Hidup Tak Pernah Lebih Mudah

November 10th, 2010 by I Gusti Agung Made Wirautama Leave a reply »

Pagi hari ketika membuka mata, kita selalu berharap, bahwa hari ini akan lebih baik dari kemarin. Malam harinya ketika mengakhiri hari sebelum memejamkan mata kita berharap agar hari besok lebih baik dari hari ini. Harapan dan tentu diiringi dengan doa kepada “Yang Berwenang” yang konon berada diatas sehingga kita sebut “Yang Diatas”.

Tapi apa yang kita alami setiap hari, apakah hari selanjutnya selalu lebih baik dari hari sebelumnya? Apakah keadaan selalu semakin baik? Tentu saja tidak, setidaknya itu yang mungkin kita rasakan. Terkadang keluhan muncul mulut kita yang kotor, sesekali mungkin diiringi dengan umpatan yang walaupun tidak terdengar oleh orang lain tetapi “Yang Maha Mendengar” pasti mendengarnya.

Kita mungkin lupa, bahwa “Hidup Tak Pernah Lebih Mudah”. Hidup selalu lebih sulit, dari hari ke hari cobaan dan masalah yang datang selalu lebih besar. Tapi apakah itu membuat kita semakin lemah dan kehabisan tenaga? Tentu saja tidak, masalah yang datang selalu membuat kita semakin kuat. Membuat hidup ini terasa lebih bermakna, mereka yang lebih bijak mengatakan, dengan berbagai masalah dan cobaan yang terlewati membuat hidup ini lebih berkualitas.

Hidup Tak Pernah Lebih Mudah..

Dulu, sewaktu kita masih kecil mungkin untuk membeli permen saja terasa sulit, harus minta uang kepada orang tua. Kini membeli pakaian sendiri pun sudah terasa mudah. Tetapi yang lebih sulit datang lagi, kita harus bisa membeli kendaraan sendiri. Sekarang terasa sulit dan suatu saat nanti pasti akan terasa mudah.

Dari hari ke hari, kita menghadapi berbagai masalah yang semakin lama semakin beragam dan semakin besar. Jadi jangan pernah berharap bahwa besok tak akan ada masalah yang datang. Bahkan yang lebih besar akan datang, karena hidup tak pernah lebih mudah. Jadi jangan anggap itu sebuah masalah tapi sebuah kewajiban yang harus dikerjakan, karena hanya dengan begitu kita bisa “melepaskan diri” dari setiap masalah.

Jadi, sudah siapkan anda menghadapi masalah hari ini?

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

18 comments

  1. Huang says:

    siap!!
    eh udah makan belum bli wira? :D

  2. Hari Mulya says:

    kodrat manusia, tak pernah merasa puas..
    makin hari makin banyak keinginan, jadi hidup tak pernah lebih mudah..

    saLam dari Purbalingga…
    Hari Mulya´s last blog post ..Garasi Rengganiz

  3. tary-ssi says:

    hidup memang tak pernah lebih mudah, namun jika dibiasakan mensyukuri hal-hal kecil yang kita dapatkan di hari ini… semua akan terasa lebih mudah.
    tary-ssi´s last blog post ..Purnama

  4. Cahya says:

    Saya kira karena sudah ada di batas paling mudah dari semua kemudahan, maka kita tidak bisa dapat yang lebih mudah lagi. Tapi kita suka mempersulitnya.

    Sudah bisa bebas bernapas, eh kitanya yang buat polusi dan merusak kesehatan dengan asap rokok serta menebangi paru-paru dunia. Nah, sudah dikasih mudah, maunya susah sih.

  5. aldy says:

    Tantangan semakin hari semakin banyak. Dan itu walaupun mudah, karena banyak maka terasa sulit.

  6. Sebenarnya, manusialah yang membuat hidup itu menjadi sulit. Karena hasrat dan keinginannya yang tidak pernah “terpuaskan”, manusia selalu dan selalu berusaha untuk mengejar apa yang belum tercapai dalam hidupnya sehingga manusia sering merasa terbebani oleh hasrat dan keinginan tersebut. Bukankah iwan fals dalam syair lagunya mengatakan “keinginan adalah sumber penderitaan”.

    Hidup itu sebenarnya mudah jika manusia sudah merasa cukup dengan apa yang telah dianugerahkan Tuhan kepdanya dan ia selalu bersyukur.
    Lalu Abdul Aziz Mhd´s last blog post ..Kilas Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia

  7. wiradynamic says:

    Masalah selalu ada dan akan bertambah kompleks seiring bertambahnya pengalaman dan kedewasaan kita..
    Sangat manusiawi manusia tak akan puas, karena manusia belum sempurna dan manusia menginginkan kesempurnaan itu..
    Kadang sikap seperti itu merupakan bagian dari proses, terlepas dari baik buruknya, untuk mengetahui, mencari, dan mendapatkan kesempurnaan itu..
    :)
    wiradynamic´s last blog post ..Paham Idealisme

  8. Iya memang betul apa kata anda. Semakin hari memang hidup ini terasa semakin berat. Tapi, sebenaarnya kita bisa membuatnya lebih ringan. Cuma kita saja yang kadang ndak menyadari bahwa kita mempersulit hidup ini.

    Apalagi saya. Selalu merasa bahwa hidup ini gampang, tapi ternyata malah tambah sulit. Hehe!

  9. karena sudah tertulis bahwa manusia diciptakan dalam keadaan berkeluh kesah, maka tidak heran kalau kita selalu merasa tidak puas.dan sudah digariskan pula bahwa manusia kalau mengikuti hawa nafsunya maka andaikan dia memiliki satu jurang berisi harta maka dia pasti akan mencari jurang yang kedua. baru dia berhenti jika sudah ditutup dengan tanah….
    tapi kita harus ingat bahwa setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati, dan kelak di hari akhir semua amalan kita akan diperhitungkan,sesungguhnya kenikmatan dunia adalah kenikmatan yang menipu, karena kesenangan yang sesungguhnya adalah kalau kita berhasil diselamatkan dari azab dan dimasukan ke dalam surga, ke dalam nikmat yang kekal…

  10. betul mas, hidup itu dari hari ke hari memang beragam. Mudah hari ini belum tentu mudah hari esok, begitu juga sebaliknya. Sbg manusia, kita harus sering2 bersyukur dan menjadikan segala sesuatu yg pernah terjadi dlm hidup ini sbg pemicu semangat untuk kedepan yg lebih baik…

  11. Yang penting terus kita syukuri saja.. masalah hari ini cukup untuk hari ini.. hari esok biarkan datang:)
    lowongan kerja´s last blog post ..GE Vacancy Market Development Manager in Balikpapan

  12. yudi3d says:

    hidup itu seperti roda berputar kadang2 diatas, kadang2 di bwh , kadang gembira, kadang sedih.. tinggal bagaimana cara menyikapi di setiap keadaan dengan hati dan nalar kita…

Leave a Reply

CommentLuv badge