Panggilan Untuk Orang Bali

December 15th, 2013 by imadewira Leave a reply »

Menggunakan bahasa Bali panggilan untuk orang Bali adalah salah satu cara untuk mengakrabkan diri.

Bagi anda yang sedang atau akan datang ke Bali, baik untuk tinggal ataupun liburan, tentunya mau tidak mau akan pernah berkomunikasi dengan orang Bali. Dalam berkomunikasi dengan orang Bali khususnya yang belum kenal dekat, mungkin anda ingin terlihat lebih akrab. Salah satu cara untuk membuat suasana lebih akrab adalah dengan menggunakan panggilan untuk orang Bali.

Nah, menggunakan panggilan untuk orang Bali ini perlu sedikit hati-hati karena jika kita salah menggunakannya, bukan menjadi lebih akrab tapi bisa jadi orang Bali yang anda ajak berkomunikasi menjadi merasa risih atau setidaknya kalimat anda akan terasa janggal dan tidak enak didengar. Baiklah, saya akan coba menjelaskan beberapa kata panggilan yang bisa anda gunakan.

“Bli”

Kata “bli” artinya kakak (laki-laki). Panggilan “bli” bisa anda gunakan untuk teman laki-laki yang sudah anda kenal, khususnya yang umurnya sedikit lebih tua dari anda. Untuk yang umurnya sebaya atau sedikit lebih muda juga bisa digunakan panggilan “bli” walaupun secara penggunaan menjadi tidak pas, tetapi penggunaan ini sudah biasa saat ini. Tetapi sebaiknya jangan gunakan panggilan “bli” untuk orang yang belum anda kenal. Karena beberapa orang belum tentu suka dipanggil “bli” oleh orang yang belum mereka kenal. Panggilan “bli” juga jangan digunakan untuk memanggil orang yang jauh lebih tua atau orang yang dituakan/dihormati. Dan terakhir, panggilan “bli” juga jangan digunakan untuk orang yang jauh lebih muda.

“Mbok”

Kata “mbok” juga artinya kakak, tetapi untuk yang perempuan. Penggunaan panggilan “mbok” juga sama seperti panggilan “bli”.

“Gus”

Panggilan “gus” berasal dari kata “bagus” yang artinya ganteng/tampan/baik, tentu saja ini untuk laki-laki. Di Bali, kata “gus” sering digunakan sebagai awal nama panggilan untuk golongan/kasta Ida Bagus dan juga kasta lainnya. Ya karena nama awalnya memang mengandung kata “bagus”. Panggilan “gus” bisa anda gunakan untuk orang yang belum anda kenal, tetapi yang umurnya sebaya atau lebih muda dari anda. Mirip seperti memanggil “nak” atau “dik” dalam bahasa Indonesia.

“Gek”

Panggilan “gek” berasal dari kata “jegeg” yang artinya cantik. Kata “jegeg” yang dipendekkan menjadi “geg” kemudian berubah menjadi “gek”. Mirip seperti kata “gus”, panggilan “gek” bisa digunakan untuk semua orang yang umurnya sebaya atau lebih mudah, tentunya yang perempuan. Di Bali, khusus yang golongan Ida Ayu sangat jarang menggunakan panggilan “gek”, tapi biasanya menggunakan panggilan “dayu” yang merupakan singkatan dari Ida Ayu. Tapi jika memang belum kenal, bisa saja menggunakan kata “gek”.

Itulah empat kata panggilan yang bisa digunakan untuk orang Bali, semoga dapat menambah informasi tentang Bali.

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

7 comments

  1. Zizy Damanik says:

    Wah terima kasih untuk infonya, Pak. Ternyata Bli itu sebaiknya tidak dipakai untuk yang lebih muda dari kita ya.
    Zizy Damanik´s last blog post ..Semangkok Semangat

  2. devieriana says:

    “jangan gunakan panggilan “bli” untuk orang yang belum anda kenal”, jadi yang benar (seharusnya) pakai panggilan apa? Saya biasanya manggil “bli” gitu kalo pas di sana, hihihik

    • imadewira says:

      @devieriana : Maksud saya orang yang belum dikenal latar belakangnya, khususnya untuk orang yang dihormati. Misalnya pemuka adat/agama, orang yang dituakan/dihormati di masyarakat dan sejenisnya, rasanya kurang sopan memanggil mereka “bli”, walaupun sebenarnya tidak akan ada yang marah dipanggil bli. Tapi untuk teman/kolega/kenalan panggilan “bli” mungkin lebih cocok. Kalau mau aman, bisa gunakan panggilan yang lebih “nasional” seperti “pak / bapak”.

  3. pande baik says:

    Ada yang belum lengkap.
    ‘Gung’ panggilan untuk anak cowok wilayah Tabanan dan sekitarnya
    ‘Nani’ panggilan bahasa bali sor untuk wilayah Buleleng

    *uhuk *asal
    pande baik´s last blog post ..Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan (PPIP) Kabupaten Badung

  4. Nana says:

    Kalo artinya rahko dalam bahasa bali apa

Leave a Reply

CommentLuv badge