Mana Duluan : Judul atau Isi?

October 20th, 2010 by imadewira Leave a reply »

Setiap blogger pasti memiliki cara dan trik tersendiri ketika membuat tulisan baru di blog. Ada yang dengan cara menulis judulnya terlebih dahulu, baru kemudian menulis isinya. Atau ada juga mungkin yang sebaliknya, yaitu dengan menulis isinya dan terakhir memilih judul yang tepat untuk tulisan tersebut.

Mana yang lebih baik? Tidak ada yang lebih baik, karena tidak juga ada aturan bahwa judul harus ditulis duluan atau sebaliknya. Toh nanti judul bisa diganti bahkan saat tulisan sudah dipublish pun judul sebuah tulisan bisa dirubah. Jadi tergantung setiap blogger bagaimana enaknya yang penting enak dibaca baik judul maupun isinya.

Bagi saya ide untuk tulisan di blog bisa datang dari mana saja, jadi ketika menemukan ide dan ketika saat itu tidak ada kesempatan untuk menuangkan ide tersebut menjadi sebuah tulisan, saya akan mencatatnya. Bisa dimana saja, di handphone, di notepad atau pun dalam bentuk draft di blog.

Biasanya yang saya catat adalah inti dari ide tersebut. Lalu ketika ada kesempatan untuk menuangkan dalam tulisan untuk di publish, inti ide tersebut akan berubah menjadi sebuah judul tulisan. Dan selama ini ketika ngeblog saya hampir selalu menulis judul tulisan terlebih dahulu, barulah kemudian isinya. Tapi terkadang judul tulisan tersebut bisa berubah setelah tulisan saya rampungkan. Karena bisa saja setelah dibaca ulang sebelum di publish, judul tulisan tersebut terasa kurang pas.

Salah satu hal yang rasakan ketika menuliskan judul terlebih dahulu adalah untuk menjaga agar tulisan yang saya buat tidak terlalu keluar jauh dari topik atau ide awal tulisan tersebut, karena hal ini pernah beberapa kali terjadi.

Bagaimana dengan anda, mana duluan : Judul atau Isi?

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

22 comments

  1. isnuansa says:

    Saya nggak punya kebiasaan khusus, Bli. Kadang dapat judulnya dulu, kadang ya isinya dulu.

    Seringkali saya kalau dapat judulnya dulu-pun nanti bisa diedit lagi ketika isinya sudah ditulis.

  2. Saya biasanya menentukan isi dulu. Jadi tulis saja dulu isinya. Setelah selesai, baru saya tentukan judulnya. Kadang judul dan isi ndak nyambung juga ndak apa-apalah. Hehe!

  3. julicavero says:

    kalo saya sih kombinasi keduanya…terkadang judul dulu baru dikembangkan…namun kadang juga saya nulis dulu baru tentukan judulnya..

  4. andi sakab says:

    kalo saya biasanya pas ada ide, judul dulu baru dech di jabarkan isinya.

    great sharing. keep spirit bro.

  5. iskandaria says:

    Saya seringnya sih bikin judul dulu. Setidaknya menentukan fokus materi/topik yang akan saya tulis nantinya. Jadi walaupun judulnya belum ada yang pas, saya tetap punya acuan yang bisa menjadi pegangan agar tulisan itu nantinya tidak melenceng dari ide mentah yang didapat.
    iskandaria´s last blog post ..Tren Penyisipan Gambar di Tengah Posting Ditinjau dari Sisi Usability

  6. kalau untuk tulisan berupa artikel saya seringnya dari judul dulu, baru isi, tapi kalau tulisannya berupa puisi biasanya isinya dulu baru cari judul yang pas, bahkan kadang puisi saya nggak pake judul…

  7. PanDe Baik says:

    sama. ;p
    keseringan sih judulnya lebih dulu, trus isinya mandeg hingga momennya lewat. hehehe…
    PanDe Baik´s last blog post ..Menyoal Promo “Free Access by Indosat”

  8. Cahya says:

    Saya yang jelas isi dulu dipikirkan, tapi pas nulis judulnya duluan, kalau nanti pas selesai nulis judulnya ndak pas, ya berarti tinggal diganti judulnya :D.
    Cahya´s last blog post ..Istirahat Lagi

  9. Saya nggak ada kebiasaan khusus, karena biasanya menulis untuk dipublish itu datangnya spontan aja, jadi tak pernah lebih dari 10 menit, ya meski ada jg yang butuh waktu lama dalam beberapa postingan panjang.

    Karena itu spontan, jadi judul selalu belakangan…

  10. yang pasti isi lebih dahulu.. deskripsi tentang apa yang ingin ditulis. Setelah itu baru tentukan judulnya.
    lowongan kerja´s last blog post ..Project Leader Vacancy World Bank Jakarta

  11. Sugeng says:

    Bagiku isi ataupun judul gak jadi soal mana yang duluan yang penting jadi update postingan. Dari pada judul aja banyak (tanpa isi) yang menuh-menuhin dasboard atau konsep aja banyak tapi gak pernah di rilis, endingan langsung tulis terus jadi. :lol:
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan
    Sugeng´s last blog post ..Benarkah Ini Penyakit Menular

Leave a Reply

CommentLuv badge