Juara Umum SEA Games Tanpa Medali Emas Sepakbola

Seperti kita ketahui SEA Games ke 26 dimana Indonesia menjadi tuan rumah sudah resmi selesai. Sebagai tuan rumah, Indonesia pun meraih target yaitu menjadi juara umum dengan raihan 182 emas, 151 perak, dan 143 perunggu. Di urutan kedua adalah Thailand yang juga juara umum di dua edisi terakhir dengan 109 emas, 100 perak, dan 120 perunggu. Di peringkat ketiga adalah Vietnam dengan 96 emas, 92 perak, dan 100 perunggu.

Juara umum yang diraih Indonesia sebenarnya sudah diprediksi, faktor tuan rumah dan berbagi hal lainnya tentu ikut menjadi faktor juara umum yang diraih oleh Indonesia. Namun apa pun itu tetap harus disyukuri dan kita tetap harus bangga karena sebagian besar acara berlangsung lancar, kecuali tewasnya 2 orang penonton saat final cabang sepakbola di Gelora Bung Karno.

Tewasnya 2 orang penonton seakan menambah duka karena dalam laga final tersebut Indonesia kalah. Dalam waktu normal serta babak tambahan 2 x 15 menit skor tetap 1-1. Titus Bonai dan kawan-kawan akhirnya harus menyerah dalam adu pinalti. Dan yang lebih menyakitkan adalah kekalahan ini adalah dari tim Malaysia, di kandang sendiri pula. Ini seakan menambah perih kekalahan di final piala AFF tahun lalu.

Kekalahan kali ini memang menyakitkan, khususnya bagi penggemar sepakbola di Indonesia. Tapi semoga para pemain timnas U23 mendapat banyak pelajaran sehingga ketika mereka bermain di level senior nanti bisa lebih baik lagi. Ya walaupun kondisi timnas senior Indonesia sedang berada dalam kondisi yang mengenaskan.

Kembali ke topik pada judul, saya bukan bermaksud mengecilkan arti cabang olahraga lainnya, tapi rasanya gelar juara umum SEA Games ke 26 akan lebih manis dengan kemenangan di cabang sepakbola. Bagaimana menurut anda?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

10 thoughts on “Juara Umum SEA Games Tanpa Medali Emas Sepakbola

  1. menurut sy.. cukup dengan medali emas di sepakbola.. tanpa medali emas dari cabang lainnya akan dirasa seperti juara umum.. :)
    Sebetulnya tidak adil.. toh perjuangan para atlet yg mendapatkan emas lebih patut dihargai.. tapi karena sudah terlanjur menjadi opini publik.. juara umum tanpa emas sepakbola seperti sesuatu yg aneh..

  2. Permainan timnas u-23 sudah mencapai klimaks ketika tampil di semifinal lawan Vetnam. Wajarlah ketika di Final agak menurun (kalau saya lihat sih). Tapi secara permainan dan banyaknya peluang, penampilan kita di final kemarin relatif lebih baik daripada Malaysia.

    Mungkin cuma masalah mental saat menghadapi adu penalti saja yang masih perlu diasah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *