Menanti Duel Final MotoGP 2013

Prediksi-Final-MotoGP-2013-Marquez-vs-Lorenzo

MotoGP 2013 akhirnya memasuki seri terakhir dan akan menjadi sebuah seri final penentuan gelar juara dunia MotoGP 2013. Karena sebelum seri terakhir selesai belum ada yang mampu memastikan diri sebagai peraih gelar juara dunia MotoGP 2013. Sebelum membicarakan seri final MotoGP 2013 ini, saya akan merangkum 3 sebelumnya yang sempat terlewatkan dan tidak sempat saya tulis.

MotoGP Malaysia – Sepang

Sebelum MotoGP Malaysia digelar, Marquez sudah unggul 39 poin dari Lorenzo berkat kemenangan di Aragon dimana ketika itu terjadi insiden antara Marquez dan Pedrosa yang mengakibatkan terjatuhnya Pedrosa. Untunglah Pedrosa tidak cedera dan di Sepang Pedrosa-lah yang keluar sebagai juara diikuti oleh Marquez di posisi kedua. Sementara Lorenzo hanya mampu finish ketiga yang menyebabkan perolehan poin Marquez semakin menjauh yaitu unggul 44 poin dari Lorenzo.

MotoGP Australia – Philip Island

MotoGP Australia menghadirkan balapan yang sangat unik bahkan seingat saya belum pernah saya tonton sejak tahun 2001. Ada aturan khusus dimana pembalap diharuskan mengganti motor sebelum lap tertentu. Dan entah bagaimana ceritanya terjadilah hal yang fatal bagi Marquez. Karena terlambat mengganti motor Marquez pun dikenai black flag yang artinya dia didiskualifikasi dan harus keluar dari balapan. Ini sama dengan DNF alias tidak finish dan artinya Marquez tidak mendapat poin sama sekali, sebuah hasil yang tentunya sangat mengecewakan sekaligus diluar dugaan bagi Marquez. Apalagi di balapan ini Lorenzo berhasil meraih hasil maksimal dengan menjadi pemenang. Keunggulan 44 poin sebelumnya pun menipis menjadi hanya 19 poin. Perburuan gelar juara dunia pun kembali seru. Di balapan ini runner up diraih oleh Pedrosa serta Rossi di posisi ke 3.

MotoGP Jepang – Motegi

Dengan keunggulan 19 poin maka posisi Marquez belum aman dan Marquez butuh banyak poin untuk bisa meraih gelar juara dunia. Tapi di satu sisi Marquez harus tetap berhati-hati agar tidak terjatuh karena kalau gagal finish berarti peluang meraih gelar juara dunia di musim pertama naik kelas MotoGP bisa sirna begitu saja. Oleh karena itulah pada balapan ini Marquez terlihat seperti main aman dan hanya mampu finish runner up di belakang Lorenzo. Padahal kalau tanpa beban sama sekali sepertinya Marquez punya peluang untuk berduel melawan Lorenzo. Lorenzo menang disini diikuti oleh Marquez dan Pedrosa. Keunggulan poin Marquez kembali menipis menjadi 13 poin dari Lorenzo, tetapi masih cukup bagus untuk Marquez karena peluang untuk meraih gelar juara dunia masih terbuka lebar.

Dan tibalah kini seri pamungkas, MotoGP Valencia, seri final MotoGP 2013 yang akan digelar di Circuit Ricardo Tormo. Ada banyak hal menarik dan banyak kemungkinan yang bisa terjadi disini. Sudah cukup lama MotoGP membutuhkan seri terakhir sebagai seri penentuan gelar juara dunia. Musim 2007 – 2012 MotoGP selalu sudah memiliki juara dunia sebelum seri terakhir digelar.

Sejarah 2006

Terakhir kali penentuan gelar ditentukan dalam seri terakhir adalah musim 2006, uniknya ketika itu juga terjadi di MotoGP Valencia yang melibatkan pembalap utama Honda dan Yamaha yaitu Hayden dan Rossi. Bedanya ketika itu Rossi (Yamaha) yang sedang memimpin klasemen dengan unggul 8 poin dari Hayden. Keunggulan poin Rossi ini juga karena sebelumnya adanya drama yang melibatkan Hayden dan Pedrosa. Kalau saya tidak salah ingat, di seri sebelum seri terakhir itu, Hayden yang unggul poin dari Rossi, drama kemudian terjadi dimana Pedrosa yang merupakan rekan satu tim Hayden di Repsol Honda malah menabrak Hayden dan terjatuh, ini menyebabkan Rossi yang berbalik unggul 8 poin.

Di seri terakhir, dengan keunggulan 8 poin Rossi sangat berpeluang untuk kembali meraih gelar juara dunia yang keenam secara beruntun. Apalagi ditambah dengan Rossi yang start dari pole position, pesta juara sudah disiapkan. Tapi apa yang terjadi, Rossi malah terjatuh di lap-lap awal, semua penonton seakan tidak percaya. Rossi dengan susah payah berusaha kembali ke lintasan, tapi semua sudah terlambat. Rossi hanya mampu finish di posisi 13 sementara Hayden cukup finish ke 3.

Hayden pun menjadi juara dunia MotoGP 2006. Sebuah drama yang sangat membahagiakan bagi Hayden dan menyakitkan bagi Rossi. Untuk menjadi juara dunia kembali, Rossi juga gagal di musim 2007 setelah dikalah oleh Stoner. Musim 2008 dan 2009 barulah Rossi bisa juara dunia kembali.

DUEL FINAL di MotoGP Valencia

Mengingat sejarah tahun 2006, maka kini belum ada yang merasa lebih tenang. Marquez dan Lorenzo sama-sama punya peluang meraih gelar juara dunia. Seandainya Marquez yang meraih gelar juara dunia, ini akan menjadi sebuah pencapaian yang bagus karena bisa menjadi juara dunia di musim pertama terjun di kelas MotoGP. Seandainya Lorenzo yang meraih gelar juara dunia, berarti Lorenzo mampu mempertahankan gelar sekaligus menambah koleksi gelar juara dunia menjadi 3 kali.

Peluang Marquez

Marquez tentu memiliki peluang yang jauh lebih besar dibanding Lorenzo. Dengan keunggulan 13 poin maka Marquez hanya butuh finish minimal di posisi 4 tanpa peduli Lorenzo finish di posisi berapa pun. Jadi kalaupun Lorenzo menang tapi Marquez bisa finish di posisi 2, 3 atau 4 maka Marquez akan tetap menjadi juara dunia. Apalagi jika Marquez bisa finish di depan Lorenzo. Mengingat hasil-hasil yang diraih oleh Marquez selama ini yaitu 6 kemenangan dan selalu naik podium kecuali di Italia dan Australia (bukan kesalahan Marquez) itu artinya Marquez sangat konsisten dan jarang membuat kesalahan. Marquez memiliki mental juara dan kedewasaan yang menjadi modal untuk meraih gelar juara dunia. Dan kalaupun akhirnya nanti gagal, tidak akan ada yang menyangkal kehebatan seorang Marquez. Musim perdana, skill hebat, mental juara ditambah motor yang stabil, sebuah kombinasi yang sulit ditandingi bahkan oleh seorang Lorenzo sekalipun.

Peluang Lorenzo

Peluang Lorenzo untuk mempertahankan gelar juara dunia sangat tipis mengingat yang dilawan adalah seorang bocah ajaib yang bernama Marquez. Untuk meraih gelar juara dunia Lorenzo harus memenangkan balapan dan berharap Marquez mengalami sial finish di luar 4 besar. Untuk mewujudkan hal ini, mungkin Lorenzo harus mengkloning diri menjadi 4 sehingga bisa merebut Marquez, hehehe. Tapi walaupun dengan peluang yang tipis, Lorenzo pasti juga akan tampil maksimal tanpa memikirkan gelar juara dunia. Lorenzo pasti akan memikirkan kemenangan balapan saja, sisanya adalah nasib. Lorenzo memiliki keunggulan yaitu pengalaman yaitu sudah dua kali menjadi juara dunia yaitu musim 2010 (vs Rossi) dan 2012 (vs Stoner, Pedrosa). Secara mental, Lorenzo juga sangat baik, ketenangan dan skill Lorenzo sudah tidak diragukan lagi. Dengan motor Yamaha yang jelas lebih inferior dibanding Honda, Lorenzo beberapa kali masih bisa menang.

Kesimpulan dan Prediksi

Di atas kertas, Marquez jelas jauh lebih unggul. Tapi apapun bisa terjadi di balapan. Fans Marquez pasti ingin balapan berjalan normal dan tidak terjadi kejutan sehingga Marquez bisa menjadi juara dunia. Dan akan makin lengkap jika Marquez bisa meraih kemenangan di MotoGP Valencia. Bagi fans Lorenzo, mereka pasti menginginkan adanya Lorenzo menang di Valencia sambil berharap sedikit keajaiban dimana Marquez melakukan kesalahan. Apapun hasilnya nanti, MotoGP 2013 ini adalah salah satu musim paling seru jika dilihat dari perburuan gelar juara dunia. Kita tunggu saja.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

6 thoughts to “Menanti Duel Final MotoGP 2013”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *