Jangan Terkecoh Jumlah Komentar

Jumlah komentar yang banyak bagi sebagian besar blogger mungkin masih menjadi salah satu tujuan. Banyaknya jumlah komentar mungkin bisa menjadi salah satu ukuran untuk menilai bagus atau tidaknya sebuah blog. Karena umumnya secara logika jika banyak yang komentar berarti banyak yang berkunjung.

Tapi jika suatu ketika anda melihat sebuah blog dimana dalam setiap tulisannya ada begitu banyak komentar, jangan terkecoh dulu. Saya tidak akan menyebut blog lain sebagai contoh, tapi gunakan saja blog saya ini.

Di blog saya ini rata-rata mungkin anda akan menemukan antara 10-20 komentar untuk setiap post. Ada juga yang lebih banyak yaitu 66 komentar, 67 komentar, 80 komentar bahkan 100 komentar. Maaf, bukan bermaksud pamer karena saya yakin blog lain bahkan ada yang terbiasa dengan ratusan komentar di setiap tulisannya.

Kembali pada blog saya ini, walaupun sebenarnya saya juga tidak terlalu terpengaruh pada jumlah komentar tersebut. Tapi saya cuma ingin menegaskan bahwa jumlah komentar tersebut sebenarnya “semu”. Karena sebagian (hampir setengah) dari komentar tersebut adalah komentar saya sendiri.

Jadi, mohon maaf bila masih ada yang terkecoh..

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

36 thoughts to “Jangan Terkecoh Jumlah Komentar”

  1. kebanyakan narablog juga berpendapat demikian Bli, blognya dikur rame atau tidak dilihat dari jumlah komentar yang masuk. Tapi tolok ukurnya bukan disitu, banyak blog-blog para master yang alexanya dibawah 50 ribu tapi komentarnya sedikit..

  2. Pandangannya memang berguna banget mas, terutama buat aku yang pebisnis online. Hanya saja bagi brand secuil komentar pertamax kita tetap dihargai lho. makanya meskipun blog ituh tidak WOW dalam kualitas komentar tapi tetep saja dilirik hebat.

    Masih kuantitas dibanding kualitas komentar itu sendiri :)

  3. Wah makasi banyak mas insightnya :)

    Namun interaksi Bli wira dan setiap pengunjungnya tentu akan sangat penting bukan apalagi jika benar benar memiliki feedback

  4. Saya mau nanya nih Gan,…gimana cara nampilin Top Artikel berdasarkan jumlah pageviews terbanyak,…kan ada tuh di statistik viewer…apakah dimasukin satu persatu??atau ada yng lebih ringkas??semacam auto detect pageviews gitu..

    Blogwalking sambil nambah komen hehehe

  5. iya saya setuju..
    bahkan ada yang ngomong tentang komentar “kentut” [lihat : http://www.blogernas.co.cc]karena mereka ber komentar hannya karena mereka ingin orang lain komentar di blog-nya dll… bahkan ada yang tanpa membaca isi artikel, langsung aja koment “nice post” dll…

    blog walking is fine!! tapi yang terpenting ilmu yang didapat dari kita berjalan-jalan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *