Ide Tulisan Dari Posting di Blog Lain

Menulis dan mengelola sebuah blog membutuhkan konsistensi jika tidak ingin disebut blogger musiman atau bahkan gadungan, hehe. Ide tulisan adalah sebuah modal yang sangat berharga. Blogger yang pintar biasanya tidak akan pernah kehabisan ide tulisan untuk di publish di blog mereka, walaupun ide tersebut belum tentu berkualitas. Kita abaikan dulu kualitas sebuah ide tulisan tersebut.

Ide untuk tulisan di blog bisa datang dari mana saja. Ide tulisan bisa dari pengalaman, berita yang sedang hot,atau apapun yang ada di sekitar kita. Ide tulisan di blog juga bisa datang dari posting tulisan blogger lain. Ya, ketika seorang blogger mempublish sebuah tulisan di blog mereka, kita bisa ikut membuat tulisan berdasarkan tulisan mereka. Tentu saja bukan copy paste dari tulisan mereka.

Kita bisa mengembangkan, menambahkan, menyanggah apa yang di tulis oleh blogger lain. Tentunya tetap dengan etika yang baik. Saya sudah beberapa kali menggunakan cara ini untuk membuat tulisan di blog. Ide untuk tulisan saya dapatkan dari tulisan di blog orang lain. Tulisan berikut ini contohnya :

Bagaimana dengan anda, apakah anda pernah mendapat ide tulisan dari posting orang lain? Jika belum, coba diingat-ingat lagi, apakah anda pernah ketika blogwalking meninggalkan komentar yang panjang dan serius? Jika iya, itu mungkin bisa dikembangkan menjadi sebuah tulisan untuk blog anda sendiri.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

33 thoughts to “Ide Tulisan Dari Posting di Blog Lain”

  1. Sepertinya aku juga pernah tapi lupa pas dipostingan yang mana :? tapi yang jelas dan sangat penting tidak copy paste :lol: . ide boleh sama tapi dalam redaksionalnya pasti berbeda.

  2. Saya beberapa kali pernah dapat ide dari postingan di blog lain. Kalau dari komentar sendiri yang agak panjang juga pernah sih. Dari komentar bloggger lain juga pernah. Pokoknya gimana biar bisa jadi tulisan saja deh.

  3. Hmmm.., kayanya saya pernah menulis di blog karena terinspirasi tulisan teman di blognya. Seperti tentang memperlakukan anak secara hukum yang terinspirasi dari Tulank, atau tempat nongkrong di waktu malam di Denpasar yang terinspirasi Muhajir.

    Menulis komentar panjang dan serius di blog orang pun pernah. Hehe..

  4. Saya sering terinspirasi dari tulisan orang lain, atau bahkan dari percakapan orang lain yang tak sengaja tertangkap saat menumpang minibus :D

    Jadi ide bisa mengalir dari apa yang kehidupan ini tuliskan dalam perjalanan kita sehari-hari (aih…, apa saya tampak keren?) :lol:
    .-= Cahya´s last blog ..Wallpaper Juggler untuk Windows =-.

  5. Saat ini dlm mengembangkan topik tulisan lebih banyak dari pengamatan pribadi dan pengalaman teman2. Cara dg menganalisa blog lain akan dicoba. Terimakasih telah berkenan Berbagi Kata Bersama…

    1. @Epenkah,
      menurut saya copy paste sebaiknya dihindari dalam dunia blog karena tidak bagus dari sisi SEO dan etika, kalau terpaksa sebaiknya cantumkan link sumbernya :-)

  6. Yup, dengan mengamati blog lain memang bisa melahirkan ide untuk membuat postingan. Sayangnya dari sekian banyak artikel, saya hanya menerapkannya beberapa kali saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *