Modus Baru Penipuan, Hati-Hati Jual Barang di Situs Jual-Beli

November 14th, 2013 by imadewira Leave a reply »

Modus penipuan kini semakin banyak, para penipu sepertinya tidak pernah kehabisan cara untuk mencari celah mengelabui alis menipu orang. Seperti yang saya alami beberapa waktu lalu ketika mengiklankan sebuah barang (mobil) di sebuah situs jual-beli barang yang sangat dikenal di Indonesia. Saya tidak tahu apakah ini modus baru penipuan atau memang sudah sering terjadi, tapi yang jelas modus penipuan ini masih baru bagi saya.

Kalau modus penipuan sebelumnya yang pernah saya alami dan cukup sering ya paling-paling sms nyasar meminta kiriman uang ke rekening tertentu. Modus ini rasanya sulit untuk bisa menipu kecuali ya memang kebetulan ada orang yang menunggu sms nomor rekening dari orang lain. Modus penipuan lainnya yang paling sering juga lewat sms yaitu pengumuman pemenang undian tertentu. Isinya biasanya selamat anda memenangkan sebuah mobil, hubungi nomor sekian, lihat pengumuman di website dan seterusnya. Pada intinya modus penipuan ini penipu mengarahkan kita agar menelepon dan ujung-ujungnya diminta mentransfer uang. Modus penipuan ini mungkin saja berhasil jika yang kena adalah orang yang masih awam dan kurang berhati-hati, apalagi jika dia kebetulan mengikuti undian tersebut.

Nah modus penipuan yang baru saya alami beberapa waktu lalu adalah bukan lewat sms, tapi lewat telepon. Ceritanya saya mengiklankan mobil saya di situs jual-beli dan setelah itu ada sekitar 5 orang yang menghubungi, ada yang menelepon dan ada yang sms. Bahkan ada sudah datang langsung ke rumah untuk melihat mobilnya. Tentu mereka bukan penipu. Tapi ada satu orang yang ternyata penipu.

Sore hari ketika dalam perjalanan pulang kerja si penipu, sebut saja X menelepon untuk pertama kalinya. Dia mengatakan tertarik pada mobil saya, katanya mobil itu mau dibelikan untuk anaknya, dan anaknya yang memberikan nomor telepon saya  setelah melihat iklan saya di internet. X mengaku tinggal di daerah Gatsu Barat, tetapi saat itu (Rabu) dia masih di luar kota dan Sabtu baru akan pulang ke Bali. Dia tidak terlalu menawar harga dan sepertinya tidak tahu harga pasar, buktinya dia mau membeli dengan harga yang menurut saya tinggi. Katanya dia tidak mau mobilnya keburu diambil orang lain karena anaknya sudah sangat ngebet.

Karena X sedang diluar daerah, dia ingin memberi DP sebagai tanda jadi. Saya lalu menyarankan agar anaknya datang dulu ke rumah saya melihat barangnya sekaligus membawa DP, 1 juta pun tidak apa-apa, apalagi rumah saya tidak terlalu jauh dari Gatsu Barat. Tapi dia mengatakan tidak perlu, dia lalu meminta nomor rekening saja dan akan mentransfer uang 5 juta sebagai DP. Dari sini saya sudah merasa aneh dan menjadi curiga, karena sepertinya tidak mungkin ada orang mau mengirim DP tanpa melihat barangnya langsung.

Tapi coba saya ikuti saja, tiba dirumah saya sms nomor rekening Bank Mandiri ke nomor hpnya. Beberapa menit kemudian X menelepon saya, tapi dari nomor HP yang berbeda. Dia mengatakan sudah menerima sms saya dan menyuruh saya menunggu karena dia akan mengirimkan uang. Mungkin maksudnya agar saya menunggu di ATM (karena dia sempat menanyakan apakah ada ATM di dekat rumah). Saya makin curiga ini modus penipuan baru, tapi saya biarkan saja, saya melanjutkan aktivitas, saya ke lapangan bulutangkis untuk berolahraga.

Ketika sedang bermain bulutangkis, dia menelepon mengatakan sudah mengirim uang dan meminta agar saya mengecek ke ATM. Saya bilang tunggu ya karena saya masih olahraga. Setelah itu sampai dua kali dia menelepon meminta saya segara ke ATM, dan saya tetap meminta dia menunggu. Selesai olahraga saya pulang, mandi, makan dan seterusnya. Setelah itu baru kemudian saya coba saja ke ATM, saya mencoba berpikir positif siapa tahu beneran ada “orang gila” yang mau mengirim uang ke rekening saya. Padahal saya sudah tahu tidak ada uang yang masuk, karena jika ada pasti saya mendapat SMS notifikasi.

Selesai mengecek di ATM, tidak ada uang yang masuk. Saya coba ladeni X lagi, saya sms mengatakan uang tidak masuk. X menelepon saya lagi, X mungkin mengira saya sudah terjebak, dia seperti kaget dan cemas karena uangnya belum masuk, dia mengaku sudah mengirim dan katanya mau menelepon CS Bank Mandiri, saya persilahkan. X kemudian menelepon lagi, kali ini dia meminta saya ke ATM untuk memastikan lagi. Kali ini tentu tidak saya turuti. Saya katakan, begini saja pak, kalau memang bapak mau beli, silahkan besok saja suruh anak atau kerabat bapak ketemu saya membawa uang cash. Tapi X mengatakan tidak bisa, telepon ditutup. Saya sms sekali lagi mengatakan agar dia mengirim orang saja dan bayar cash.

Setelah itu, sudah lewat jam 10 malam X menelepon terus tapi tidak saya angkat karena saya sudah tidur. Dari kronologis diatas, sudah cukup meyakinkan bahwa X adalah penipu. Sebagai catatan, dari awal X sama sekali tidak menggunakan sms, semua komunikasi adalah via telepon HP dan dia yang menelepon saya.

Itulah pengalaman saya dengan orang yang saya yakini penipu, mungkin bisa dijadikan pelajaran agar tidak tertipu. Apalagi penipu ini menggunakan modus penipuan yang tergolong baru. Setelah kejadian itu ada beberapa orang lagi yang menghubungi saya baik via sms maupun telepon, semua tetap saya ladeni tapi dengan lebih hati-hati.

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

22 comments

  1. SIge says:

    habis berapa pulsa tuh bos meladeni tukang tepu ^^
    SIge´s last blog post ..Dharma Suaka dan bagi-bagi “sesari”

  2. yudi says:

    jelema naskl3ng care keto sebaiknya jangan diladeni wir, bahayane saget ye misi menghipnotis dan sejenisnya.

    btw semoga lekas laku mobilnya.

  3. saylow says:

    Hahaha sama seperti Rahaji yang mengiklankan rumahnya, aku yakin korbannya sudah banyak. Kayaknya emang nyari targetnya di website pengiklan jual/beli.
    saylow´s last blog post ..Senang

    • imadewira says:

      @saylow : sepertinya memang begitu Low, dan intinya tujuan mereka adalah menggiring calon korban menuju ATM lalu mencoba mengelabui/menipu (mungkin ada hipnotis) dengan cara tertentu.

  4. pande baik says:

    Mungkin ada baiknya menggunakan fitur sms banking bli, jadi soal debet dll bisa dicek via sms, gag perlu ke atm lagi. kan bank mandiri bisa ?
    pande baik´s last blog post ..Great Teacher Onizuka – eBook asyik 21 tahun keatas

  5. .gungws says:

    yaah…namanya juga usaha ;)))
    .gungws´s last blog post ..selamat, mama Nilam

  6. Zizy Damanik says:

    Wah. Musti hati-hati dan teliti benar ya.
    Zizy Damanik´s last blog post ..Off Road di Gunung Putri

  7. achmad says:

    Baru aja ane jual motor ada yg tlfn ane 2x sama percis kaya yang ente ngepost, die asal dr bogor dn dr bandung ngaku2y, kata die biar tanda jandi ane transfer 1 juta nnty hari rabo saya dateng, tp ane ladenin lg ada barang ada duit, tp Alhamdulillah ane g kena tipu krna ane udh curiga duluan ..

  8. dedy says:

    Barusan saya juga habis kena modus yg sama dgn penilis, kebetulan sy sedang iklankan mobil di toko ***** , kemudian ada yg sms ngaku anaknya H Ismail, dan saya suruh telp ke h ismail no 082231463135 karena bapaknya yg akan beli mobil, tapi sy ndak telp dia, akhirnya tadi siang ada yg telp ngaku haji Ismail, dari no tsb dan minta kalo ada no hp lain yg telkomsel supaya miarah (mengingat no hp sy xl mahal kali..) trus dia tanya rumah saya dimana, sy jawab di jakarta, terus dia nawar mobil, saya bilang ketemu aja pak, supaya liat mobilnya dulu baru nawar, dia alasan sedang di bandung, terus dia pura2 nanya ke istrinya, 30 menit kemudian dia telp dan bilang istrinya sudah setuju dgn harga yg saya tawarkan dan bilang mau DP Rp 2jt, dan minta no rek BCA saya, saya berpikir koq ada sih org beli ndak liat barang ya.. tapi sebelum saya kasih no rek saya, isi rekening tsb saya pindahkan ke rek yg lainya dan sy sisakan 40rb, kemudian saya sms no rek saya ke dia, dia telp utk konfirmasi no rek tsb, 2 jam kemudian dia telp lg sudah transfer 2jt dan sy diminta ke atm utk cek, karena sudah curiga dan takut hipnotis maka saya minyi istri chek atm yg cuma 100m dari rumah, dan ternyata benar hanya bohong,.. ndak lama dia telp lagi dan menanyakan apakaj sdh masuk uang nya, saya jawab tdk ada uanh masuk, dia pura2 panik dan confirmasi ke cs bank, dan saya di telp oleh yg mengaku cs tsb, saya disuruh ke atm lg utk chek, kemudian saya jawab “percuma mas nipu saya suruh saya ke atm, saya ndak bisa transfer uang ke mas nya karena ndak ada saldonya” setelah itu ndak ada telp lg… hehe.. minimal saya hanya 2x sms dan dia berkali2 telp dari simpati ke xl saya hehe… jadi hati2 pak, bu. Ciri2 orang yg nelp logat bicaranya seperti pekerja di CS saat kita komplain atao confirmasi ke costumer care atau cs bank by phone.

  9. rian says:

    Wah barusan saya juga hampir ketipu…sama tu modusnya mau beli mobil yg saya iklankan di tk bgs…sama persis deh dia transfer tanda jadi 3 juta trus setelah saya cek gak ada transferan masuk trus saya telp dia dan dia pura2 panik katanya sudah transfer dan setelh itu menghubungi cs bank…hahahahaha….modus penipuan. Untuk tmn2 semua hati2 dan waspada ya terhadap penipuan dalam bentuk apapun

  10. i5m says:

    Wah ane baru aja kena…
    critanya ane jual motor tau” ada yg hub
    No. 082188778297 dengan isi
    ” sya YOGI liat iklan motor di xxx.com sya sangat berminat. Tdi sya tlpn tpi tdk di respon untuk hrg sma pjak di hub bpk sya di no. 082188774847 HENGKI. Thanks ”

    Kronolisnya sama seperti di atas.. Sempat di salah panggil pdhal nama saya udin ( nama samaran) dia manggilnya eko dia bilang gini ” bpk eko uang sdh sya transfer 1 jt mohon di cek di atm ” pdhl nama sya udin ( nama samaran ) kan udah klihatan tuhh transfer ke siapa lagi. Masa iya dia beli -beli motor yg tipenya sama dan dia langsung ngasih DP tanpa cek..

    waspada no. Hp penipu
    082188778297
    082231463057
    081336142899
    085235537756

  11. angelia says:

    Wahh sama ini kayak kejadian yang baru saja saya alami . Saya juga pasang iklan di ditus jual beli . Kebetulan yang saya jual kucing .sama persis kayak kronologis diatas . Wah bs jadi pembelajaran kita bersama ini yaa :)

  12. Illusion says:

    wah ane baru aja hampir kena tipu sama persis ceritanya sama yg diatas. untung ane udah kroscek ke call center. hati2 agan semua buat repot aja tu penipu.

  13. Iman says:

    Sama bgt gan kejadian yg baru ane alami. Ngiklanin mobil situs jual beli. Tp ane msh binggung itu masalah gak klu kita udah kasi no rekening kita. Apakah bisa di heck rekening kita

  14. indra says:

    Waduuhhh sy td sore jg hampir ketipu dwngan modus yg sama.oleh atas nama h.kurniawan..untung rekening yg sy kasih 48rb.trus dia minta rekening yg lain ya gak aku kasih lah…

  15. DeGoez says:

    Patuh care kene nasib e ..
    Di suruh ke ATM ngotot pula ..
    Harus lebih hati2..

  16. Adiprasetyo says:

    Wah, saya juga barusan ngalamin kasus yg mirip om. Kira2 kalau udah terlanjur kasih nomor rekening ke si penipu ini masalah ga sih?
    Mohon pencerahannya, bentar lagi gajian, takut dikuras itu celengan saya :-(

  17. oodon says:

    ni no penipu telkomsel , modus undian mandiri e cash

  18. oodon says:

    ni no penipu telkomsel , modus undian mandiri e cash+62 823-0700-0601

Leave a Reply

CommentLuv badge