Jalannya Balapan MotoGP Qatar 2010

Pedrosa yang sebelumnya tidak diprediksi tampil kompetitif langsung menyodok ke depan dan memimpin balapan sementara Stoner melorot ke posisi 4 dan Rossi di posisi kedua. Tak sampai 2 lap Stoner akhirnya bisa memimpin balapan dan Pedrosa sedikit demi sedikit melorot jauh ke belakang. Stoner tampaknya begitu dominan.

Tapi di lap ke 6 Stoner terjatuh ketika memimpin balapan. Otomatis Rossi yang berada di posisi kedua kini mempimpin balapan MotoGP Qatar. Diikuti oleh Doviozioso, Hayden, dan Lorezo di posisi ke 4. Stoner yang terjatuh harus rela keluar dan tidak bisa kembali balapan. Ini berarti Stoner gagal mencatat 4 kemenangan beruntun di MotoGP Qatar.

Hingga 11 lap menjelang finish Rossi masih cukup nyaman memimpin balapan. Sementara posisi kedua menjadi rebutan antara Dovizioso dan Hayden. Lorenzo yang berada di posisi ke empat kini coba dikejar oleh rookie tahun ini, Ben Spies. 8 lap menuju finish Dovizioso berhasil lepas dari tekanan Hayden dan kini Dovizioso mencoba membayangi Rossi yang memimpin balapan. Ketika balapan tersisa 6 lap Doviziozo sempat menyalip Rossi di trek lurus sebelum akhirnya Rossi menyalip lagi menjelang tikungan.

5 lap menjelang finish Hayden berhasil memanfaatkan kelengahan Dovizioso dan malah sempat menyalipnya tapi Divizioso berhasil menyalip kembali beberapa tikungan kemudian. Rossi menjauh dan pertarungan kembali antara Hayden dan Dovizioso untuk memperebutkan posisi kedua. Sementara itu Lorenzo terlihat mulai mendekat di belakang Hayden.

Dua lap menjelang finish Lorenzo berhasil menyalip Hayden dan kini berada di posisi ketiga. Lorenzo kini mencoba mengejar Dovizioso dan berhasil menyalipnya, luar biasa. Lap terakhir, pertarungan terjadi antara Lorenzo dan Dovizioso sementara Hayden tetap membuntuti. Di luar dugaan Hayden malah menyalip Dovizioso tapi Dovizioso berhasil menyalip kembali di tikungan terakhir.

Rossi akhirnya menjadi juara MotoGP Qatar diikuti Lorenzo dan Dovizioso. Sementara Stoner terjatuh dan Hayden harus puas di posisi empat tanpa naik podium. Hasil MotoGP Qatar ini tentu sangat memuaskan bagi Rossi dan Lorenzo. Yang paling senang tentu Yamaha karena berhasil menempatkan kedua pembalapnya di podium.

Bagi Dovizioso yang menaiki Honda, hasil MotoGP Qatar ini juga cukup bagus. Dovizioso juga berhasil menyelamatkan muka Honda yang sebelumnya tidak diunggulkan dalam MotoGP Qatar. Dan yang paling kecewa tentu Ducati khususnya Stoner. Mendominasi sejak sesi latihan hingga kualifikasi, Stoner harus terjatuh sendiri ketika mempimpin balapan. Untunglah masih ada Hayden yang tampil bagus di MotoGP Qatar ini mengingat musim lalu Hayden tampil jauh dari memuaskan.

Catatan : Rasanya senang juga melihat tulisan berbahasa Indonesia finish satu dua..

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

14 thoughts to “Jalannya Balapan MotoGP Qatar 2010”

    1. @geblek,
      hehe, kalau olahraga balapan saya lebih suka MotoGP dibanding F1 dan lainnya, karena di MotoGP lebih banyak dipengaruhi skil pembalap dan banyak salip menyalipnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *