Mencoba RSS Reader Feedly

Feedly

Setelah mendapat informasi bahwa Google Reader akan ditutup, saya mencoba mencari informasi aplikasi apa yang akan saya gunakan sebagai penggantinya. Dari komentar seorang kawan blogger saya disarankan untuk mencoba Feedly. Aplikasi Feedly ini setelah saya coba ternyata bisa diinstal pada browser Google Chrome yang saya gunakan. Terdapat juga aplikasi Feedly yang bisa saya instal pada ponsel Android saya.

Untuk di browser Chrome, prosesnya juga mudah, tinggal buka Chrome Web Store (tentu setelah login dengan akun Google), tinggal search “feedly” dan kita akan menemukan aplikasi Feedly. Selanjutnya tinggal klik “Add to chrome” dan kita sudah bisa menggunakan aplikasi Feedly tersebut. Yang lebih mengesankan lagi, setelah membuka aplikasi Feedly tersebut, kita tinggal login dengan akun Google dan semua data RSS di Google Reader akan masuk ke Feedly. Untuk di Android juga cukup mudah, tinggal download aplikasi Feedly dan bisa langsung digunakan.

Tapi ada satu pertanyaan yang membuat saya belum cukup puas yaitu kaitannya dengan Google Reader itu sendiri. Melihat ternyata Feedly ini sepertinya mengambil data dari akun Google Reader saya sebelumnya, saya menjadi bertanya, bagaimana ketika nanti Google Reader sudah ditutup, apakah Feedly masih bisa digunakan mengingat data yang diambil adalah dari Google Reader. Atau yang diambil dari Google Reader hanya data awal saja yaitu daftar feed yang ada sebelumnya.

Saya lalu melakukan percobaan sederhana yaitu menambahkan feed baru melalui Feedly. Setelah berhasil, saya lalu mencoba membuka Google Reader melalui browser lain dan ternyata, feed yang saya tambahkan melalui Feedly juga ikut muncul otomatis di Google Reader. Waduh, berarti ini Feedly seperti aplikasi pembaca Google Reader saja dong?

Entahlah, saya baru mencobanya beberapa jam yang lalu dan belum mencoba lebih jauh. Atau mungkin ada pernah menggunakan Feedly yang bisa memberikan penjelasan kepada saya. Atau bahkan alternatif lain selain Feedly?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

6 thoughts on “Mencoba RSS Reader Feedly

  1. Bli, sebagai orang yang menganjurkanmu memakai Feedly, aku langsung cari info soal kekawatiranmu itu.

    Dan berikut adalah penjelasannya diambil dari blog resmi websitenya:

    When Google Reader shuts down, feedly will seamlessly transition to the Normandy back end. So if you are a Google Reader user and using feedly, you are covered: the transition will be seamless.

    Jadi kamu tak perlu khawatir lagi :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *