Memaksimalkan Fungsi dan Manfaat Kategori

Jika ada yang bertanya, apakah blog saya ini termasuk blog satu topik atau banyak topik. Maka dengan dengan tegas saya akan menjawab blog saya ini termasuk blog dengan banyak topik. Lalu apa saja topik yang saya tulis? Lihat saja daftar kategori pada sidebar blog ini.

Konon, blog satu topik lebih baik dari banyak topik. Tapi menurut saya, sebenarnya blog banyak topik tidaklah masalah dan tidak jelek. Tapi saya sarankan setidaknya kita bisa membuat topik yang jelas tentang apa yang kita tulis di blog.

Caranya gampang, maksimalkanlah fungsi kategori. Buatlah kategori yang jelas untuk setiap tulisan. Kalau bisa, buatlah setiap tulisan kita hanya terkait pada satu kategori. Ini salah satu manfaat dan fungsi adanya kategori pada blog. Jadi, banyak topik tidak masalah asalkan tetap ditata rapi dengan kategori yang jelas.

Selain itu adanya kategori pada blog tentu memilik manfaat lain, yaitu bagi pengunjung. Pengunjung yang tertarik pada topik tertentu bisa mencari tulisan sejenis lewat kategori yang ada. Jadi ini juga adalah salah satu cara meningkatkan Page View selain dengan menampilkan Artikel Terkait (related post) dan cara meningkatkan Page View lainnya.

Lalu, apakah anda menampilkan daftar kategori pada sidebar blog anda?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

19 thoughts to “Memaksimalkan Fungsi dan Manfaat Kategori”

  1. Saya ada banyak kategori, mungkin dua atau tiga kali yang ada di blog ini, kalau tidak salah ada lebih dari 60 kategori dengan hampir 1.600 penanda/tag. Yah, jadinya agak susah juga ngurusnya :D.

  2. saya sering lupa update kategori postingan… biasanya kalo udah kelupaan, males deh ngebenerin… :D

    tapi kalo blog pribadi, saya pikir ga masalah sih.. cuman memang lebih membantu pembaca menemukan posting2 yang disukai kalo kita menjaga kategori biar tetap rapi…

  3. Saya tak lagi menampilkannya di sidebar, tapi tetep ada di halaman Arsip Blog.

    Kalo soal tulisan saya sebelumnya, lebih kepada, kenapa sih blogger Indonesia lebih suka majang blogrol ketimbang kategori? Padahal dari sisi kebergunaan jelas kategori penting :) Gitu, Bli…

  4. hehehe… saya sudah merasakan bahwa blog yang saya miliki kebanyakan kategori, karena setiap kali menulis, biasanya masuk ke kategori itu-itu saja. memang sih, saya mulai jarang menulis hal”yang dahulu kerap saya publikasi…
    Ngomong” yang sekarang pake iklan, blog yang mana Wir ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *