Luna Maya Dituntut UU ITE

December 18th, 2009 by imadewira Leave a reply »

luna-mayaSiapa yang tidak kenal Luna Maya, artis cantik yang kini telah menjadi kekasih Ariel Peterpan, Luna Maya juga terkenal sebagai pembawa acara musik, Dahsyat. Luna Maya beberapa hari belakangan ini menjadi bahan pembicaraan di berbagai media, khususnya media infotainment. Seperti di beritakan di televisi dan internet, Luna Maya konon telah mencemarkan nama baik pihak lain melalui media Twitter, Luna Maya membuat tweet yang mencaci maki dan merendahkan infotainment.

Awal mulanya adalah ketika Luna Maya menghadiri primier film “Sang Pemimpi” di sebuah tempat di Jakarta. Selesai menghadiri acara tersebut, beberapa wartawan ingin mewawancara Luna Maya, namun Luna Maya mengatakan ingin diwawancara di lobi saja, dalam perjalanan menuju kemudian terjadi insiden kecil yang konon menyebabkan kepala Alea (putri Ariel yang digendong saat itu) terbentur kamera wartawan. Entah bagaimana, Luna Maya lalu menumpahkan kekesalannya dengan menulis akun twitter-nya. Salah satu tweet tersebut tertulis seperti ini :

Infotemnt derajatnya lebih HINA dr pd PELACUR, PEMBUNUH!!!may ur soul burn in hell.

Konon ada juga beberapa tweet lainnya. Tweet ini kemudian menjadi masalah, karena wartawan yang bernaung di bawah PWI Jaya kini melaporkan Luna Maya kepada pihak berwajib dengan tuduhan pencemaran nama baik. Luna Maya dituntut sesuai pasal 27 ayat 3 UU ITE yang isinya tentang pencemaran nama baik dengan media elektronik.

Luna Maya kini menjadi bahan pembicaraan, tentu saja kasus ini juga menjaga santapan media infotainment. Luna Maya yang bisa dikatakan seorang publik figur sepertinya harus menghadapi tuntutan dari pihak infotainment. Kasus ini juga bisa menjadi bahan pelajaran bagi artis dan publik figur lainnya, bukan hanya mereka, bagi kita juga. UU ITE telah beberapa kali memakan “korban”.

Berita tentang kasus Luna Maya ini bisa dibaca disini, disini, disini dan disini.

So, what do you think?

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

47 comments

  1. Cahya says:

    Risiko bekerja seperti apa pun selalu ada, jika berbuat salah, akan ada orang yang tidak senang, dan bukan hal yang mustahil orang itu akan memprotes atau menjelekkan kita dengan sikap yang pedas.

    Orang sebaiknya mulai mengalah dengan memahami emosi manusia, jika tidak ada yang mengalah, benturan hanya akan merugikan kedua pihak.
    .-= Cahya´s last blog ..Blog dan Hak Cipta =-.

  2. fanz says:

    jadi bingung mo komen
    satu sisi saya kasihan sama luna karena di buru wartawan
    sisi lainnya tweet luna menurut saya emank keterlaluan sih
    .-= fanz´s last blog ..Ngeblog itu (gak) Gampang =-.

  3. Badruz says:

    cantik2 sewot ya Pak Dosen. biar infotanmenta bervariasi Pak, nggak berita perceraian melulu. he..
    .-= Badruz´s last blog ..Manfaat Blog(ging) =-.

  4. antokoe says:

    akhirnya muntah juga, artis lain ada yang sangat menikmati diliput infotainment, tapi kebanyakan diekspos sampai privacy terusik, pasti ada yang melewati batas.
    cuma mengekspresikan tanpa kontrol juga berakibat tidak mengenakan..
    .-= antokoe´s last blog ..Berbagi via Google Wave =-.

  5. nggak ada yang pihak yang salah menurut saya…. itu ungkapan kekecewaan seseorang saja… tau sendiri bagaimana media membesarkan suatu masalah kecil… cuma ungkapan dia saja yang kurang mengenakkan… dan akhirnya dibesarkan juga khan :D…
    .-= Desain Lansekap´s last blog ..Cara Mengenali Kondisi Fisik Lahan =-.

  6. saya suka Luna…

    HIDUP LUNA!!!

    saya sebenarnya juga ga suka sama Infotaiment, ya emang sih pekerjaan mereka itu seperti itu tapi mereka terlalu berlebihan mengekspose seseorang sampai ke dalam2…siapa sih yang ga marah kalau kehidupan pribadi mereka diekspose seperti, tau sih Selebriti tapi wong mereka bisa dong jangan sampai mengekspose diri…

    Solusinya…ga usah jadi artis kalau ga mau diekspose media jadilah aktor kalau gtu…lho!!! hehehe

  7. elmoudy says:

    gw seh membela Luna
    yah itu kan cuman unkapan kekecewaan
    gak menyebut nama atau institusi..
    lagian kalo seperti itu
    kenapa harus bawa UU segala
    apa gak bisa diselesaikan secara kekeluargaan
    .-= elmoudy´s last blog ..Perjalanan Sunyi =-.

  8. buset dah…..biar dunia menghakimi.
    salam kenal…….

  9. andi says:

    duh jadi rame juga masalahnya sekarang..
    salam,
    .-= andi´s last blog ..Pantai Melur =-.

  10. Mulutmu adalah harimaumu. Mari kita jaga harimau, eh salah, mulut kita.
    .-= Panduan Sukses ngeBlog´s last blog ..English Blog With Specific Niche? You’ve got? =-.

  11. alamendah says:

    Bingung mau komen;
    belum pernah bersentuhan dengan wartawan apalagi dengan Luna Maya…
    .-= alamendah´s last blog ..Antara Tahun Hijriyah, Laba-laba dan Burung Dara =-.

  12. adin says:

    bebas berpendapat tapi juga harus ada tanggung jawab…disini kaya’e emang keduanya agak salah sih, dari si wartawan juga kadang suka bikin berita seenaknya aja, nah yang jadi objek juga karena keganggu jadi bales memaki-maki wartawannya…kalo sama-sama saling menghormati ya ga bakal jadi gini…cuma pendapat saya aja sih…

  13. bella says:

    Hmm… Luna kurang dewasa dlm menyikapi, tp batas kesabaran org ga ada yg tau kan. Ngbayangin jd luna, cape jg dbuntutin wartawan infotainment. Kadang ptanyaannya sk mengada2 lg. Wartawan jg sih, yg penting sseennnnsasiiiii…. Rasa kemanusiaan sk diabaikan, yg penting sseeennnssasiiiii… Hehehe :D kali ini yg bljr bkn cm luna nya, tp wartawannya jg dooonnk.

    Pis ahh.. Tar kena UU ITE jg lg :p

  14. pakwo says:

    salam hangat, itu resiko dalam profesi. Luna lagi stres wartawan butuh berita. Itu saling mengisi. Cuma hidangan yang di beri luna tidak enak di santap wartawan infotaimen.
    .-= pakwo´s last blog ..Di saat cinta berlabuh =-.

  15. pushandaka says:

    Ah, wartawan. Sekarang giliran merasa dilecehkan, langsung mengangkat UU ITE sebagai dasar hukum. Coba kalau ada pihak yang melaporkan wartawan dengan tuduhan yang sama, pasti dibilang ndak menghargai profesi wartawan dan ndak dewasa. Mereka itu siapa sih?

    Kalau sekarang Luna dibilang kacang lupa kulitnya, apa wartawan ndak seperti itu. Mereka tanpa sumber berita juga ndak akan ada apa-apanya. Jadi ndak usahlah merasa diri paling berharga dan bernilai dibandingkan pihak lain.

    Saya bukan pendukung Luna, tapi juga anti dengan pihak-pihak yang selalu merasa suci dan berada di sisi yang benar. Semua pihak harus bisa menjadi dewasa, siapa pun dia dan apa pun profesinya.
    .-= pushandaka´s last blog ..Internazionale vs Chelsea; Kandas Lagi?? =-.

  16. Winarto says:

    Yang disebutkan “Infotemnt”, bukan organisasi, buka profesi, buka nama orang etc

  17. Ran says:

    Buat PWI tuntut aja Luna Maya biar jadi pelajaran buat dia dan artis2 lain yg suka merendahkan kerja wartawan. Klo dipikir2 mereka jadi sukses kyk skrg mayoritas krn wartawan. Klo mrk posisinya udh diatas jd lupa diri!?! Begini aja gimana klo posisinya dibalik-Luna Maya yg dihina seperti itu di Twitter yg pastinya dibaca byk org..terima g?? Ga kan!!! Oia, ini beda dgn kasus pencopetan kyk yg disebutin di TV.
    Org blg wartawan kyk pelacur dan lyk msk neraka..ini udh termsk pencemaran nama baik.
    Ternyata org diksh kelebihan ragawi dan kesuksesan ga menjamin mulutnya juga cantik..dont judge the book by its cover..org2 jd tau org macam apa kamu.

  18. Itulah akhibat jika hanya sekadar ngomong tidak didukung oleh data.

  19. iskandaria says:

    Yang salah tetap dua-duanya kalo menurut saya. Luna nggak bisa mengontrol dirinya saat menulis. Wartawan infotainment nggak punya sensitivitas kemanusiaan saat melihat LUna menggendong anak Ariel yang sedang tidur pulas.
    .-= iskandaria´s last blog ..11 Kode Etik Blogger Indonesia =-.

  20. PanDe Baik says:

    Pertama, tumben Winarto gak nyepam satu dua tiga.
    Kedua, tulisannya keren, yang komen sampe berjubel… berbanding terbalik dgn tulisan saya. he…
    Ketiga, ya bagaimana kalo bikin petisi untuk membubarkan Impoten men, eh maaf itu istilahnya BLi Putu Adi, Info tai ment maksud saya… ganti dengan tayangan yang lebih mendidik dan gak menggosipkan orang… AMERIKA jeg sube ke bulan ne…
    .-= PanDe Baik´s last blog ..Luna Maya di UU ITE-kan ??? =-.

  21. bella says:

    Ga bs nyalahin luna maya mutlak bgtu. Makanya sy blg td, bkn cm luna maya yg hrs blajar, tp wartawan(?)nya jg. Cb deh, klo wartawan caranyA enak, luna ga bkln meledak tuh d twitter. Lgian bner jg sih, liat aja tuh infoteinmen skrg, makin ga mutuuu, britanya mengada2. siapa jg yg suka dbritain ga bner. Tp wartawan infoteinmen emg seneng nyari brita yg ga bner ya kayanya :D pis ah :D

    Sumprit. Tmbh malesssss ntn inpotenmen.

  22. andy putera says:

    saya emang gag suka lunmay…
    jadi kasihan banget diaaaa wkwkwkkwkwkkwkwkk
    lagian anegh2 aja … seneng bikin sensasi yg mencelakakan diri sendiri..wkwkwkkw

  23. iian crawfords says:

    Bukanya lunmay dc mnta maaf lewat twitter tman ny !??

  24. DV says:

    Wah, meski banyak orang mendukung Luna, tapi aku tetap tidak, Bli… Bagiku, apa yg ia ucapkan, meski itu untuk melampiaskan kekesalannya tapi kupikir sudah terlampau jauh lepas dari etika ya…
    .-= DV´s last blog ..LunMay =-.

  25. aldy says:

    dua-duanya sama-sama kacau bahkan UU sendiri juga kacau.

  26. Mariska Ayu says:

    Apakah ini merupakan korban pertama UU ITE kak?

Leave a Reply

CommentLuv badge