Otak di Balik Sang Legenda MotoGP

Kalau berbicara tentang MotoGP, tentunya tidak bisa lepas dari sang maestro dan legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi. Rossi yang telah meraih 9 gelar juara dunia itu bahkan kini masih aktif membalap di kelas MotoGP. Sayangnya musim 2010 ini Rossi hampir pasti gagal mempertahankan gelar juara dunianya karena sempat cedera parah dan absen di 4 seri MotoGP.

Namun, bagaimanapun juga tak ada yang menyangsikan skill Rossi diatas motor balap MotoGP. Sembilan gelar juara dunia sudah cukup sebagai bukti kehebatan Rossi. Juara dunia itu bahkan dia raih diatas motor yang berbeda-beda yaitu juara dunia di kelas 125 cc dan 250 cc bersama Aprilia, 1 gelar di kelas 500 cc bersama Honda, 2 gelar di kelas MotoGP (semula bernama 500 cc) bersama Honda, serta 4 gelar juara dunia di kelas MotoGP bersama Yamaha. Dua gelar juara dunia MotoGP dalam 2 tahun terakhir bahkan masih milik Rossi.

Prestasi paling hebat Rossi tentunya ketika dia pindah dari Honda ke Yamaha. Padahal saat itu Rossi menjadi juara dunia di musim 2003 bersama Honda dan di musim 2004 Rossi memutuskan pindah ke Yamaha. Dan hebatnya, Rossi langsung menjadi juara dunia bersama Yamaha di tahun 2004 dan berlanjut ke musim 2005. Jadi mungkin tidak berlebihan jika kita menyebut kalimat “apapun motornya, Rossi juaranya“.

Tapi ada satu hal yang mungkin jarang diketahui publik yang merupakan salah satu kunci keberhasilan Rossi. Yaitu kepala mekanik di tim Rossi baik ketika di Honda maupun di Yamaha. Dia adalah Jeremy Burgess. Bisa dikatakan selama ini Rossi dan Jeremy Burgess sudah menjadi satu paket.

Ketika Rossi pindah dari Honda ke Yamaha di tahun 2004, Jeremy Burgess pun diajak serta. Dan Jeremy Burgess berhasil membuat motor Yamaha yang terakhir kali menjadi juara dunia tahun 1992 (dikendarai oleh Wayne Rainey) kembali menjadi juara dunia di tahun 2004. Jeremy Burgess berhasil menyediakan motor yang hebat untuk Rossi, ditambah dengan skill Rossi yang memang bagus.

Tahun 2010 ini hampir dipastikan Rossi gagal meraih gelar juara dunia. Dan kontraknya bersama Yamaha akan segera habis. Rekan setim sekaligus pesaing berat Rossi musim lalu, yaitu Jorge Lorenzo adalah kandidat kuat juara dunia musim 2010. Sementara jagoan Ducati yang juga juara dunia musim 2007, Casey Stoner sudah dipastikan hijrah ke Honda.

Melihat semua fakta diatas, maka isu tentang kepindahan Rossi ke Ducati semakin santer terdengar. Persaingan dengan Lorenzo dan lowongnya posisi pembalap utama Ducati adalah penyebab utama. Meskipun belum pasti, tetapi kemungkinan Rossi pindah ke Ducati sangat besar. Konon Rossi akan memberikan kepastian di MotoGP Ceko pertengahan bulan depan.

Lalu, andaikan Rossi pindah ke Ducati, apakah Jeremy Burgess akan ikut serta seperti ketika Rossi pindah dari Honda ke Yamaha?

Jawabannya pun belum pasti. Ada isu Jeremy Burgess akan kembali ke Honda dan menangani Casey Stoner yang juga sama-sama berasal dari Australia. Namun ada pula yang mengatakan Jeremy Burgess akan tetap bersama Yamaha dan mengakhirinya karirnya bersama Yamaha.

Dan pertanyaan selanjutnya, apakah Rossi masih hebat tanpa kehadiran Jeremy Burgess di garasinya?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

15 thoughts on “Otak di Balik Sang Legenda MotoGP

  1. Aku sih gak peduli siapa pun pembalapnya yang penting Honda motornya :lol: fanatikme yang sudah mendarah daging.
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    1. @PanDe Baik,
      ndak juga bli, mayoritas tips blog kok, liat aja di category, sampai saat ini :
      tips blog(50), personal(24), motogp(22), sepakbola(18) dan seterusnya, hehe

  2. hm…beberapa isu masih sliweran…
    namun coba liat usaha honda 2010 ini
    -rekrut livio suppo (ducati)
    -rekrut Andrea Zugna dan Cristian Battaglia (yamaha)
    -terbaru : rekrut stoner

    alasan untuk 3 rider di 2011, untuk mengenang kejayaan HRC era 90an…tentu JB juga ada didalamnya bukan??

    hm…akankah JB?time will tell

    *JB pun pernah bilang bahwa stoner adalah racer yang berbakat

  3. Sebenarnya dari dulu rossi ingin memakai motor di luar pabrikan jepang, tetapi pada waktu itu di iming-imingi uang 10 jt dolar untuk memakai motor yamaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *