Marc Marquez Juara Dunia MotoGP 2013

November 10th, 2013 by I Gusti Agung Made Wirautama Leave a reply »

Marc-Marquez-Juara-Dunia-MotoGP-2013

Marc Marquez akhirnya memastikan diri menjadi juara dunia MotoGP 2013 setelah finish di posisi 3 pada MotoGP Valencia. Jalannya balapan sangat seru di khususnya di awal hingga pertengahan. Lorenzo langsung memimpin balapan dan dikuntit oleh Pedrosa yang sebenarnya sudah tidak memiliki peluang juara dunia. Beberapa kali Lorenzo dan Pedrosa saling salip dan bahkan sempat bersenggolan dan melebar. Marquez yang berada di posisi 3 sempat menyalip keduanya tapi tak berapa lama kemudian Lorenzo kembali memimpin diikuti Marquez dan Pedrosa.

Lorenzo akhirnya menang. Lorenzo seperti kesetanan sementara Marquez terlihat bermain aman. Marquez bahkan rela disalip oleh Pedrosa dan puas finish di posisi ke 3 saja karena memang Marquez sebenarnya hanya butuh finish di posisi 4 untuk meraih gelar juara dunia MotoGP 2013. Marc Marquez pun resmi menjadi juara dunia MotoGP 2013 mengalahkan Lorenzo yang juga merupakan juara dunia MotoGP tahun 2012.

Melihat penampilan Marquez sepanjang musim ini, tentu Marquez sangat layak menjadi juara dunia MotoGP 2013. Dengan pengalaman yang sangat minim karena ini adalah musim perdananya, Marquez tampil sangat konsisten. Marquez selalu naik podium kecuali di 2 balapan ketika dia tidak finish (sekali karena jatuh dan sekali didiskualifikasi). Dari 18 seri musim 2013 ini, Marquez menang sebanyak 6 kali, runner up 6 kali dan podium tiga sebanyak 4 kali. Hasil ini membuktikan konsistensi Marquez dan juga mental yang sangat baik.

Kegagalan Lorenzo mempertahankan gelar mungkin bisa dimaklumi karena yang dihadapinya adalah seorang pembalap dengan skill dan mental juara, ditambah dengan motor yang bisa dikatakan adalah motor terbaik saat ini. Dari segi jumlah kemenangan sebenarnya Lorenzo unggul dari Marquez dimana Lorenzo menang sebanyak 8 kali musim ini. Tetapi Lorenzo 4 kali gagal naik podium, termasuk 1 kali tidak mendapat poin sama sekali.

Di akhir musim ini, Marquez akhirnya unggul tipis yaitu 4 poin dari Lorenzo yang cukup untuk mengantarkannya menjadi juara dunia MotoGP 2013. Dengan pencapaian yang fenomenal di musim perdananya, bukan tidak mungkin Marquez akan menjadi pembalap yang sangat sulit dikalahkan di musim-musim mendatang. Apalagi jika Marquez bisa bertahan cukup lama di tim utama Honda karena pada umumnya Honda selalu mampu menyediakan motor yang cukup baik bagi pembalapnya. Ditambah dengan kondisi Yamaha yang belum menunjukkan kemajuan untuk mendominasi. Apalagi Ducati yang sepertinya belum bisa bersaing di papan atas. Otomatis peluang Marquez untuk terus merajai MotoGP sangat terbuka. Mungkin hanya Lorenzo yang akan menjadi batu sandungan seperti halnya musim ini.

MotoGP musim 2013 sudah usai, selamat untuk Marc Marquez yang menjadi juara dunia.

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

2 comments

  1. Ndak ada lagi nama Valentino Rossi. Mungkin sudah saatnya dia ikut tour de france aja, balap sepeda.

    • imadewira says:

      @Agung Pushandaka : Rossi sebenarnya masih seperti Rossi yang dulu, sayang situasi dan kondisi sekarang sudah tidak seperti dulu lagi, pesaing sekarang sudah makin hebat, khususnya si bocah ajaib dan Lorenzo.

Leave a Reply

CommentLuv badge