Kebijakan Blogwalking

Dulu ketika baru awal-awal mengenal dunia blog, blogwalking menjadi sebuah kegiatan yang mengasikkan. Selain karena waktu yang masih banyak lowong untuk berkunjung ke satu blog dan blog lainnya, saya juga belum memiliki selera tertentu pada tulisan macam apa yang ingin saya baca.

Jadi saya memaksimalkan waktu yang ada untuk blogwalking, tidak peduli blog yang saya kunjungi adalah blog milik blogger terkenal atau pun blog baru, tidak peduli itu blog penuh iklan atau pun blog yang idealis, semua saya kunjungi dan selalu komentar di setiap post yang saya baca. Prinsip saya ketika itu, rugi apabila sudah capek baca tapi tidak meninggalkan jejak.

Bagaimana saya menemukan blog baru yang belum pernah saya kunjungi? Ada beberapa cara dan salah satunya adalah dari pengunjung baru di blog saya. Jadi ketika ada blogger lain yang baru pertama kali berkomentar di blog saya, maka wajib bagi saya untuk melakukan kunjungan balasan. Dan kemudian berlangganan tulisan dari blogger tersebut.

Itulah kebijakan saya dulu. Tapi itu dulu, sekarang?

Seiring berjalannya waktu, prinsip saya itu pun mulai berubah. Dan saat ini saya hanya berlangganan tulisan dari blogger yang memang benar-benar saya akan saya baca tulisannya. Dan ketika ada pengunjung baru yang berkomentar di blog ini, saya akan berkunjung ke blognya, lalu sekilas membaca beberapa tulisannya. Kalau sekiranya menurut saya cocok dengan selera saya maka saya akan berlangganan tulisan dari blog tersebut.

Saya menggunakan Google Reader, saat ini ada sekitar 25-30 blog yang saya daftarkan disana. Itupun tidak semua tulisan dari blog-blog tersebut bisa saya baca. Biasanya kalau ada tulisan baru yang masuk, saya akan menentukan apakah saya melanjutkan membaca atau tidak berdasarkan judul dari tulisan tersebut. Ada juga beberapa blog dimana saya selalu membaca setiap tulisannya tanpa pernah meninggalkan komentar.

Itulah kebijakan saya saat ini untuk masalah blogwalking dan kunjungan balasan.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

11 thoughts on “Kebijakan Blogwalking

  1. Kebijakan blogwalking saya juga hampir mirip dengan yang tertulis di atas. Intinya, nggak ngoyo lagi dalam meninggalkan jejak (kayak di awal-awal ngeblog). Mungkin karena saya juga merasa bahwa trafik dari hasil blogwalking tidak begitu besar :)

  2. Bagi saya , blogwalking selain mencari ide buat posting juga nambah-nambah teman
    oiya , seseorang akan tertarik melihat blog mulai dari judul :)

  3. Sepertinya kebijakan itu juga banyak diterapkan oleh blogger lain seperti saya. Awalnya rajin berkunjung kemudian rutintas blogwalking berkurang karena keterbatasan waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *