Install Plugin Google XML Sitemaps

Salah satu keunggulan menggunakan WordPress sebagai engine blog adalah kemudahan melakukan install plugin. Kita bisa menambahkan plugin yang tersedia begitu banyak di internet dan tentu saja gratis.

Dari 15 Plugin WordPress Terpopuler yang sempat saya tulis sebelumnya, saya kemudian meng-install sebuah plugin lagi di blog saya, plugin tersebut plugin Google XML Sitemaps. Sebenarnya saya sudah mengetahui plugin ini sejak lama walaupun tidak secara detail, tetapi entah mengapa sebelumnya saya belum punya niat menggunakannya. Mungkin karena saya merasa tidak perlu atau tidak tahu manfaatnya.

Berdasarkan deskripsi dari plugin Google XML Sitemaps ini, konon plugin ini akan menciptakan sebuah sitemap XML khusus yang dapat mempermudah search engine seperti Google, Bing, Yahoo dan Ask.com dalam meng-indeks blog kita. Dengan adanya sitemap, search engine akan lebih mudah untuk mendapatkan struktur lengkap blog kita dan melakukan pencatatan dengan lebih efektif.

Berarti plugin Google XML Sitemaps ini berguna dalam hal SEO. Namun untuk melihat efeknya secara detail mungkin agak susah bagi saya. Apakah jika ketika nanti jumlah pengunjung yang datang dari search engine bertambah, maka itu adalah berkat plugin Google XML Sitemaps? Bisa iya bisa tidak karena bagus atau tidaknya posisi artikel kita di SERP (Search Engine Page Result) menurut saya tergantung banyak hal.

Tapi melihat sudah cukup banyak blog yang juga menggunakan plugin Google XML Sitemaps, jadi saya percaya saja. Saya install plugin Google XML Sitemaps di blog ini dan efeknya kita lihat saja nanti.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

8 thoughts to “Install Plugin Google XML Sitemaps”

  1. Kalau tidak salah harus diverfikasi ke masing-masing webdevelopers tools milik Google, Yahoo, Bing etc dan memasukkan alamat sitemap.xml kita di sana (didaftarkan).

    Walau dibilang otomatis, ternyata perlu didaftarkan juga :D

  2. kok plugin xml saya muncul kayak gini maksudnya apa yah ?
    ———————-
    # There was a problem writing your sitemap file. Make sure the file exists and is writable. Learn more
    # There was a problem writing your zipped sitemap file. Make sure the file exists and is writable. Learn more
    ———————-
    gmna benerinnya ?
    minta bantuan dari para dewa SEO :|

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *