu kembali ke lintasan. Karena terjatuhnya Stoner, Dovizioso ikut kebagian podium mengisi posisi 3.

Demikian jalannya balapan MotoGP Jerman secara umum. Dan kejadian terjatuhnya Stoner di lap terakhir menjadi berita paling menghebohkan. Lorenzo yang sebelumnnya sial di MotoGP Assen seperti mendapatkan keberuntungan disini. Lorenzo yang sepertinya hanya akan finish ke 3  di belakang Stoner mendapat berkah naik ke runner up, ditambah lagi dengan Stoner gagal finish membuat jarak poin Lorenzo kembali menjauh dari Stoner. Lorenzo kini memimpin klasemen dengan 160 poin, selisih 16 poin dari Pedrosa yang memiliki poin 146. Karena gagal mendapat poin, Stoner turun ke posisi 3 tetap dengan 140 poin.

Informasi yang saya baca di Twitter, Stoner sepertinya kembali kesal dengan tim marshal yang tidak maksimal membantunya untuk kembali ke lintasan untuk melanjutkan balapan. Sekedar mengingatkan, kalau tidak salah musim lalu ketika Stoner jatuh ditabrak Rossi, Stoner juga mengeluh kepada marshal yang katanya lebih membantu Rossi. Entahlah, tapi saya merasa kok sepertinya Stoner menimpakan kesalahan pada pihak lain atas nasib yang diterimanya.

Sementara Lorenzo menanggapi kejadian jatuhnya Stoner sebagai keberuntungan baginya. Tapi kalau boleh memilih, Lorenzo tidak ingin terjatuh di Assen dan Stoner tidak jatuh di Sachsenring. Tapi ya begitulah nasib, tidak bisa ditebak. Balapan MotoGP 2012 masih cukup panjang dan apa pun bisa terjadi. Kita tunggu saja.

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

4 comments

  1. applausr says:

    hiks stoner kalah…… semoga bisa menang di race berikutnya ya…
    applausr´s last blog post ..Sebuah Dedikasi

  2. andipandora says:

    padahal gue jagoin lorenzo, btw selamat buat pedrosa..:)
    andipandora´s last blog post ..Pekan Raya Banyumas 2012

  3. blog says:

    yah sepertinya tidak bersifat sportif ya dari seorang Stoner.

Leave a Reply

CommentLuv badge