Marc Marquez Pengganti Stoner

July 12th, 2012 by I Gusti Agung Made Wirautama Leave a reply »

Salah satu berita terpanas dan mengejutkan di MotoGP musim 2012 ini adalah keputusan Stoner untuk mengundurkan diri di akhir musim 2012. Mengejutkan karena Stoner adalah pembalap terhebat di MotoGP saat ini, ini dibuktikan dengan keberhasilannya meraih gelar juara dunia MotoGP tahun 2011 lalu. Itu merupakan gelar juara dunia ke 2 yang diraih Stoner setelah musim 2007 Stoner juga juara dunia bersama Ducati. Jadi bisa dikatakan saat ini Stoner berada di puncak karirnya.

Mengundurkan diri saat berada di puncak karir tentu mengejutkan bagi orang lain. Reaksi dan komentar bermacam-macam muncul. Ada yang mencibir Stoner dan ada juga yang memaklumi bahkan mendukung langkah Stoner melihat perkembangan balapan di MotoGP yang semakin tidak menarik karena dominasi Honda dan Yamaha. Apapun itu, keputusan Stoner sudah bulat dan sepertinya sangat kecil kemungkinan Stoner menganulir keputusannya untuk kembali membalap di MotoGP musim 2013.

Pasca Stoner mengumumkan rencana pengunduran dirinya di akhir musim 2012, MotoGP mengalami gejolak. Maklum Stoner adalah juara bertahan dan merupakan pembalap utama Honda yang notabene merupakan pabrikan yang paling besar di MotoGP saat ini. Pertanyaan terbesar yang membuat gonjang-ganjing dunia MotoGP adalah siapa yang akan mengisi kursi kosong sepeninggal Stoner?

Isu dan gosip pun mengambang, beberapa pembalap mulai dikaitkan dengan Honda. Diprediksi akan terjadi perubahan formasi yang cukup ekstrem di tim-tim utama MotoGP. Beberapa pembalap yang diisukan untuk menggantikan Stoner diantaranya : Lorenzo, Rossi, Marc Marquez.

Lorenzo?

Ya, melihat skill yang dimiliki dan darah Spanyol maka Lorenzo sempat menjadi calon kuat pengganti Stoner. Lorenzo memiliki segudang prestasi dan pengalaman bersama Yamaha. Salah satunya adalah gelar juara dunia MotoGP 2012 bersama Yamaha. Bukan main-main, gelar juara itu diraih melalui persaingan dengan rekan satu timnya ketika yaitu Valentino Rossi. Jadi urusan skill Lorenzo jelas yang terbaik pengganti Stoner.

Pihak Lorenzo bahkan sempat dikabarkan sudah sempat bertemu dengan petinggi Honda untuk membahas kemungkinan Lorenzo menunggangi Honda. Tapi sayang, kesepakatan tidak terwujud, tidak lama kemudian Lorenzo memutuskan untuk setia bersama Yamaha dengan memperpanjang kontraknya. Jadi Yamaha sudah memastikan Lorenzo sebagai pembalap utama mereka musim depan.

Rossi?

Dua tahun bersama Ducati, Rossi mengalami keterpurukan. Sampai saat ini Rossi masih gagal menaklukkan tenaga liar Ducati. Berbagai cara sudah dilakukan termasuk mengubah sasis Ducati seperti keinginan Rossi. Hasilnya? Hampir nihil. Rossi pun diisukan akan hengkang di akhir musim 2012 ini. Kemanakah Rossi? Mundurnya Stoner membuat Rossi digosipkan akan kembali mengendarai Honda, tim dimana Rossi pernah meraih sukses dengan beberapa gelar juara dunia.

Tapi masalahnya, kepergian Rossi dulu dari Honda dengan cara yang kurang manis. Jadi mungkinkah Rossi ke Honda? Karena selain ke Honda juga diisukan akan pulang kampung ke Yamaha. Ini diperkuat dengan pernyataan pihak Yamaha yang mengatakan pintu Yamaha selalu terbuka untuk Rossi. Cuma masalahnya di Yamaha kini Lorenzo merupakan pembalap utama. Maukah Rossi menjadi pembalap kedua? Hingga saat ini, belum ada kepastian kemana Rossi di musim 2013.

Marc Marquez?

Marquez adalah pembalap masa depan Honda. Pihak Repsol yang merupakan sponsor utama Honda konon mensyaratkan darah Spanyol dimana Marquez memang sudah dirancang sedemikian rupa untuk menjadi pembalap utama Honda. Tapi sempat muncul masalah karena aturan di MotoGP tidak membolehkan pembalap rookie untuk langsung bergabung bersama tim pabrikan. Nah, kalau tidak salah, belakangan aturan itu ditiadakan.

Nah, beberapa saat yang lalu, pihak Honda sudah mengumumkan bahwa Marc Marquez resmi bergabung dengan tim Repsol Honda menemani Dani Pedrosa. Jadi sekarang sudah pasti dua pembalap utama Honda adalah Dani Pedrosa dan Marc Marquez. Di kubu Yamaha, baru satu kursi yang sudah pasti yaitu Lorenzo.

Yang belum pasti saat ini adalah tim Ducati. Apakah masih Rossi-Hayden? Atau Rossi tetap kembali ke Yamaha bersama Lorenzo atau tim satelit Honda? Selain itu, posisi pembalap di tim satelit Yamaha juga belum pasti.

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

3 comments

  1. giewahyudi says:

    Marc Marquez? Ah tidak mengejutkan, seharusnya Rossi kembali ke Honda..
    giewahyudi´s last blog post ..Brand-brand Indonesia Berbola Ria di Sepakbola Eropa

  2. applausr says:

    setuju sama gie tuh… kayaknya rossi yang harusnya kembali ke honda…
    applausr´s last blog post ..Pemimpin Baru…..

Leave a Reply

CommentLuv badge