Mendapatkan Ide Dari Blog Sendiri

Ide atau bahan tulisan bagi seorang blogger layaknya bensin atau bahan bakar bagi sebuah kendaraan. Tanpa ada ide atau bahan tulisan, blog tersebut bisa seperti kendaraan tanpa bensin atau bahan bakar, mogok, hiatus. Lalu bagaimana caranya agar blog kita bisa selalu update dan tidak kehabisan ide?

Blogger yang sudah berpengalaman pasti tahu dan sadar bahwa ide untuk tulisan ada banyak sekali, ide untuk tulisan di blog ada dimana-mana. Saya pernah menulis bahwa salah satu sumber ide untuk tulisan di blog kita adalah dari tulisan di blog orang lain. Nah selain itu dari blog orang lain, kita juga bisa mendapatkan ide dari blog kita sendiri. Lho, kok bisa?

Bisa saja, menurut pengalaman pribadi saya, ide untuk tulisan di blog bisa datang dari blog kita sendiri. Setidaknya ada dua cara mendapatkan ide dari blog sendiri yaitu dari tulisan-tulisan lama dan draft.

Ide Dari Tulisan-Tulisan Lama

Jika anda sudah ngeblog cukup lama, ya mungkin setidaknya satu tahun. Coba buka-buka kembali dan baca tulisan anda yang sudah tergolong lama. Siapa tahu dari sana anda bisa mengembangkan salah tulisan menjadi tulisan lainnya.

Misalnya anda pernah membuat tutorial kemudian bisa membuat tutorial sejenis atau lanjutan dan pengembangan tutorial tersebut. Atau kalau terasa sulit, buat saja tulisan yang merupakan review atau komentar anda terhadap tulisan anda yang sudah lama tersebut.

Ide Tulisan Dari Draft

Cara ini berlaku jika anda memiliki kebiasaan yang sama dengan saya yaitu menyimpan ide tulisan dalam bentuk draft di dashboard. Ketika saya menemukan ide untuk tulisan biasanya akan saya ketika saya judul atau inti kalimatnya dan saya simpan dalam draft. Tanpa saya sadari bahkan saat ini ada 27 draft di blog ini, jadi draft ini bisa menjadi sumber ide untuk tulisan di blog.

Itulah dua cara mendapatkan ide dari blog sendiri. Bagaimana dengan anda, pernahkah mendapat ide tulisan dari blog sendiri? Jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

17 thoughts on “Mendapatkan Ide Dari Blog Sendiri

  1. Betul banget Bli.
    Saya juga suka mencari ide menulis dari postingan2 di blog saya. Membaca ulang agar bisa mendapatkan kembali feelnya ketika sedang menulis postingan itu dulu… :)

  2. Saya sendiri di blog hampir tidak memiliki draf, biasanya tulisan yang dikerjakan mesti selesai, tidak suka menunda-nundanya, sayangkan jika ditunda :).

  3. Hi..aku gak komen kok cm pgn mohon ijin ngucapin salam kenal ya..salam dari blogger jogja..buat temen2 yg mbaca ini,salam kenal jg ya..salingberkunjung yuk,klo berkunjung pasti aku buatkan kopi wes,gmn..?ditunggu ya..
    http://jogjakunyaman.co.cc

  4. Draf ku ada banyak tempat nya bli. Mulai di file word di hardisk, draft email dan draft dashborad. Dan semua draft ku itu masih sembunyi disana, nunggu waktu yang tepat untuk mempostingkan :lol:

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *