Lorenzo Juara Dunia MotoGP 2012

October 28th, 2012 by imadewira Leave a reply »

Lorenzo memastikan gelar juara dunia MotoGP 2012 di Philip Island, Australia

MotoGP musim 2012 mencapai klimaks di sirkuit Philip Island, Australia yang merupakan seri ke 17 dari 18 seri yang direncanakan. Klimaks tercapai dengan keberhasilan Jorge Lorenzo mengunci gelar juara dunia MotoGP 2012 dengan berhasil menjadi runner up di seri MotoGP Australia, sementara itu Dani Pedrosa terjatuh dan gagal menyelesaikan balapan.

Sebelum MotoGP Australia digelar, balapan masih menyisakan dua seri yaitu MotoGP Australia dan MotoGP Valencia. Perebutan gelar tinggal menyisakan Lorenzo dan Pedrosa dimana saat itu Lorenzo masih unggul 23 poin dari Pedrosa. Peluang Pedrosa masih ada apalagi penampilan Pedrosa tengah on fire setelah memenangkan 5 dari 6 balapan sebelumnya. Di sisi lain Lorenzo sangat konsisten dan tampak main aman dengan hanya menjadi runner up di 7 balapan sebelumnya. Lorenzo hanya menang sekali yaitu ketika Pedrosa jatuh San Marino dan ketika itu Stoner tidak ikut balapan.

Jadi, balapan MotoGP Australia diprediksi akan seru. Apalagi dengan kembalinya Stoner yang hampir dipastikan akan kembali menjadi juara di Philip Island karena penampilan Stoner yang jauh lebih cepat dibanding Lorenzo dan Pedrosa. Lorenzo sebenarnya hanya butuh 3 poin lebih banyak dari Pedrosa untuk mengunci gelar di Philip Island, artinya Lorenzo hanya butuh finish runner up jika Stoner menang. Kalaupun Pedrosa yang menang di Philip Island dan Valencia, maka Lorenzo hanya butuh finish juara 3 di dua seri tersebut. Jadi peluang Lorenzo tetap jauh lebih besar.

Balapan pun dimulai, Lorenzo yang start kedua langsung memimpin diikuti Pedrosa dan Stoner. Masih di lap-lap awal, Pedrosa berhasil menyalip Lorenzo dan diikuti oleh Stoner yang naik ke posisi ke 2. Tapi sebuah nasib sial menimpa Pedrosa, dia terjatuh di sebuah tikungan dan langsung menyerah dengan tidak melanjutkan balapan. Pedrosa sadar bahwa peluangnya menjadi juara dunia sudah langsung hilang.

Lorenzo yang tahu Pedrosa out pun pasti senang dan melanjutkan balapan dengan tenang dan aman hanya untuk mengejar posisi runner up. Percuma saja mengejar Stoner yang rasanya mustahil untuk dikalahkan di kandangnya, selain itu sangat beresiko mengejar Stoner karena gelar juara dunia sudah di depan mata. Bahkan sebenarnya dengan jatuhnya Pedrosa, Lorenzo bahkan tidak perlu naik podium untuk mengunci gelar. Balapan menjadi sedikit membosankan, untungnya masih ada pertarungan cukup seru di papan tengah yang memperebutkan posisi ke 4.

Stoner pun finish terdepan dan menjadi “raja” di Philip Island dengan 6 kali juara sejak tahun 2007 ketika masih membela Ducati. Lorenzo finish runner up dan resmi menjadi Juara Dunia MotoGP 2012. Ini adalah gelar juara dunia yang kedua kalinya bagi Lorenzo setelah menjadi juara dunia MotoGP tahun 2010 lalu. Saat itu Lorenzo bersaing dengan rekan setimnya sendiri, Valentino Rossi. Tahun lalu giliran Stoner yang mendominasi MotoGP 2011 dan menjadi juara dunia bersama Honda.

Selamat untuk Jorge Lorenzo dan Yamaha…

Melihat hasil-hasil balapan selama 17 seri hingga MotoGP Australia kemarin, Lorenzo memang sangat layak menjadi juara dunia MotoGP 2012. Lorenzo menang 6 kali, runner up 10 kali dan DNF 1 kali ketika “dijatuhkan” oleh pembalap lain. Jumlah kemenangan Lorenzo memang tidak terlalu mendominasi, tetapi patut dicatat Lorenzo konsisten naik podium dengan posisi minimal runner up kecuali pada satu seri ketika Lorenzo terjatuh. Bisa disimpulkan bahwa kekuatan motor Yamaha tidak terlalu dominan dibanding Honda, namun kekuatan Lorenzo lebih pada ketenangan dan konsistensinya ketika balapan.

Tambahan informasi, berikut ini daftar juara dunia MotoGP dalam 12 musim terakhir :

  • 2012 – Yamaha – Jorge Lorenzo – Spanyol
  • 2011 – Honda – Casey Stoner – Australia
  • 2010 – Yamaha – Jorge Lorenzo – Spanyol
  • 2009 – Yamaha – Valentino Rossi – Italia
  • 2008 – Yamaha – Valentino Rossi – Italia
  • 2007 – Ducati – Casey Stoner – Australia
  • 2006 – Honda – Nicky Hayden – AS
  • 2005 – Yamaha – Valentino Rossi – Italia
  • 2004 – Yamaha – Valentino Rossi – Italia
  • 2003 – Honda – Valentino Rossi – Italia
  • 2002 – Honda – Valentino Rossi – Italia
  • 2001 – Honda – Valentino Rossi – Italia

Balapan MotoGP musim 2012 ini masih menyisakan 1 seri pamungkas di Valencia yang merupakan balapan kandang bagi Lorenzo dan Pedrosa. Walaupun tidak memiliki pengaruh pada perburuan gelar juara dunia MotoGP 2012 namun balapan dipastikan tetap menarik karena setiap pembalap memiliki motivasi sendiri-sendiri. Stoner ingin menutup karir dengan manis dengan sebuah kemenangan. Lorenzo pun ingin menang di kandang sendiri sebagai pelengkap gelar juara dunia yang diraih musim ini. Pedrosa? Pedrosa tentu ingin menang juga dan menunjukkan bahwa sebenarnya Pedrosa juga layak menyandang titel juara dunia 2012.

Jadi, seri penutup musim 2012 di Valencia dua pekan depan tetap layak ditunggu..

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

3 comments

  1. giewahyudi says:

    Selamat Bang Lorenzo! Terima kasih sudah mampir di Jakarta dan mau naik motor bebek. Lucu.. :)
    giewahyudi´s last blog post ..Patung M.H. Thamrin Kok Bukan di Jalan M.H. Thamrin?

Leave a Reply

CommentLuv badge