Mengingatkan Duel Gibernau vs Rossi

Lorenzo-Marquez-MotoGP-Jerez-2013
Salah duel paling panas MotoGP 2013

Waduh, saya baru sadar ternyata salah telah melewatkan satu seri MotoGP yaitu MotoGP Austin dimana Marquez keluar sebagai juara. Selain memenangi balapan MotoGP Austin, Marquez juga mencatatkan rekor baru sebagai pembalap termuda yang berhasil memenangi balapan pada kasta tertinggi MotoGP dimana rekor sebelumnya dipegang oleh Freddie Spencer. Rekor Freddie Spencer tersebut sebelumnya tidak terpecahkan selama sekitar 30 tahun. Dengan hasil MotoGP Austin tersebut jelas Marquez benar-benar menjadi penantang serius bagi Pedrosa-Lorenzo.

Kemudian di seri ketiga MotoGP 2013 di sirkuit Jerez, Spanyol kemarin, Marquez kembali menjadi “man oh the match”. Marquez memang tidak berhasil menang di kandang sendiri tetapi apa yang ditampilkan Marquez membuat semua mata tertuju kepadanya. Marqeuz terlibat balapan sengit dengan Lorenzo. Lorenzo yang start dari pole position awalnya sempat nyaman memimpin di depan selama beberapa lap tapi kemudian kalah oleh Pedrosa. Pedrosa selanjutnya tidak tersentuh sama sekali di depan.

Lorenzo selanjutnya malah menjadi sasaran “amukan” Marquez. Lorenzo berkali-kali hampir dilibas oleh Marquez, bahkan sempat disalip dari sisi dalam tetapi Lorenzo kembali menyalip karena Marquez sedikit melebar. Hingga akhirnya tiba di lap terakhir dan tikungan terakhir sebuah kejadian klasik terjadi, Marquez menyalip Lorenzo dari sisi dalam, Lorenzo yang mencoba kembali ke menyalip harus sampai bersenggolan dan akhirnya melebar. Marquez pun berhasil finish kedua di depan Lorenzo.

Lorenzo bahkan sempat menggeleng-gelengkan kepala atas kejadian itu walaupun pada akhirnya Lorenzo mengakui bahkan di berhasil disalip karena kesalahannya sendiri memberikan celah kepada Marquez. Marqeuz pun tampak langsung minta maaf atas kejadian tersebut walaupun sebenarnya Marquez tidak bersalah. Yang unik adalah, Lorenzo kalah oleh Marquez tepat di tikungan yang baru saja diganti namanya menjadi nama “Jorge Lorenzo”. Kejadian itu juga mengingatkan semua penonton pada duel Gibernau vs Rossi beberapa tahun silam. Kejadiannya mirip dimana Rossi berhasil memenangi duel melawan Gibernau ketika itu.

Jadi MotoGP Jerez kemarin dikuasai oleh pembalap tuan rumah yaitu Pedrosa – Marquez – Lorenzo. Valentino Rossi yang sebelumnya diharapkan bisa naik podium harus puas finish ke empat. Terlihat jelas bahwa di sirkuit yang konon lebih cocok untuk Yamaha ternyata Honda malah berjaya. Yamaha kini punya PR berat untuk memperbaiki perfoma motornya jika tidak ingin gelar juara dunia MotoGP 2013 jatuh ke tangan Honda.

Mengingat kini Honda sepertinya sudah sangat kuat, Pedrosa sudah tancap gas sejak seri-seri awal ditambah dengan skill gila Marquez. Walaupun punya dua juara dunia yaitu Lorenzo dan Rossi, tanpa motor yang mampu mengimbangin Honda maka Yamaha kini dalam masalah.

Baca Juga:

  • Tidak ada artikel terkait

I Gusti Agung Made Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *