Kekeliruan Mendasar Ketika Browsing

June 11th, 2012 by I Gusti Agung Made Wirautama Leave a reply »

Setiap pengguna internet memiliki kebiasaan tersendiri ketika membuka halaman website. Contoh kecil saja ketika membuka link tertentu, ada yang suka membuka di halaman yang sama dengan cara mengklik biasa (klik kiri), ada juga yang terbiasa langsung melakukan klik kanan lalu “open in new tab”. Namun diantara beberapa kebiasaan ketika browsing tersebut, ada beberapa kebiasaan yang menurut saya merupakan sebuah kekeliruan. Berikut diantaranya :

Membuka alamat website dengan “googling” terlebih dahulu.

Ketika menjadi pemateri dalam pelatihan ngeblog beberapa hari lalu di sebuah sekolah SMK di Bali, saya melihat sebuah kebiasaan yang mungkin bisa disebut kekeliruan yang dilakukan oleh beberapa peserta. Kejadiannya ketika saya meminta mereka membuka alamat website wordpress.com. Yang mereka lalukan adalah membuka browser, lalu ketika homepage yang muncul adalah halaman google.com mereka mengetikkan alamat wordpress.com di isian untuk searching di Google. Setelah hasil searching muncul barulah mereka memilih wordpress.com. Ada yang salah menurut anda?

Kesalahan atau kekeliruan semacam diatas juga kadang saya temui pada beberapa teman di kantor. Ini biasanya terjadi pada mereka yang kurang paham atau masih awam dengan internet, browser dan lain-lain. Biasanya saya akan memberitahukan bahwa apa yang dilakukan itu kurang tepat. Cara yang lebih tepat tentu saja dengan mengetikkan alamat wordpress.com di bagian atas browser tempat dimana URL di ketikkan.

Alamat Yahoo Mail

Kejadian ini bisa dikatakan mirip dengan yang diatas. Beberapa orang saya lihat ketika ingin membuka Yahoo Mail untuk mengecek email, mereka membuka halaman yahoo.com terlebih dahulu baru kemudian memilih link Mail yang ada di halaman tersebut. Padahal untuk lebih cepat kita bisa seharusnya langsung membuka halaman mail.yahoo.com. Untuk teman-teman di kantor, sama seperti diatas saya biasanya mencoba memberitahukan hal tersebut namun sebagian ada yang tidak peduli. Mungkin karena sudah menjadi kebiasaan seperti itu dan mereka menganggap itu tidak masalah.

Kejadian akan menjadi lebih “lucu” lagi jika menggabungkan kedua kejadian diatas. Jadi ketika ingin mengecek email, yang dibuka adalah halaman Google lalu search dengan keyword “yahoo”. Setelah hasil search muncul dipilihlah yahoo.com dan setelah halaman Yahoo muncul baru di klik link Yahoo Mail. Ya begitulah.

Saya mohon maaf bukan bermaksud apa-apa, mudah-mudahan tidak ada yang tersinggung dan mengatakan saya sombong. Saya cuma sekedar sharing tentang kejadian yang biasanya saya temui. Ketika memberitahu orang lain pun, baik itu murid atau teman, saya selalu berusaha memberitahu dengan cara sehalus mungkin agar orang itu tidak merasa tersinggung.

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

15 comments

  1. giewahyudi says:

    Saya juga kadang melakukan kesalahan pertama, biasanya kalau lupa nama websitenya saya langsung googling dengan kata kunci yang saya ingat..
    giewahyudi´s last blog post ..Suporter Indonesia “Bikin Ulah” di EURO 2012

  2. saya pernah menemukan kejadian seperti artikel ini. ketika saya merekomendasikan blog milik saya untuk pembahasan fitness.

    dia bingung karena alamat blog yang saya berikan tidak muncul di internet katanya. setelah tanya lebih lanjut, dia melakukan hal di blog ini, yaitu mengetikkan alamat blog saya di google.

    ketika muncul blog saya di bagian atas, jelas saja dia tidak menemukan artikel yang dicari, secara, dia nyarinya di google sampai berpage2.

    artikel bagus, simpel dan bermanfaat, tapi ga ada yang bahas kecuali anda!

  3. trye says:

    mungkin dengan cara begitu ada sebagian orang merasa lebih enak padahal kurang efektif.

  4. isnuansa says:

    Rawan kena phising dah tuh kalo begitu.. Asal nggak salah pencet sih nggak papa, kalo nyasar ke halaman phising, mati deh. :)
    isnuansa´s last blog post ..Siapa Mau Ikutan LG Home Appliances Design Competition?

  5. Masdin says:

    Saya juga sering melihat kekeliruan pertama. Pengen buka facebook kok malah buka google dulu. Memang banyak pengguna internet sekarang yang mungkin belum “standar”. Ada baiknya mungkin kalau sesekali diadakan acara-acara sosialisasi browsing gitu, biar menggunakannya sudah sesuai dengan kaidah umum :D
    Masdin´s last blog post ..Persiapkan Diri Menyongsong Dunia Go Open Source

  6. DV says:

    Hahaha kebiasaan yang pertama sering saya lakukan secara tak sengaja… jadi ceritanya ketika klik icon browser, sambil nunggu loadng saya udah ketik URL.. eh taunya salah box :)

    Solusi mungkin pake bookmark meski bagi saya bookmark terbesar adalah Google..:)
    DV´s last blog post ..Kamu (tampak seperti) gay?

  7. cukup banyak juga yang pengunjung masuk ke tempat ane dengan kata kunci http://www.seputarsemarang.com lo,
    wah,
    yang lebih parah lagi ngirim lamaran via form komentar, IPK nya 3 lebih lagi…
    beraaat…
    Sriyono Semarang´s last blog post ..Tri 3 Store

  8. Sugeng says:

    Aku biasanya langsung nulis ymail.com atau gmail.com karena tidak merasa perlu untuk membuka halaman depan dari situs penyedia layanan email itu. Kalau mau mencari “sesuatu” tinggal nulis “sesuatu” tanpa dot com pada kolom url dan bisanya langsung masuk ke layanan search enggine tertentu sesuai settingan kita.

    Ya mungkin mereka yang sering melakukan kesalahan itu baru mengenal internet. Dan contoh kasus seperti yang pertama juga dilakukan anakku yang sudah menginjak kelas XII. Masuk google dulu baru nulis facebook pada google chrome. Tapi kalau yang ini kesalahan ada pada bapaknya karena tidak pernah mau ngajarin :lol:

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan
    Sugeng´s last blog post ..Benarkah Diriku Blogger

    • imadewira says:

      @Sugeng : ya begitulah, intinya pengguna internet pemula mesti tahu bedanya “googling” dengan mengunjungi sebuah website langsung tanpa “googling”.

Leave a Reply

CommentLuv badge