Hasil Balapan MotoGP Jerez Spanyol

May 2nd, 2010 by I Gusti Agung Made Wirautama Leave a reply »

Hasil balapan MotoGP Spanyol pada MotoGP seri kedua di sirkut Jerez tidak jauh dari prediksi sebelumnya, dimana Pedrosa dan Lorenzo yang notabene adalap pembalap tuan rumah akan tampil maksimal di balapan MotoGP Spanyol yang merupakan negara mereka sendiri. Pedrosa dan Lorenzo juga berhasil start dari posisi pertama dan kedua.

Selepas start Rossi yang memulai balapan MotoGP Spanyol dari posisi ke empat langsung merangsek ke posisi dua mengikuti Pedrosa yang melakukan start dengan sempurna. Beberapa lap berjalan Hayden yang di seri pertama di Qatar tampil mengesankan kembali menunjukkan konsistensi dengan berada di posisi 3 sementara di belakangnya ada Lorenzo dan Stoner.

Pedrosa dan Rossi mulai menjauh di depan, Rossi tampak berusaha tetap menjaga jarak dengan Pedrosa yang terlihat begitu lihai karena tampil di negaranya sendiri. Sementara Hayden berusaha melepaskan diri dari kejaran Lorenzo. Balapan masih menyisakan 19 lap dimana terjadi persaingan sengit antara Hayden dan Lorenzo yang memperebutkan posisi ketiga, sementara Rossi mulai kewalahan mengejar Pedrosa.

Satu lap kemudian Lorenzo berhasil menyalip Hayden di sebuah tikungan ketika Hayden melakukan kesalahan kecil. Lorenzo kini berada di posisi 3, Rossi yang berada didepannya sepertinya masih jauh tetapi bukan tidak mungkin untuk dikejar. Sampai disini Pedrosa masih nyaman memimpin balapan, belum ada tanda-tanda Rossi apalagi Lorenzo akan mengancam.

Di lap ke 12 Lorenzo mulai menjauh dari Hayden dan mulai ada tanda akan mendekati Rossi di posisi kedua, Rossi sudah semakin menjauh dari Pedrosa yang memimpin balapan. Satu lap kemudian jarak antara 4 pembalap di depan hampir sama, Pedrosa, Rossi, Lorenzo dan Hayden.

Lap ke 19 atau 8 lap menuju finish Lorenzo mulai mampu mendekati Rossi, jarak antara keduanya mulai menipis bahkan kurang dari 1 detik. Dua lap kemudian Lorenzo sudah benar-benar berada di belakang Rossi dan bersiap untuk menyalipnya. Lorenzo terus menguntit dan akhirnya 6 lap menjelang finish Lorenzo berhasil menyalip Rossi di sebuah tikungan.

Lorenzo kini mengalihkan targetnya pada Pedrosa yang menjadi pemimpin balapan. Apakah kejadian di Qatar akan terulang ketika Lorenzo tampil mengejutkan di akhir-akhir balapan? Lima lap tersisa untuk Lorenzo dimana Pedrosa berada cukup jauh yaitu 2 detik di depannya. Dalam 1 putaran Lorenzo berhasil menipiskan jarak 0,5 detik. Empat putaran tersisa, Lorenzo semakin dekat walaupun belum cukup dekat yaitu 1,4 detik di belakang Pedrosa.

Satu lap kemudian, jarak Lorenzo kini hanya 0,4 detik di belakang Pedrosa, balapan semakin mendebarkan! Lorenzo kini tepat berada di belakang Pedrosa, kedua bahkan hampir bersenggolan. Last lap! Lorenzo terus menekan Pedrosa hingga Pedrosa membuat kesalahan dan melebar sehingga Lorenzo dengan leluasa menyalip dan memimpin balapan hingga finish. Lorenzo akhirnya menang! Luar biasa!

Pembalap tuan rumah, Lorenzo dan Pedrosa akhirnya finish satu dua di balapan MotoGP Spanyol, sementara Rossi hanya mampu finish ketiga. Hasil balapan MotoGP Spanyol ini tidak terlalu buruk buat Rossi, setidaknya dia masih mampu naik podium. Bagi Lorenzo, hasil balapan ini tentu hebat sekali, sudah dua seri berturut-turut Lorenzo tampil menakjubkan.

Pembalap Ducati, Hayden juga layak diacungkan jempol dimana dia berhasil unggul dari Stoner yang menjadi pembalap utama Ducati, Stoner hanya mampu finish di posisi kelima. Bagi tim Yamaha, mereka tentu senang karena dua pembalap utama mereka yaitu Lorenzo dan Rossi berada di podium balapan MotoGP Spanyol.

MotoGP selanjutnya akan digelar tanggal 23 Mei mendatang di sirkuit Le Mans, Prancis. Untuk lebih jelas, silahkan lihat Jadwal Lengkap MotoGP 2010.

Baca Juga:

Ingin berlangganan artikel dari blog ini?

Ya, setiap artikel di blog ini akan dikirimkan secara gratis ke email anda. Cukup masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini :


Jangan lupa, cek email anda lalu klik link aktivasi yang dikirimkan ke email anda.

8 comments

  1. budiastawa says:

    Saya ngeri tadi lihat pas mereka berjatuhan di awal balapan…. untungnya ga ada yg cedera …

  2. Motogp mania says:

    Bner2 gila lorenzo,ga sia2 gw nonton.Puass

  3. Motogp mania says:

    Gila bner lorenzo.4 juara dunia ditaklukkan dgn fantastis.Salut.

  4. Lorenzo gila di kandangnya sendiri. Tapi ndak apa-apa, lain kali pasti Rossi pole position dan juara. Btw, seri selanjutnya di mana ya? :)

Leave a Reply

CommentLuv badge