Kelemahan BlackBerry Messenger

January 18th, 2012 by I Gusti Agung Made Wirautama Leave a reply »

Saya adalah salah satu pengguna ponsel yang katanya cerdas yaitu BlackBerry. Sebelum memutuskan untuk membeli ponsel ini tentu saja saya sudah membaca beberapa review tentang produk BlackBerry. Konon salah satu keunggulan ponsel BlackBerry adalah dalam bidang push email. Juga ada fasilitas messenger yang khusus hanya bisa digunakan oleh pengguna BlackBerry yaitu BlackBerry Messenger.

Setelah setahun lebih menggunakan ponsel BlackBerry ini, saya cukup puas. Dalam artian apa yang saya harapkan sebelum membeli BlackBerry sudah terpenuhi, semua fitur yang dijanjikan berjalan cukup lancar. Walaupun terkadang koneksi internet ngadat, tapi sepertinya itu lebih karena pengaruh provider apa yang kita gunakan.

Saya menggunakan kartu XL yang sebenarnya sudah sekian kali membuat kecewa. Sempat saya ingin mengganti kartu dan berpindah ke lain hati yang katanya kenceng koneksi internetnya. Tapi niat itu sementara itu saya urungkan karena malas kalau berganti nomor ponsel lagi. Ya kecuali saya harus merogoh kantong lagi untuk membeli satu ponsel biasa agar kartu XL saya tetap aktif.

Nah untuk urusan email di BlackBerry, semuanya berjalan lancar. Karena fitur ini memang yang saya cari, jadinya saya cukup puas karena komunikasi saya via email untuk urusan kantor tidak ada masalah. Begitu juga notifikasi komentar di blog dan jejaring sosial, semuanya lancar.

Namun sayangnya saya merasa kurang puas dengan layanan BlackBerry Messenger. Memang pada awalnya saya membeli BlackBerry bukanlah untuk menikmati layanan BlackBerry Messenger, tapi karena fasilitas ini ada ya saya gunakan saja. Karena jujur saja, beberapa orang saya lihat membeli BlackBerry hanya karena tergiur agar bisa chatting di BlackBerry Messenger, ya itu terserah mereka.

Kembali tentang ketidakpuasan saya dengan BlackBerry Messenger, hal ini disebabkan karena menurut saya layanan BlackBerry Messenger memiliki beberapa kelemahan atau kekurangan yang menyebabkan komunikasi menjadi tidak lancar atau bahkan menimbulkan miskomunikasi antara saya dan orang lain.

Berikut ini kelemahan atau kekurangan BlackBerry Messenger menurut saya :

  1. Tidak ada report apakah pesan sudah terkirim atau belum, kalaupun ada kita tidak bisa memastikan apakah pesan itu sudah sampai atau belum.
  2. Tidak ada status apakah BlackBerry Messenger (BBM) orang lain sedang OFF atau ON. Karena kalau masa waktu layanan BlackBerry dari provider sudah habis maka otomatis kita tidak bisa menggunakan layanan BlackBerry Messenger dari ponsel BlackBerry kita, jadi bisa dikatakan itu dalam kondisi OFF, tapi pada BlackBerry orang lain kita akan terlihat tetap bisa menerima pesan, padahal pesan itu tidak akan bisa kita terima.
  3. Pesan yang terkirim bisa terbalik dengan yang diterima. Artinya ketika chatting dengan seseorang di BlackBerry Messenger, urutan pesan yang muncul ponsel kita dan orang lain bisa berbeda. Hal ini tentu saja membuat pembicaraan menjadi tidak nyambung, bahkan menimbulkan masalah kalau sedang membicarakan sesuatu yang penting.

Itulah beberapa kelemahan atau kekurangan pada layanan BlackBerry Messenger yang saya alami selama menggunakan ponsel BlackBerry. Namun walaupun begitu, belum ada niat saya untuk menjualnya dan berganti ke ponsel lain. Selain karena memang layanan BlackBerry Messenger memang bukan tujuan utama saya, juga karena belum ada budget untuk berganti ke ponsel lain.

Adakah pengguna BlackBerry lain yang mengalami seperti yang saya alami?

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

27 comments

  1. mm,, setau saya selama pake BBM untuk status percakapan di BBM selalui ada status D untuk pesan sudah terkirim dan R untuk pesan sudah terkirim dan sudah dibaca oleh lawan percakapan.
    selain itu apabila BB lawan sedang tidak aktif atau tidak dapat menerima pesan kita maka di percakapan tidak muncul D atau R.
    nah kalo untuk masalah kenapa ada lag / keterlambatan dalam sinkronsasi data dalam percakapan saya rasa itu dari carrier data anda ( provider) :)

  2. Didi says:

    untuk point yg pertama sebenarnya ada bli. setiap kali kita habis pencet send atau enter, di sebelah pesayn yg kita kirim ada tanda centang yg berisi huruf.
    yg berarti
    D: Delivered
    P: Pending
    R: Read
    Nah, kalo udah R, dan lawan chatting kita bilang gak terima pesan kita, dia pasti boong! :)
    Didi´s last blog post ..Kesalahan Klasik Twitter: Antara Reply dan Retweet

  3. PanDe Baik says:

    Wajar lah Wir kalo BBM suka gitu. kan Pesan dari perangkat yang kita gunakan musti dikirim dulu ke Server di Canada sana baru kemudian diteruskan ke perangkat tujuan. itupun masih bergantung pada akses data yang kita gunakan.
    makanya urutan kadang bisa kebalik”gitu deh.

    Sedang bila dibandingkan dengan whatsapp, secara penyampaian jauh lebih cepat. dan untuk Report ya keliatan disitu antara yang tidak terkirim atau bahkan sudah sampai dan diterima.
    Satu lagi untuk status lawan bicara bisa dilihat dari status yang ada di bagian bawah namanya, kapan terakhir ybs terlihat online di whatsapp.

    Hanya saja satu”nya kekurangan dari WA dibanding BB adalah tidak mampu membuat Group yang isinya lebih dari 10 member. :p
    PanDe Baik´s last blog post ..Menyimak Cerita tentang Dharmawecana Yowana Paramartha Warga Pande (bagian 1)

  4. AMI says:

    setuju dengan pendapat PanDe, itu makanya kalau aku buat group khusus untuk keluarga aja n untuk group lain aku pake fb.
    AMI´s last blog post ..Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik

  5. Asop says:

    Saya tak mau menggunakan BB. Titik. :)
    Asop´s last blog post ..[Fiksi] Dunia Lain

  6. kojack says:

    Android jadi market leader karena mampu menggerus market sharr BB yg minim improvisasi.

  7. Agus Lenyot says:

    Sebagai pengguna baru, aku malah nggak tahu apa kelebihan BB. hahaha, cuma agar tetap terkoneksi dengan teman-teman saja.
    Agus Lenyot´s last blog post ..Nama Alias Lelaki Bali

  8. tary onnie says:

    point ketiga sepertinya sering sekali saya alami, gara2 urutan pesan yg masuk nggak berurutan malah sering menimbulkan masalah sm pacar saya heheheh
    tary onnie´s last blog post ..Pindah Rumah Baru

  9. Cahya says:

    Kemarin terpaksa pakai BB karena tidak ketemu Smartphone yang murah meriah lainnya :).

    Mungkin besok kalau ada rejeki akan pakai Nokia lagi :D.
    Cahya´s last blog post ..Little Globes of Natural Happiness

  10. matrixs says:

    Saya pakai hp n jadi kurang tahu masalah BBM tahunya ya Bahan Bakar Minyak, Surat Maring Sahabat (SMS)…
    matrixs´s last blog post ..7 Ponsel Pilihan untuk Putar Musik

  11. tangki air says:

    Oww begitu ya… Saya kurang mengerti, karena saat ini saya belum menggunakan smartphone BB. Hehehe. Sempat terbesit juga ingin memakai BB, tapi sementara ini mungkin belum dapat terealisasi…

    Terimakasih sharingnya…
    Sukses selalu,

  12. isnuansa says:

    Udah dijawab tuh di atas, D, P dan R itu kode sampai, masih menunggu dan terbaca.

    Saya udah lama nggak pakai BB, dulu sempat awal-awal BB keluar terbawa hype-nya beli. Sekarang balik ke N8.
    isnuansa´s last blog post ..Selamat Ulang Tahun DBlogger!

  13. febriosw says:

    Sy malah belum tertarik pakai BB. Dalam bayangan sy (karena belum pernah mengoperasikan BB), BBM itu mirip chat komunitas seperti di FB atau YM. Hanya saja pada kasus ini chatnya dengan komunitas BB.

    Sy khawatir juga jika sudah kecanduan pakai BB kemudian datang masa rusaknya, harus ganti BB otomatis PIN juga ganti. Mending pakai HP saja. Ganti HP tidak perlu diikuti dengan penggantian nomor tertentu yang hubungannya dengan koneksi. Lagipula sy sudah online dengan laptop. Jadi kurang begitu menginginkan Gadget yang bisa online terus seperti BB.
    febriosw´s last blog post ..GOOGLE PAGERANK 2 BUAT FEBRIOSW.WEB.ID

  14. imadewira says:

    to all :

    Terima kasih atas penjelasannya, ternyata memang saya yang katrok dan kurang memperhatikan tanda “D”, “R” pada pesan-pesan di BlackBerry selama ini.

  15. Panjul says:

    Saya tidak tertarik BB karena gak kebeli

  16. andipandora says:

    oh jadi tahu kelemahan BBM, makasih infonya
    andipandora´s last blog post ..Tips Berpakaian Untuk Kulit Gelap

  17. BB memang menarik, tetapi itulah kelemahannya. Trims Mas infonya. Bisa untuk evaluasi dalam menggunakan BB. Semoga bermanfaat bagi kami dan teman-teman di online lainnya. Selamat dan sukses selalu untuk Anda.

    Salam kompak:
    Obyektif Cyber Magazine
    (obyektif.com)

  18. joe says:

    untung aku blum belikan istri bb,trims infox….lbh baik pakai nokia…..

  19. joko says:

    keluhan 1. wahh kelihatan kalo masi baru ya :)
    centang D = terkirim
    centang R = terkirim & dibaca
    centang = pending
    silang = tidak terkirim

    keluhan 2. hmm jaabannya cuma satu untuk keluhan itu, kalo punya bb ya harus mampu paketan dong :D

    keluhan 3.itu masalah sinyal provider mas, pernah punya yahoo messenger kan? :D

    lucu ya, artikel yang isinya menunjukkan kalo anda masih tidak tau tentang blackberry messenger, seperti para pengguna andrroid yang merasa lebih cerdas dari pengguna blackberry padahal juga gak tau kelebihan android :) belajar lagi ya mas, itu komentarnya ada yang bisa membantu kok :D

    • imadewira says:

      @joko :
      Keluhan 1 : ini memang kekurangtahuan saya dan saya sudah mengakuinya di komentar saya sebelumnya, mungkin anda belum baca.

      Keluhan 2 : Benar, harus berlangganan paket BB. Tapi anda sepertinya tidak menangkap maksud saya, mohon dibaca lagi. Maksud saya, setahu saya tidak (belum) ada tanda/status apakah pengguna BB sedang “online” atau “offline”, misalnya seperti di Yahoo Messenger. Pernah punya kan?

      Keluhan 3 : Maksud anda kesalahan provider? Di layanan lain seperti Yahoo Messenger, Whatsapp, dll saya belum pernah mengalami masalah seperti keluhan yang ini.

      Mohon maaf, saya rasa tidak ada yang lucu dalam tulisan ini, mungkin hanya anda yang merasa begitu. Saya memang tidak tahu banyak tentang BlackBerry, apa yang saya tulis disini hanya berdasarkan pengalaman pribadi. Dan justru dengan tulisan ini saya ingin mendapatkan pencerahan dari orang-orang pintar seperti anda. Terima kasih.

  20. novan says:

    saya malah nolak dikasih bb lagi, beban moral soalnya :D

  21. sidiq says:

    anda salah mind.secara di bbm kan klo kita mengirim pesan kan ada laporannya

    klo pesan trkirim ada tanda satu centang

    klo sudah sampai ke penerima ada tanda d kecil
    yg artinya delivery

    klo pesan sudah trbca simbol d yg artinya delivery itu td kan brubah jadi r yg artinya read (pesan sdah dibaca oleh penerima)

  22. dito says:

    saya emg blm bnyak tw soal BB dan BBMnya,,,apakah pesan yg qt kirim ke orang lain itu juga bisa dibaca oleh orang lain???ato sama spt sms hanya diketahui oleh orang yg qt kirim pesan sms itu

Trackbacks /
Pingbacks

  1. PanDe Baik » BLoGWaLKing yoook

Leave a Reply

CommentLuv badge