Manfaat Google Page Rank

Google memberikan sebuah rangking / nilai pada setiap halaman website, sistem rangking ini disebut dengan Page Rank. Bagi blogger dan mereka yang terbiasa dengan internet, mungkin sudah sangat terbiasa dengan Page Rank dan merasakan manfaat Page Rank. Walaupun beberapa teman-teman blogger tidak terlalu peduli dengan Page Rank dan mengatakan Page Rank tidak memiliki manfaat, tetapi Google toh tetap saja memberikan Page Rank pada setiap blog.

Sebenarnya apa sih manfaat Page Rank yang diberikan oleh Google. Setelah mencoba menelusuri mesin pencari untuk mencari tahu manfaat Page Rank, dan juga berdasarkan pengalaman yang saya rasakan tentang manfaat Page Rank, berikut ini manfaat Page Rank yang umumnya dirasakan oleh pemilik blog atau website :

Manfaat Page Rank terhadap SERP
Page Rank tentu sangat berpengaruh pada SERP (Search Engine Result Page) atau halaman hasil pencarian di mesin pencari khususnya Google. Google akan lebih mendahulukan halaman web yang memiliki Page Rank yang lebih tinggi, karena hal ini memang tujuan Google menciptakan Page Rank. Jadi halaman web yang memiliki Page Rank lebih tinggi akan mempunyai peluang yang lebih tinggi pula untuk posisi yang lebih baik pada SERP.

Lebih Sering Dikunjungi Google
Manfaat Page Rank yang satu ini berdasarkan pengalaman sendiri. Dulu ketika belum mendapat Page Rank, ketika saya mempublish sebuah tulisan di blog ini, mungkin sekitar seminggu kemudian baru muncul pada SERP, tetapi saat ini (Page Rank 3) hanya butuh waktu kurang dari 24 jam 12 jam (ralat) tulisan tersebut sudah terindeks oleh Google. Dari sana saya berkesimpulan bahwa dengan Page Rank yang lebih tinggi maka Google akan lebih sering mengunjungi halaman blog kita.

Page Rank Bermanfaat Meningkatkan Trafik
Ini adalah efek dari manfaat Page Rank pada SERP. Dengan mendapat posisi yang lebih bagus pada SERP, maka otomatis trafik juga menjadi meningkat karena kemungkinan pengunjung datang dari mesin pencari menjadi lebih banyak.

Untuk Menghasilkan Uang
Bagi mereka yang menggunakan website / blog untuk mencari uang di internet, tentu Page Rank yang lebih tinggi adalah idaman. Ini juga efek dari manfaat Page Rank terhadap SERP dan juga trafik yang meningkat. Maka mendapat uang melalui bisnis seperti Paid Review, PPC dan entah apalagi namanya akan menjadi lebih mudah.

Selain itu masih banyak manfaat lain seperti banyak yang mengajak tukar link, banyak mendapat komentar dan lain-lain. Kalau ada yang kurang tepat dalam tulisan saya tentang manfaat Page Rank ini, silahkan koreksi pada bagian komentar.

Lalu, apa manfaat Page Rank bagi anda?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

49 thoughts on “Manfaat Google Page Rank

  1. Setuju sama si DV, aku juga berpendapat kalau PR ngga begitu berpengaruh sama SERP kok. Tapi memang gak jelas soalnya algoritma nya si google juga kayaknya selalu diubah ubah.

    Cuman sangat setuju tentang sumber duit wahaha. Tapi gak fair banget, blog yang sangat bagus, kalau google gak suka, bisnis bakal hancur :D
    .-= Bantal´s last blog ..“Tolong Timpuk Aku Pake Sapu” =-.

  2. Sebagian teman berprinsip jika blognya tidak dimonetasi google PR tidak begitu penting.
    Dan teman-teman yang blognya dimonetasi selalu mengupayakan google PR-nya naik.
    Terkait dengan SERP, saya nggak bisa comment. Seperti yang DV tulis, kaitannya masih ambigu dan ini selalu dirahasiakan oleh mbah google.

    1. @aldy,
      tapi saya yakin, ada hubungannya dengan SERP, walaupun ndak jelas bagaimana algoritmanya, karena kalau tidak ada hubungannya, lalu buat apa Google bikin PR? hehehe

  3. salam bahagia, Nah mas wira…ingin yang terakhir…tolong dong ajari saya tentang bagaimana mendapatkan uang sementara ini cuma untuk pertemanan saja ni…

  4. Demak, 03 Pebruari 2010, Jam : 19.35 WIB

    Manfaat Page Rank dari Google hanya bisa dirasakan oleh para pemilik situs yang memiliki category “Business”, untuk mendapatkan “uang”, atau “Dollar”, dengan pertimbangan, antara lain :
    1. Menjual produk lewat jalur internet;
    2. Mendapatkan “uang”, atau “Dollar”, dari Google AdSense, atau dari sumber lainnya.
    Sehingga bagi pemilik situs yang hanya sekedar menyalurkan hobby, tentunya tidak akan merasakan manfaat dari Google Page Rank.
    Kecuali apabila pihak Google bisa memberikan hadiah kepada situs yang telah memiliki page Rank, dalam bentuk “barang” atau “uang”, maka manfaat dari Page Rank lebih terasa manfaatnya bagi semua pemilik situs.
    Salam hangat,
    – BRAM IRIANTO
    rockyblank@gmail.com
    http://www.kencangratis.blogspot.com
    .-= BRAM IRIANTO´s last blog ..Cara Meningkatkan PageRank (PR) =-.

  5. Salam kenal. makasih gan infonya.. Oiya gan blog ku usianya udah hampir 1,5 tahun tp page rank ku masih nol terus, mohon ditengok gan, apa yang salah ya dengan blog ku, mohon kritik dan sarannya

  6. Saya bukan ahli SEO. Tapi ini adalah pengalaman nyata dari blog saya sendiri.

    Blog saya http://gratisnontonfilm.blogspot.com/ hanya Page Rank 1. Tapi setiap bikin posting baru, dalam hitungan menit sudah terindeks oleh Google.

    Dan urutan selalu teratas di halaman pertama jika kita search dengan kata kunci yang cukup generik seperti “gratis”, “download”, “nonton”, “film”.

    Traffic 1100-an orang per hari. Alexa Rank saat ini 312.517

  7. banyak yg mengatakan pagerank google itu sulit utk mendapatkannya,,, tp itukan tergantung dari seberapa kuat link yg mnuju ke blog kita,, tp google skrg spt na ada strategi bru utk PR,,, memang google penuh rahasia… saya saja bingung,,,, heehehehe :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *