Manfaat Memberikan Komentar Saat Blogwalking

Sudah menjadi kebiasaan umum bahkan ada yang menganggap kewajiban bagi seorang blogger untuk melakukan kegiatan blogwalking. Ya walaupun setiap blogger tentu memiliki cara, waktu dan intensitas yang berbeda-beda untuk blogwalking. Nah, ketika blogwalking umumnya blogger akan meninggalkan jejak berupa komentar pada tulisan (post) yang mereka baca di blog orang lain.

Namun tidak semua blogger selalu meninggalkan komentar ketika blogwalking. Ada juga yang memutuskan untuk menjadi silent reader yaitu hanya membaca saja tanpa meninggalkan komentar. Bahkan ada blogger yang berlangganan feed RSS blog lain tetapi sama sekali tidak pernah berkomentar, mungkin blogger tersebut memiliki alasan khusus.

Tapi menurut saya, sebenarnya meninggalkan komentar saat blogwalking memiliki manfaat baik bagi pemilik blog / tulisan dan juga si komentator. Berikut ini manfaat meninggalkan komentar saat blogwalking menurut sudut pandang saya.

Bagi pemilik blog :

  1. Komentar yang berkualitas akan meningkatkan kualitas tulisan tersebut.
  2. Banyaknya komentar (yang berkualitas) akan mencerminkan kualitas tulisan.

Bagi komentator :

  1. Dapat mendatangkan trafik berupa kunjungan balasan dari pemilik blog.
  2. Dapat mendatangkan trafik berupa kunjungan dari pembaca lainnya di tulisan tersebut.
  3. Komentar yang kita tulis juga bisa dikembangkan menjadi sebuah tulisan.

Nah itulah tulisan singkat tentang manfaat meberikan komentar saat blogwalking dari sudut pandang saya. Atau mungkin ada yang ingin menambahkan?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

12 thoughts to “Manfaat Memberikan Komentar Saat Blogwalking”

  1. jadi kalau komentarnya hanya nice post gan,thanks atas infonya,terima kasih sudah berbagi info itu tidak bisa meningkatkan traffic pengunjung ya sob
    sory kalau komentarnya menyindir yakak gini,q nggak bermaksud og,hehe

  2. Yang berkomentar di blog saya biasanya memang saya kunjungi balik, Bli. Tapi soal komentar balik, tergantung tulisannya. Kalau saya tertarik ya saya komentari, tapi kalau enggak, ya langsung kabur lagi…

  3. banyak ya manfaatnya baik untuk pemilik blog maupun komentator itu sendiri terutama bila komentar2 tersebut nyambung dan bagus pastinya keduanya tidak ada yang dirugikan

  4. Wah betul sekali, Mbak. Dari komentar akan muncul inspirasi, akan muncul ide baru sekaligus sebagai tinggalan jejak bahwa kita pernah berkunjung ke blog tersebut. Mampir ke blog sederhana saya ya, Mbak : )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *