Kehabisan Bandwidth

Dari kemarin blog saya tidak bisa diakses, karena kebetulan pas mau pulang, saya tidak sempat mengecek lebih lanjut. Saya mengira itu hanya karena ada suatu kesalahan pada browser saya atau koneksi internet. Pagi ini ketika saya buka blog saya, ternyata masih seperti kemarin. Saya buka di komputer teman ternyata sama saja. Saya lalu coba masuk ke CPanel ternyata muncul pesan “Bandwidth Limit Exceeded”. Walah, apakah blog saya ini kehabisan bandwidth?

Saya lalu mencoba menghubungi teman saya dimana saya menyewa hosting untuk memastikan apa yang terjadi. Ternyata katanya blog saya kehabisan bandwidth. Bandwidth saya untuk hosting 100 MB ini katanya 6GB dan sudah habis. Jujur saja ini baru pertama kali saya alami. Tapi untunglah sekarang sudah bisa diakses lagi karena bandwidth nya sudah di upgrade ke 8GB.

Haruskah saya senang karena kehabisan bandwidth? Apakah itu berarti pengunjung blog ini sedemikian banyak hingga saya kehabisan bandwidth? Entahlah..

Setelah bisa masuk ke CPanel, saya lihat ternyata bandwidth saya memang sudah melebihi 6GB. Tapi saya pikir itu bukan karena banyaknya pengunjung ke blog ini. Karena di domain blog ini saya membuat 3 sub domain lagi. Jadi bisa dikatakan bandwidth 6GB itu untuk 4 buah blog. Jadi wajar saja kalau kehabisan bandwidth.

Saat ini saya sedang berpikir blog (sub domain) mana yang harus saya non-aktifkan (hapus) untuk mengatasi masalah kehabisan bandwidth ini. Saya agak bingung karena semua sama pentingnya bagi saya. Cara terbaik mungkin saya harus upgrade ke yang lebih besar lagi, tapi itu jelas butuh biaya.

Jadi, saya bingung..

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

37 thoughts to “Kehabisan Bandwidth”

  1. Wah, banyak juga blognya bro. Ya, secara langsung biayanya juga harus banyak.

    Kalau semuanya penting, satu-satunya cara ya upgrade lagi. Apalagi ntar kalau blog-blog itu kebanjiran pengunjung. Nah lho.. :)

    1. @Agung Pushandaka, Jangan jangan semua subdomainnnya mas Wira kebanjiran pengunjung yah… meskipun yang root domain ini katanya ngak ramai tapi who knows subdomainnya disesaki… #gejalaSeleb

  2. …saya pun sempat mengalaminya saat domain binamargabadung.com masih numpang space di pandebaik.com… tapi yah, Bersyukur BaliOrange berkenan menambahkan Bandwidth-nya tanpa menambah biaya lagi. Kalo ndak salah saat ini besarannya sekitar 15 GB…
    Tapi pasca domain numpang tersebut tidak dilanjutkan lagi, bandwidth sebesar itu jadi mubazir untuk blog tak populer seperti milik saya itu… :p

  3. Kalau masalah ini aku belum bisa mencicipi karena :lol: aku belum juga bisa berdiri sendiri. Btw, sukses aja pak dengan ramainya pengunjung di blognya. Space 6 Gb meski aku gak ngerti soal hosting pribadi menurutku sudah gede loh tapi kalau dibagi dengan blog pencari dolar di samping2 imadewira.com ya tetap kurang. Harusnya jangan yang 8 Gb toh blog yang sudah menghasilkan dolar, kasihan kan kalau kiriman dolarnya terhenti :cool:
    salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  4. Wah, hebat Bli…
    Bagiku habisnya bandwidth pertanda blogmu banyak dikunjungi…:)

    Di saat blog mulai pada menurun, kamu masih tetap unggul!

  5. waduh, klo dibagi empat ya jelas keabisan bli, wah, karena katanya baru sekali ngalami ini, berarti ada peningkatan dong jumlah total kunjungan ke 4 blognya :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *