Komentar Spam Bahasa Indonesia

Setiap blog tentunya menerima masukan berupa komentar. Namun seringkali fasilitas komentar inilah yang sering dimanfaatkan oleh spammer untuk memasukkan spam. Komentar spam yang saya maksud disini adalah komentar yang benar-benar spam, bukan komentar dari blogger yang bergaya spam. Sebagai catatan, di blog saya ini, saya menerima komentar apapun termasuk yang bergaya seperti spam tersebut asalkan bukan spam beneran. Karena bagi saya, komen tidak komen tetap tengkyu..

Untuk komentar yang berupa spam, sampai saat ini saya masih memberikan kepercayaan kepada plugin Akismet untuk mencegah serta membedakan mana komentar spam dan mana yang bukan. Walaupun beberapa kali Akismet terkadang “menangkap” komentar yang bukan spam. Saya pun biasanya meng-approve komentar tersebut.

Biasanya cukup mudah membedakan membedakan mana komentar yang “salah tangkap” oleh Akismet, salah satunya adalah dengan melihat bahasa pada komentar tersebut. Ketika terdapat komentar dalam bahasa Indonesia yang “tertangkap” oleh Akismet, hampir bisa dipastikan itu bukan spam. Komentar itu tersangkut mungkin karena IP dari komentar atau terdapat link atau kata-kata yang mirip spam pada komentar tersebut.

Tapi beberapa hari belakangan ini saya hampir saja tertipu. Ada beberapa komentar berbahasa Indonesia yang “ditangkap” oleh Akismet, setelah saya perhatikan URL pada komentar tersebut, saya yakin 100% itu ternyata adalah spam. Saya cukup kaget karena kini spam sudah mengalami kemajuan, sudah mulai bermunculan komentar spam dalam bahasa Indonesia.

Saya tidak tahu apakah komentar spam dalam bahasa Indonesia memang baru bermunculan atau memang sudah ada sejak lama dan hanya saya yang baru mengalaminya. Apakah anda pernah menemukan komentar spam dalam bahasa Indonesia di “penjara” Akismet blog anda?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

90 thoughts on “Komentar Spam Bahasa Indonesia

  1. Saya menggunakan manajemen untuk memblok kata-kata yang nantinya dicurigai sebagai spam, membuat algoritma sendiri di bagian ubah-suai diskusi.

    Kemarin setelah reCAPTCHA dicopot ternyata ratusan SPAM masuk ketangkap di ASKIMET padahal saat masih terlindungi CAPTCHA, hampir tidak ada SPAM yang berani menginjakkan kakinya :D
    .-= Cahya´s last blog ..Lahir Kembali =-.

        1. @Cahya,
          sejauh ini lancar bli, tapi jujur saja saya lebih suka berkomentar seperti biasa saja :-)

          salah satu kelemahan yang saya rasakan disana adalah saya harus mengetik ulang nama, email dan url setiap kali berkomentar

  2. kalo tidak salah saya pernah dapet komentar spam dalam bahasa indonesia om tapi intensitas masih rendah banget masuk ke blog saya dan sepertinya bang akismet masih sanggup menghandlenya.
    .-= Deka´s last blog ..Mohon Bantuannya =-.

  3. Yang berbahasa Indonesia aku belum pernah dapat, tapi aku sempat buat blog di detik. Itu sudah menjadi langganan spam, jadi malas untuk mebukanya :lol:

  4. Beberapa kali saya menemukan komentar berbahasa Indonesia yang ditangkap Askimet tapi saya lepaskan. Alasan saya, selama ia bukan komentar yang benar-benar spam ya saya publish :)
    .-= DV´s last blog ..Firasat Digital =-.

  5. pengalaman sy pernah dpt koment spam sampai ribuan dlm sehari promo produk asing, kaget jg, syukurnya sudah ada plugin aksismet, wah kalau belum, bakalan repot jg ngapusx..

  6. BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL guling BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL BANTAL

    Apakah anda melihat guling? :D SPAM!
    .-= Bantal´s last blog ..[Survey] Kapan Kamu Blogwalking / Reading? =-.

  7. Dulu saya pernah membuat tulisan kaya’gini, baik yang dari luar hingga yang lokal dan kalo gak salah diberikan pula contohnya. Memang satu dua tetap ada yang kaya gitu dan berlaku pada satu postingan tertentu. Tapi kebanyakan sih dapet komen yang bergaya spam. dan gayanya pun makin mantap. hehehe…
    .-= PanDe Baik´s last blog ..Update Status FaceBook via HP Pinjaman =-.

  8. sebenarnya saya msh kurang paham seperti apa yg dimaksud dengan spam comment itu, pernah saya berkomentar di suatu blog wp juga tpi di block dgn alasan ip padahal comment saya biasa saja atau mungkin krn saya commentnya pakai opera mini ya? Soalnya saya lbh sering blogging pakai hp dan opera mini, content di blog saya aja 98% di post dri hp. Mohon penjelasan yg lebih detail boleh gak mas tentang sprti apa itu spam comment? Tengkiu

    1. @panduan dan tutorial gratis,
      saya juga tidak tahu detail, yang jelas menurut saya komentar spam itu adalah komentar yg di generate oleh program tertentu atau komentar manual yang tujuannya hanya pamer link, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *