Meningkatkan Page View Dengan Popular Post

Pentingkah Meningkatkan Page View?

Bagus atau tidaknya sebuah blog tidak hanya ditinjau dari banyak atau tidaknya komentar pada setiap tulisan. Seorang blogger yang sudah malang melintang di dunia blog biasanya lebih mementingkan jumlah pengunjung. Jadi semakin banyak pengunjung, maka semakin bagus pula blog tersebut. Selain itu ada satu lagi hal yang penting yaitu Page View.

Apa Itu Page View?

Sederhananya, Page View adalah berapa kali halaman sebuah blog dilihat atau ditampilkan. Jadi seorang pengunjung bisa jadi membuka beberapa halaman / tulisan pada blog anda. Jika anda menggunakan layanan Google Analytics, maka pada dasboard anda akan menemukan 3 laporan utama yaitu : Visits, Pageviews, dan Pages/Visit. Jumlah Pageviews biasanya lebih besar atau minimal sama dengan Visits. Dan pada Pages/Visits anda bisa melihat berapa banyak Page View untuk setiap kunjungan. Dengan kata lain, berapa rata-rata banyak halaman yang dibuka oleh setiap pengunjung.

Bagaimana Meningkatkan Page View?

Ada banyak sekali cara untuk meningkatkan Page View, saya tidak akan menjelaskan semuanya. Kali ini saya akan mencoba cara meningkatkan Page View dengan menampilkan Popular Post pada sidebar blog ini. Gunanya adalah untuk memberitahukan kepada pengunjung mana tulisan-tulisan yang paling populer di blog ini. Dengan begitu mereka akan lebih terbantu untuk membuka tulisan yang populer tersebut.

Dengan menampilkan popular post saya harapkan Page View blog ini dapat lebih meningkat. Saya tentu sadar hasilnya tidak akan signifikan jika hanya menggunakan cara ini. Tetapi dalam tulisan ini saya sengaja hanya membicarakan tentang Popular Post dan hubungannya dengan Page View. Bagi anda yang mahir dalam programming khususnya PHP, anda dapat membuat kode sendiri untuk menampilkan Popular Post, tetapi untuk mudahnya silahkan install plugin saja.

**Apakah anda menampilkan Popular Post di sidebar blog anda?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

28 thoughts on “Meningkatkan Page View Dengan Popular Post

  1. Saya pernah pasang plugin sejenis puplas post / random post, tapi ndak muncul disidebar situs saya, mungkin themenya ndak support.

    kalau plugin ‘related post’ YAARP” ternyata muncul disitus saya, pas dibawah artikel, dan sangat membantu, karena menampilkan tulisan sejenis.

    -salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *