Hati-Hati Komentar Spam Gaya Baru

Beberapa hari blog ini tidak sempat saya update, hari ini ketika masuk ke dashboard saya menemukan lebih dari 100 komentar di kotak spam. Memang biasanya rata-rata 10 komentar tertangkap sebagai komentar spam oleh akismet yang memang saya andalkan untuk menangkal serangan komentar spam.

Dulu saya memang pernah menemukan komentar spam bahasa Indonesia, tapi itu hanya satu dua saja dan sudah lama tidak muncul lagi. Tapi hari ini ketika mengecek daftar komentar spam, saya menemukan banyak komentar bahasa Indonesia yang dianggap spam oleh akismet. Memang biasanya akismet terkadang salah tangkap, tapi jumlahnya sangat jarang, sehingga hari ini saya sedikit curiga.

Tetapi melihat gaya bahasa dalam komentar tersebut, saya hampir yakin itu bukan komentar spam. Tetapi kemudian setelah melihat beberapa komentar spam yang lainnya, saya merasa ada yang aneh. Saya merasa sudah pernah menerima komentar tersebut dan memberikan tanggapan. Setelah saya cek, ternyata ada cukup banyak komentar seperti itu. Spammer sepertinya meng-copy-paste komentar sebelumnya dan mengganti nama, email dan url-nya. Hampir saja saya tertipu.

Klik pada gambar untuk memperbesar. Catatan : saya sebut gaya baru karena saya baru mengalaminya. Jadi, waspadalah.. waspadalah… hehe

Apakah anda pernah menerima komentar spam seperti ini?

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

39 thoughts on “Hati-Hati Komentar Spam Gaya Baru

  1. Sayangnya ga pernah Bli :D
    Sejak pakai wp-spamfree, saya sudah bilang goodbye sama spam, ha ha… ga enak hati juga nendang akismet dari blog, apa boleh buat saya tidak memang orangnya kejam :lol:

    Mungkin blog ini sama kasusnya dengan blog-nya Mbak Nunik… :)
    .-= Cahya´s last blog ..Blok Blog Spam Dengan Kata Kunci =-.

      1. @imadewira,

        Tampaknya mereka selalu mengganti alamat surel dan IP-nya secara manual. Dan ciri-cirinya mereka akan mematikan cookies.

        Kalau di WP-spamfree, sistem seperti ini sudah ditanggulangi rasanya, tapi akismet perlu tambahan plugin seperti cookies for comment misalnya.
        .-= Cahya´s last blog ..Another Night’s Faces =-.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *