Menilai Sebuah Blog

Sebuah penilaian menurut saya adalah relatif ya, tergantung siapa yang menilai. Begitu juga sebuah blog, bagus atau tidaknya sebuah blog sangat relatif. Tergantung siapa yang menilai, apanya yang dinilai, bagaimana cara menilai dan lain-lainnya.

Kalau di Twitter, memiliki banyak follower biasanya dianggap bagus. Saya katakan “biasanya” karena belum tentu semua orang berpikir seperti itu. Lagipula tidak semua pengguna Twitter bertujuan memiliki banyak follower. Dan biasanya pula, akun yang memiliki banyak follower berarti kicauannya disukai banyak orang.

Kalau di Facebook, memiliki banyak teman mungkin dianggap hebat entah teman benar-benar kenal atau tidak. Setidaknya dulu mungkin banyak yang berpikiran begitu, tapi kini tidak lagi. Atau ada pula yang berpikir, mendapat banyak komentar di setiap status di wall mungkin dianggap keren, banyak yang perhatian. Makanya semua seolah berlomba untuk membuat status semenarik mungkin sehingga bisa mendapat komentar.

Lalu bagaimana dengan di blog? Apakah banyaknya jumlah komentar di setiap post bisa dijadikan sebuah penilaian bahwa blog itu bagus? Ah, saya rasa tidak juga.

Pemikiran saya ini muncul setelah memperhatikan beberapa blog yang saya “follow”. Beberapa blog yang saya anggap bagus dan tulisannya biasanya menarik malah jarang menerima komentar. Apakah pengunjung blog tersebut memang lebih banyak “silent reader”, membaca tanpa berkomentar, saya tidak tahu.

Apakah mungkin karena tulisannya terlalu bagus sehingga pengunjung bingung mau berkomentar apa, atau mungkin pemilik blog yang jarang blogwalking sehingga jarang menerima “kunjungan balasan”.  Atau mungkin… Ah, sudahlah.. Yang jelas, mengatakan sebuah blog bagus atau tidak adalah subjektif. Setiap orang memiliki penilaian yang berbeda.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

9 thoughts on “Menilai Sebuah Blog

  1. Salam.
    Ia benar mas, blog itu relatif, menurut saya sebuah blog bagus adalah blog yang mempunyai pesan baik kepada pembaca, lalu tampilannya juga nyaman, enak dibaca. :D

  2. Terkadang memang blog yang banyak komentar belum tentu menyajikan konten yang bagus. Saya sering melihat beberapa blog yang isinya begitu-begitu saja namun rata-rata komentarnya 200an per hari.

  3. Kalau saya prinsipnya sederhana, blog yang ketika orang keluar dari blognya (baik ketika dia post kritikan apalagi ketika post sesuatu yang menyenangkan) pembacanya itu tetap tersenyum. Itu baru blog yang keren banget,

    Untungnya saya sudah menemukan beberapa blog yang seperti itu. :D

  4. Beberapa blog yang tulisannya bagus tapi komentarnya sedikit mungkin memang karena pembaca merasa seperti sedang membaca novel, ditelaah, direnungkan, dan tak perlu terlalu banyak komentar.
    Saya lebih suka blog yang begitu… biarpun sepi komen, tapi readernya sebenarnya banyak :)

  5. Makasih untuk infonya.
    Bagi sy sebuah blog dikatakan baik ketika “kebutuhan” pembaca terpenuhi. Pngalamn pribadi sy ketika “mencari” sesuatu dan seketika “mendapatkannya”, tentu saja dengan penyajian yg teratur pula.

  6. memang relatif, klo Sy sendiri menilai bgus tidaknya suatu blog cenderung pda sisi konten yg scra prbdi lngsung mmbrikan solusi thd persoalan yg sedang Sy hdapi.. semakin memberi solusi semakin baik bg Sy.. ini pndpt Sy pribadi, mohon bimbingannya semuanya :-)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *