Menampilkan Tulisan Terkait Dengan Plugin Related Post

Tulisan yang kita buat di blog tentu berbeda-beda, namun mungkin ada kesamaan topik atau kata kunci antara satu tulisan dengan tulisan yang lain. Ketika seorang pengunjung membaca tulisan anda dan menyukainya, kemungkinan besar dia juga akan mencari tulisan terkait lainnya di blog anda dengan topik yang sama.

Ada beberapa cara untuk menampilkan tulisan terkait lainnya kepada pembaca, yaitu :

1. Membuat Category

Dengan merapikan tulisan anda menjadi beberapa category yang sesuai, akan sangat membantu pembaca yang mencari topik dan tulisan terkait di blog anda. Misalnya membuat category “Tips Ngeblog” yang berisi tulisan-tulisan khusus tentang tips-tips dalam aktivitas ngeblog.

2. Membuat Link ke Tulisan Lain

Anda juga dapat membuat link dalam tulisan anda yang menuju ke tulisan lain di blog anda, tentunya tulisan yang berkaitan dengan tulisan tersebut. Dengan begitu, pembaca akan tertarik dan sangat terbantu daripada dia harus mencari-cari sendiri tulisan yang terkait dengan tulisan anda tersebut.

3. Menggunakan Plugin Related Post

Anda juga dapat menggunakan sebuah plugin yang disebut plugin Related Post (Artikel Terkait). Plugin Related Post ini akan menampilkan link dari beberapa tulisan yang terkait dengan tulisan anda, link tersebut akan ditampilkan di setiap akhir tulisan (post). Umumnya plugin Related Post ini menampilkan link berdasarkan “post tags” dari setiap tulisan. Menggunakan plugin Related Post juga merupakan salah satu langkah SEO dasar yang dapat dilakukan oleh blogger pemula. Silahkan download plugin Related Post lalu install di blog wordpress anda.

Ketiga cara untuk menampilkan tulisan terkait diatas tidak harus dipilih salah satu, saya sendiri melakukan semuanya, anda juga bukan?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

45 thoughts on “Menampilkan Tulisan Terkait Dengan Plugin Related Post

  1. Yuhuuu ini memang plugins yang cukup revolusioner karena selain memuat algoritma yang cukup rumit, dampak positif bagi internal backlink cukup dahsyat ya…!

    Selamat menyambut minggu yang baru, Bli!
    .-= DV´s last blog ..LunMay =-.

  2. Plugin ini bisa langsung diinstal di Dashborad sehingga tidak perlu didownload di luar direktori Bli.

    Saya secara pribadi senang menggunakan WP-related post karena mudah dan efisien. Dulu saat mengelola blog gratisan saya menggunakan cara manual bila hendak membuat tulisan terkait.Akibatnya, tangan sering pegal karena membuat link terus :lol:

  3. Kalau related post saya tidak menggunakan plugins, langsung coding aja phpnya di single.php, enak kita bisa menentukan sendiri link berdasarkan kategori misalnya.

  4. Dulunya saya menggunakan plugin related post namun setelah saya teliti plugin related post ini dan sejenisnya cukup banyak memakan query ke database dan memberatkan server apalagi buat yang mempunyai jumlah postingan yang banyak dan menggunakan layanan shared web hosting. so sekarang saya hanya menggunakan kode php aja sekalian mengurangi plugin di wordpress. just My opinion.
    .-= Deka´s last blog ..Pindah Ke Singapore =-.

  5. Akhirnya baru tahu cara kerja plugin related post, hehe ternyata lewat tag kita ya..sampai terheran pas pertama kali pake..koko bisa tahu artikelnya berkaitan….artikel yg menarik mas

  6. oh kalau wordpress ada plugin khususnya ya untuk di install? Kalo saya di blogspot smuanya manual dgn kode html/javascript tpi harus ngutak-ngatik template jadinya, o ya mas kalo plugin wp itu tersedia juga tidak untuk wp gratisan? Tengkiu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *