Lirik Lagu Anak-Anak (Gending Rare) Daerah Bali

October 11th, 2010 by imadewira Leave a reply »

Saat ini saya sudah memiliki seorang putri, umurnya baru 7 bulan. Di rumah sebagian besar waktu yang saya miliki saya habiskan untuk ngempu anak. Biasanya sambil saya nyanyikan lagu-lagu daerah khususnya lagu-lagu daerah Bali. Saya yakin lagu itu dia suka dan akan tertanam di ingatannya hingga dewasa. Walaupun tidak tahu pasti, tapi saya rasa lagu-lagu daerah itu akan bermanfaat bagi perkembangan otak dan juga jiwanya.

Jadi walaupun tidak pintar bernyanyi, saya tetap menyanyikan lagu-lagu daerah tersebut. Anda yang orang Bali pasti tahu lagu apa yang saya maksud. Ada banyak lagu-lagu anak-anak yang bisa dinyanyikan untuk anak balita, beberapa diantaranya adalah : Meong-meong, Juru Pencar, Dadong Dauh, Putri Cening Ayu, Bibi Rangda, Made Cenik, dan lain-lain.

Berikut ini beberapa lirik lagu anak-anak daerah Bali yang saya tahu, kalau ada salah mohon dikoreksi ya.

Meong-Meong :

Meong meong alih ja bikule
Bikul gede gede
Buin mokoh mokoh
Kereng pesan ngerusuhin
Juk meng… Juk kul..

Dadong Dauh

Dadong dauh ngelah siap putih
Suba metaluh reka
Minab ada limolas taluhne
Nangih lacur ada nak nepukin
Anak cerik cerik
Anak cerik cerik
Keliwat usil ipun

Juru Pencar
Juru pencar juru pencar
Mai jalan mencar ngejuk ebe
Be gede gede
Be gede gede
Di sawana ajaka liu

Putri Cening Ayu

Putri cening ayu
Nongos ngijeng jumah
Meme luas malu
Ke peken meblanja
Apang ada daharang nasi

Meme tiang ngiring
Nongos ngijeng jumah
Sambilang mempumpun
Ajak tiang dadua
Di tekane nyen gapgapin

Kotak wadah gerip
Jaja megenepan
Ane luwung luwung
Megenep isine
Apang ada aji satus

Bibi Rangda

Bibi bibi rangda apang durus karyan
Bibi mejauman kelod kangin jumah dane jegeg leseng

Suba jani keto tiang ngaba aled munyi
Sesanganan kaon jaja sirat kekuluban bungan duren

Duren duren ijo semangkane kuning gading
Kanti lampa nguda salak nangka kaliasem mangeronce

Ratu Anom

Ratu anom metangi meilen-ilen
Ratu anom metangi meilen-ilen
Dong pirengang munyin sulinge di jaba
Dong pirengang munyin sulinge di jaba

Nyen ento menyuling di jaba tengah
Nyen ento menyuling di jaba tengah
Gusti Ngurah Alit Jambe Pemecutan
Gusti Ngurah Alit Jambe Pemecutan

Made Cenik

Made Cenik
Lilig montor ibi sanja
Lilig montor ibi sanja
Montor Badung ke Gianyar
Montor Badung ke Gianyar
Gedebege muat batu
Batu Cina

Batis lantang cunguh barak
Batis lantang cunguh buruk
Mangumbang umbang I Jodar
Mangumbang umbang I Jodar
I Jodar matetulupan
Jangkak jongkok

Menyaru menyoncong jangkrik
Menyaru menyoncong jangkrik
Jangkrik kawi Nilotama
Jangkrik kawi Nilotama
Nilotama tunjung biru
Tunjung biru

Margi I Ratu mesiram
Margi I Ratu mesiram
Mesiram saling enggokin
Mesiram saling enggokin
Tepuk api dong ceburin

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

36 comments

  1. DV says:

    MP3 dung, Bli :)

  2. panDe Baik says:

    MiRah suka yang ‘Mejangeran, Putri Cening AYu, Sekar Emas dan Ratu Anom… ada dua versi Video yang ia sukai hingga saat ini. Kumpulan video lagu anak bali yang rilis tahun 2005 lalu Bali Kids kalo ndak salah dan video besutannya Made Suardana. Isinya gak jauh beda, tapi dua-duanya keren banget…

  3. panDe Baik says:

    Ohya ada yang kurang…
    > Semut Api,
    > Jenggot Uban
    > Don dapDape
    > Peteng Bulan,
    > kaki Sayang dan
    Aichitelu… :p

  4. baru denger nih lirik lagu anak2x.. mesti cari mp3nya dulu.
    lowongan kerja´s last blog post ..Fifi Lety Indra &amp Partners Law Firm Jobs as PA in Jakarta

  5. Wah, bagus Bli Made. Sejak kecil memang harus dikenalkan kepada lagu-lagu nenek moyang yang sarat akan pesan moral, bukan malah lagu-lagu dewasa. Saya prihatin sama anak-anak kecil jaman sekarang malah sudah hapal lagu-lagu cinta ga jelas.
    Tamba Budiarsana´s last blog post ..Menjadi Trainer Itu Tidak Mudah

  6. toko online says:

    wah baru pernah tahu saya lirik lagu seperti itu, bagus juga memperkenalkan anak dengan lagu daerah. Saya rasa sekarang anak-anak sangat minim informasi tentang lagu daerah. Nice artikel.

  7. zee says:

    Mengenalkan lagu2 daerah atau lagu2 anak tradisional pada anak memang wajib ya bli. Soalnya sekarang jumlah lagu anak sudah sedikit sekali. Jadi anak2 sekarang balik2nya ya nyanyi lagu2 yg dulu, atau kalau yg di kota2 besar malah udah suka lagu dewasa dan lagu bahasa asing.
    Untung di depan rumah sering lewat odong2… jadi odong2 itu sering banget puterin lagu anak-2… :)

  8. widya says:

    setuju pak wira….

    klo ponakan saya lagi suka nari, mesti dsuruh nyanyi jangi janger. pokokna harus saya yang nyanyi, sampe doer..heee. akhirnya tak kasi vcd lagu anak2 yang ada jangi jangernya. aman deh… haaa…

  9. Saya punya koleksi lagu anak-anak neh..
    Sudah ada sekitar 40 lagu anak-anak…
    Lagu2 yang motivatif, edukatif, dan inspiratif buat anak-anak…ada juga yang berbahasa Inggris
    Sudah banyak dipakai di beberapa TK dan Paud di seluruh Indonesia…
    Klik saja: http://www.lagu2anak.blogspot.com

    Semoga bermanfaat

  10. Dek Weed says:

    Terimakasih, suksma dan minta ijin buat repost di blog saya

  11. luh Sari says:

    bleh nanya ga?
    klo lirik lagu merah putih it…
    “pusaka adil lan luhur…./pusat keadilan luhur…/pusaka aji leluhur” yg mn bner??
    suksma

  12. Buddyarta says:

    kalau bukan kita yg mangenalkan anak2 kita lagu bali ,ya…siapa lagi

  13. karebet says:

    ngude curek curek seng ade kengken???????

  14. Dedot says:

    Iya neh bener, kalo ada MP3-nya pasti lebih seru :D
    Dedot´s last blog post ..Pengembala domba di situs Candi Boko

  15. abu abu says:

    translete nya dong bli……….

  16. @carezhaecha says:

    Bli q mw dnk d’criin tmen bali biar q bs bhsa bali’a lbih lncar lgi,,klo bsa ksi j no q y bli,,q echa ni no q 083895298002

  17. Bu Nin says:

    Jeng kalo bisa saya dikirimi arti dari syair-syair lagu di atas. biar kalo nyanyi bisa lebih menjiwai karena memahami isinya. trimakasih buanyaak…. Simbok Guru

  18. de sintru says:

    becik bli made.. suksma niki…
    tiang inget waktu cenik dumun pas nyapung.. kene gendingane bli made

    “tung tung nyang
    tung tung nying
    megantung endep endep
    cimangkok cimangkok
    untal until untal until”

    kone lamun megending pas nyapung.. jeg capung gantung uling mekeber kal nyak pules megantung, capung kok nyak boh.. pang nyidang irage ngengket i capung keto pak de
    suksma

  19. .gungws says:

    bli, tanggal 29 september 2013, temen2 emoni bali mau launching album “gending rare” di artcentre, silakan mampir ya :)

Leave a Reply

CommentLuv badge