Mengapa Form Komentar Tidak Muncul?

June 3rd, 2012 by imadewira Leave a reply »

Yang mengaku diri seorang blogger pasti ngerti apa yang dimaksud dengan blogwalking. Bahkan seorang selebblog pun hampir dipastikan juga sesekali melakukan kegiatan blogwalking. Ya, ngeblog emang terasa belum lengkap tanpa melakukan blogwalking yaitu berkunjung ke blog lain sambil meninggalkan komentar pada form komentar yang telah disediakan pada setiap tulisan yang kita kunjungi.

Nah, ketika menemukan tulisan yang menarik untuk dikomentari mungkin anda pernah merasa sedikit bingung karena disana tidak tersedia fasilitas form komentar seperti tulisan blog pada umumnya. Ada beberapa kemungkinan fasilitas form komentar itu tidak ada / tidak muncul, yaitu :

Kesalahan Teknis

Walaupun kecil kemungkinannya, namun bisa saja terjadi error pada engine blog tersebut sehingga form komentar tidak mau muncul. Bisa juga karena koneksi internet ngadat yang membuat form komentar tidak tampil dengan sempurna.

Tulisan Lama

Mungkin saja sebelumnya form komentar masih tersedia, namun beberapa blogger biasanya ada yang men-setting agar tulisan di blognya hanya bisa dikomentari dalam jangka waktu tertentu. Artinya form komentar otomatis tertutup setelah batas waktu tertentu.

Form Komentar Sengaja Ditutup

Nah, walaupun jarang, karena alasan tertentu ada juga blogger yang dengan sengaja menutup form komentar pada tulisan tertentu di blognya. Tujuannya ya memang agar tulisan itu tidak bisa dikomentari. Jika anda ingin mencoba menutup komentar pada tulisan di blog anda dan belum tahu caranya, silahkan simak tutorial sederhana cara menutup form komentar yang saya buat di tulisan sebelumnya.

Mungkin itu beberapa kemungkinan penyebab mengapa form komentar tidak muncul pada tulisan tertentu di sebuah blog. Jika ada koreksi atau tambahan saya persilahkan di form komentar di bawah. Semoga saja form komentar dibawah muncul ya :-)

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

6 comments

  1. Dhafian says:

    Apes kalo pas mau ngomen form nya gak ada.. pernah merasakan hal ini,,..
    Dhafian´s last blog post ..Drum Cover ~ (Metropolis – Dream Theater ) by Dhafian

  2. isnuansa says:

    Khusus untuk disqus, nggak akan muncul di peramban saya. Emang udah disetting. :D
    isnuansa´s last blog post ..3 Hal Esensial Dalam Membuat eBook Yang Dicari Pembaca

  3. DV says:

    Percaya tidak, dulu waktu awal2 ngeblog selama 5 taon dari 2002 sampai 2007, aku membiarkan blogku tanpa kolom komentar.

    Alasannya simple, aku tak mau dikomentari :)
    DV´s last blog post ..Kamu (tampak seperti) gay?

Leave a Reply

CommentLuv badge