Honda Masih Berjaya

May 20th, 2013 by imadewira Leave a reply »
Dani-Pedrosa-MotoGP-Le-Mans-2013

Pedrosa merayakan kemenangan di Le Mans

Hasil MotoGP Le Mans kembali mengukuhkan Honda sebagai pemenang dan mendominasi podium. Dani Pedrosa yang merupakan pembalap tim Repsol Honda keluar sebagai pemenang, diikuti oleh Cal Crutchlow dan Marc Marquez. Hasil ini cukup di luar dugaan mengingat Pedrosa hanya start dari urutan ke 6 setelah sempat terjatuh di sesi kualifikasi. Tetapi balapan yang berlangsung dalam kondisi basah (wet race) membuat hasilnya sulit diprediksi.

Pedrosa mengawali start dengan cukup baik sehingga langsung bisa berada di rombongan terdepan di belakang Dovizioso dan Lorenzo. Setelah berhasil menyalip Lorenzo, Pedrosa berkali-kali terlibat duel seru melawan Dovizioso yang mengendarai Ducati. Ducati rupanya masih cukup kuat dalam kondisi balapan basah seperti ketika Rossi masih disana. Sekitar setengah balapan Pedrosa dan Dovizioso saling salip namun akhirnya Pedrosa bisa lepas dan finish terdepan. Sementara itu Dovizioso malah melorot dan hanya berhasil finish ke 4, padahal Dovizioso berpeluang besar naik podium bersama Ducati di musim pertamanya.

Lorenzo yang di awal-awal balapan sempat bersaing di depan tiba-tiba saja seperti kehilangan kecepatan. Lorenzo terus disalip oleh beberapa pembalap-pembalap di belakangnya. Lorenzo akhirnya hanya finish di posisi ke 7. Ini adalah hasil terburuk Lorenzo ketika berhasil menyelesaikan balapan dalam beberapa musim terakhir. Biasanya Lorenzo hampir selalu minimal naik podium.

Hasil buruk juga diraih oleh rekan setim Lorenzo, Valentino Rossi. Di awal-awal lap Rossi juga tampil baik bahkan sempat berada di posisi ke 3, tetapi di sebuah tikungan Rossi terpeleset dan terjatuh. Masih beruntung Rossi bisa kembali menunggangi motornya dan kembali ke lintasan. Rossi pada akhirnya bisa menyelesaikan balapan dan finish di posisi ke 12.

Hasil Lorenzo dan Rossi benar-benar pukulan telak bagi Yamaha. Setelah di seri pertama Yamaha finish 1-2, di seri kedua dan ketiga giliran Honda yang finish 1-2. Dan kali ini di seri ke empat, tim utama Yamaha malah gagal menempatkan pembalapnya di podium. Untunglah masih ada Cal Cruthlow yang menyelamatkan muka Yamaha. Cal Cruthlow berhasil menjadi runner up yang sekaligus merupakan hasil terbaik yang pernah diraihnya.

Yang tampil mencengangkan tentu saja Marc Marquez, walaupun hanya mampu finish di podium ketiga tetapi penampilan Marquez tetap mengundang decak kagum karena di awal-awal balapan Marquez berada jauh di belakang. Marquez juga sempat tampak melebar keluar lintasan, tetapi beberapa lap menjelang finish seperti tiba-tiba saja Marquez sudah berada di posisi ke 4 di belakang Dovizioso. Bahkan sebenarnya jika berandai-andai balapan ditambah 1 atau 2 lap lagi mungkin Marquez akan finish runner up atau bahkan juara.

Kesimpulan hasil balapan Le Mans ini, Honda masih mendominasi sedangkan Yamaha makin terpuruk. Yamaha membutuhkan langkah cepat jika tidak ingin gelar juara dunia kembali ke tangan Honda. Sedangkan bagi Ducati, hasil balapan Le Mans cukup memuaskan walaupun Dovizioso gagal finish, tetapi Dovizioso berhasil di posisi 4 dan sempat merepotkan Pedrosa, apalagi Hayden juga tampak stabil dan finish di urutan ke 5.

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

2 comments

  1. yudi says:

    kalo balapan tetap basah seperti di awal maka prediksi saya podium urutannya bakal dani,dovi, crutchlow/rossi.

    marquez terbantu kondisi yang mengering sehingga lancar di akhir dan sepertinya motor dia disetting tidak utk kondisi full wet, terlihat sangat belepotan pas basah tapi lancar jaya pas lintasan mulai mengering. good job honda.

    jagoan tiyange ngelengsot di tikungan, kanggoang no roras :mrgreen:

Leave a Reply

CommentLuv badge