Nindi Sudah Biasa Gosok Gigi Sendiri

June 18th, 2013 by I Gusti Agung Made Wirautama Leave a reply »

Mungkin salah satu tantangan ketika memiliki anak adalah bagaimana mengajarkan dia untuk merawat gigi. Saya sebenarnya sempat sedikit khawatir bagaimana cara mengajarkan putri saya Nindi untuk menggosok gigi. Tapi syukurlah sekarang Nindi sudah terbiasa menggosok gigi sendiri namun tetap harus ditemani kalau dia belum bisa (belum saya ijinkan) untuk mengisikan pasta gigi ke sikat giginya.

Putri saya Nindi saat ini berumur 3,5 tahun. Dia sudah tumbuh gigi sejak umur sekitar 6 bulan. Tapi baru mulai sekitar umur 2 tahun kami mengajarkan dia menggosok gigi. Sempat bingung juga bagaimana caranya, apakah dia akan mau merasakan pasta gigi, apakah dia memperbolehkan giginya dibersihkan dan sederet pertanyaan lainnya. Tapi secara alamiah saja semuanya tidak sesulit yang saya bayangkan.

Pada awalnya beberapa kali Nindi melihat saya atau ibunya menggosok gigi. Seorang anak pada umumnya memang suka meniru apa yang dilakukan orang tuanya, jadi memang sebaiknya kita perlihatkan langsung bagaimana menggosok gigi kepada anak. Ketika dia sudah mulai penasaran, kami (saya dan istri) memulai langkah dengan mengajak dia sendiri ke pasar swalayan untuk membeli sikat gigi dan pasta gigi untuknya. Pilihan sikat gigi dan pasta gigi untuk balita tentu saja sangat banyak dan menarik. Walaupun terlihat membebaskan dia memilih, tapi secara halus kami mengarahkan agar dia memilih dengan merk yang kami kenal.

Langkah selanjutnya, selesai mandi kami mencoba menggosok giginya. Kesulitan pertama adalah Nindi belum bisa berkumur, jadi beberapa kali air yang kami berikan malah dia telan. Tak apalah, tetap jalan terus sambil terus mengingatkan dia. Sikat gigi kami isikan pasta gigi sedikit saja karena takut akan tertelan olehnya. Sekali dua kali dia sudah biasa gosok gigi dengan bantuan saya atau ibunya.

Lama kelamaan Nindi mulai protes dan minta agar dia sendiri yang memegang sikat giginya. Dia tidak mau dibantu, biasalah anak-anak tidak ingin selalu diperlakukan seperti anak. Dia selalu ingin sama dengan kami. Tapi baguslah, malah menurut saya itu baik untuknya agar dia semakin mandiri apalagi untuk urusan menggosok gigi. Dan sekarang ini Nindi sudah biasa menggosok gigi sendiri walaupun pada awalnya gerakannya belum begitu sempurna, dia belum mampu menjangkau beberapa bagian giginya.

Walaupun sudah bisa menggosok gigi sendiri, saat ini Nindi tetap kami temani. Untuk mengisikan pasta gigi ke sikat giginya, saya belum berani mengijinkan dia sendiri karena takut terlalu banyak diisi, mungkin nanti saja akan kami coba. Sampai saat ini kesehatan gigi putri kami juga cukup bagus. Giginya belum ada keluhan, belum pernah sakit atau pun rusak. Selain karena cukup rajin gosok gigi, mungkin juga karena faktor makanan yang cukup kami jaga. Nindi hampir tidak pernah makan permen atau sejenisnya. Camilan pun kami batasi dan sejauh ini dia cukup menurut.

Oya, soal makanan, Nindi mungkin cukup unik. Dia paling suka dengan wortel. Setiap diajak makan di luar, ketika memesan menu cap cay dia maunya selalu makan dengan wortelnya saja.

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

Leave a Reply

CommentLuv badge