Masalah File error_log Di Blog WordPress

April 29th, 2013 by I Gusti Agung Made Wirautama Leave a reply »

File error_log yang muncul dan membengkak dengan cepat membuat kuota hosting saya selalu penuh dengan cepat. Kejadian ini terjadi sebulan terakhir ini. Walaupun sudah mengalami masalah sejak waktu itu, tetapi baru hari ini saya ingin mengungkapkannya melalui tulisan setelah masalah file error_log tersebut sepertinya sudah teratasi. Masalah yang saya alami berawal dari munculnya email notifikasi dari penyedia jasa hosting yang mengatakan kuota hosting saya yang 500 MB sudah hampir penuh dan beberapa hari kemudian diikuti dengan notifikasi bahwa hosting saya sudah penuh.

Awalnya saya agak kaget dan tidak percaya tapi setelah login ke CPanel ternyata benar kuota yang diberikan untuk saya sudah penuh. Saya lalu mengecek isi hosting dan mencari file apa yang menyebabkan hosting saya penuh. Saya menemukan sebuah file yang bernama error_log yang ukurannya lebih dari 200 MB dan saya menduga pasti file itu penyebabnya. Saya coba googling untuk mencari tahu file apakah itu dan kalau dihapus apakah bisa menyebabkan kerusakan pada blog.

Dari namanya file error_log tentu saja sebuah file yang berisi catatan error yang terjadi akibat sesuatu hal. Setelah googling dan bertanya kepada beberapa kawan di Facebook saya akhirnya memberanikan diri menghapus file error_log itu. Setelah terhapus saya kemudian mengecek apakah blog saya masih bisa diakses dengan normal, syukurlah ternyata masih normal. Tapi beberapa teman di Facebook menyarankan kepada saya agar mengecek isi file error_log itu jika muncul lagi untuk mencari tahu apa penyebab error di blog saya sehingga masalah sebenarnya bisa diatasi.

Dan ternyata benar saja, beberapa hari kemudian saya kembali mendapatkan notifikasi bahwa kuota hosting blog saya kembali penuh. Dan lagi-lagi penyebabnya adalah file error_log itu. Saya kemudian menghapus lagi lalu menunggu beberapa menit untuk memastikan apakah file tersebut muncul lagi atau tidak. Sekitar 1-2 menit file error_log tersebut sudah muncul lagi dan ukurannya sudah beberapa puluh kb, cepat sekali membengkaknya. Sampai saat itu saya belum berani berbuat apa-apa, saya hanya menghapusnya setiap beberapa hari.

Setelah capek bolak-balik menghapus file error_log saya kemudian mencoba mendownload file tersebut untuk melihat isinya. Tentu saja saya download ketika ukurannya masih kecil. Setelah berhasil mendownload saya kemudian mencoba membukanya dengan notepad. Saya tidak terlalu mencermati, yang jelas saya melihat salah satu kalimat yang berhubungan dengan mobile theme, saya mengira mungkin theme mobile yang saya gunakan penyebab error-nya. Saya lalu coba non-aktifkan plugin mobile theme tersebut dan ternyata tidak ada hasilnya, file error_log tersebut masih terus muncul dan membengkak.

Langkah terakhir, saya mencoba meminta bantuan seorang teman yang lebih paham wordpress dengan mengirimkan file error_log tersebut. Sambil menunggu responnya (mungkin masih sibuk) saya mencoba membuka kembali file error_log tersebut, kembali saya coba membaca isinya :

[29-Apr-2013 02:40:44] WordPress database error Table ‘./madewira_imadewira/wp_commentmeta’ is marked as crashed and should be repaired for query SELECT comment_id, meta_key, meta_value FROM wp_commentmeta WHERE comment_id IN (3266) made by require(‘wp-blog-header.php’), require_once(‘wp-includes/template-loader.php’), include(‘/themes/cordobo-green-park-2/single.php’), comments_template, apply_filters(‘comments_array’), call_user_func_array, commentluv->do_shortcode, get_comment_meta, get_metadata, update_meta_cache

Kali ini saya lebih memperhatikan. Kalau tidak salah maksudnya adalah tabel wp_commentmeta yang digunakan oleh engine wordpress blog ini mengalami masalah (rusak) dan harus di-repair. Masalahnya, bagaimana cara me-repair tabel tersebut. Saya coba googling lagi dan rata-rata saya menemukan tutorial cara me-repair melalui konsol mysql. Daripada bingung, saya kemudian mencoba saja masuk ke phpMyAdmin yang disediakan oleh jasa hosting. Cari-cari menu untuk repair tabel dan ternyata ketemu. Saya centang tabel wp_commentmeta lalu pilih repair, proses repair berhasil.

Lalu file error_log yang ada saya hapus. Saya tunggu beberapa menit apakah file itu muncul lagi, dan ternyata… berhasil!! File itu tidak muncul lagi. Saya belum puas, beberapa jam kemudian saya coba buka lagi file manager di CPanel untuk menemukan file error_log itu dan ternyata sudah tidak ada lagi. Ah, lega rasanya.

Hikmahnya, saya sepertinya terlalu ketakutan dan menganggap ruwet masalah ini file error_log ini. Padahal kalau mau lebih tenang dan berpikir sederhana serta mau meluangkan waktu, mungkin sudah sejak awal masalah ini teratasi. Saya terlalu grasa-grusu.. Ya sudahlah, yang penting file error_log itu sudah tidak mengganggu saya lagi. Mudah-mudahan saya pengalaman yang saya tuliskan ini ada manfaatnya bagi pengguna wordpress lainnya.

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

2 comments

  1. DV says:

    Dulu.. dulu sekali saya pernah mengalami kasus yang sama tapi waktu itu dibantu kawan untuk menyelesaikannya.

    Sebuah catatan yang baik untuk blogger lainnya, Bli!
    DV´s last blog post ..Multiply, pada akhirnya…

Leave a Reply

CommentLuv badge