Gusi Saya Bengkak

Sudah sejak sekitar 4 hari yang lalu gusi saya bengkak, walaupun tidak terlalu parah tapi rasanya tetap tidak nyaman. Gusi saya bengkak di bagian paling belakang rahang kanan bawah. Ini bukan pertama kalinya gusi ini bengkak, sudah sekitar 3 kali sejak beberapa tahun lalu. Pertama kali gusi saya bengkak seperti ini adalah ketika saya masih kuliah di Surabaya.

Pada waktu itu saya sempat ke dokter dan dokter menjelaskan bahwa gigi geraham saya yang paling belakang sebagian tertutup oleh gusi. Jadi ketika menggosok gigi, terkadang bagian yang tertutup gusi ini susah dibersihkan, jadi ketika ada sisa makanan yang tertinggal akan menjadi kuman. Dan gusi pun akan meradang sampai bengkak. Kata dokter banyak orang asia termasuk Indonesia yang mengalami hal seperti saya.

Waktu itu dokter menyarankan untuk operasi dengan biaya 500 ribu, tetapi saya tidak mau karena terasa mahal untuk saya yang cuma anak kost. Akhirnya ayah menyarankan saya berkumur dengan air daun sirih setiap selesai gosok gigi. Beberapa hari kemudian bengkak pada gusi saya mulai membaik dan sembuh.

Untuk saat ini, bengkak pada gusi saya sepertinya sudah mulai membaik, sementara saya rutin berkumur dengan obat kumur dulu. Semoga saja bengkak ini segera hilang.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

41 thoughts on “Gusi Saya Bengkak

  1. Wah, pasti ga nyaman sekali. Saya sih belum pernah mengalami yang namanya sakit gigi atau gusi (kalau cabut gigi pun ga begitu sakit).

    Di Bali biasanya selain kumur daun sirih dikasih minum loloh don kayu manis kata orang tua :)

  2. Kumur dengan air garam+air hangat, bisa sedikit mengurangi, tetapi tidak menyembuhkan.
    Solusi terbaik, datangi dokter gigi…bukan dukun gigi :lol:

  3. Pertamax : Kurangi makanan yang mengandung bau amis pak.
    Keduax : Teratur gosok gigi, terutama akan tidur.
    Ketigax : Cobalah diberi odol jika terasa sakit.
    Atawa
    Keempax : Seringlah berkumur dengan air garam, karena pada prinsipnya pembunuh kuman itu adalah garam.
    Kelimax : Semuga sembuh pak. Kalau masih kurang jitu, silakan lihat TPI Sabtu, Minggu pagi pk. 05 – 06.00, “Mengobati penyakit tanpa obat”, menurut ustadz Danu dari Yogya itu, pada prinsipnya penyakit kita bukan karena makanan, melainkan karena perilaku.
    Semuga membantu pak. Tamba teka lara lunga. :lol:

  4. geraham belakang saya, 3 tahun lalu jg bermasalah. arah tumbuhnya nggak normal. klo sedang kumat, sakitnya minta ampun. sembuhnya ya mmg harus dioperasi…
    **mahal bangets!!

  5. msh brlaku ga ya ngomentnya..??
    soalnya..
    saya jg mengalami seperti pa imadewira..
    gusi bawah kanan bengkak..terasa nyut-nyutan…pipi kanan bawah jg ikt mebesar..

    tp stlah saya mencoba tips dr pak wandi thok..
    rasa sakit saya berkurang…dan dalam wktu 2 hri gusi saya yang bengkak telah normal kembali..
    terimakasih pak wandi..
    terimakasih semuanya..

  6. salam kenal teman2… saya juga sekarang ini mengalami gusi bengkak sperti teman kita @jabol..pipi saya juga ikut membengkak…saya mau tau bagaimana cara kumur dengan air sirih itu.. apak sirih itu sekadar direndam di dalam air kemudian dikumur atau bagaimana…terima kasih..

  7. Waduh namanya sakit gigi udh gk bs di ungkit2 lg soalnya gk bs makan yg enak apalagi sampai gusi bengkak udh pengen nangis trs dri pagi ampe mlm tdk berhenti-henti sakitnya yg di alami sy skrg ini………katanya di lagu lebih baik sakit gigi daripada sakit hati tp ternyata sakit gigi lebih parah sakitnya waduh minta ampuuunn…………

  8. Kalau mau sekarang anakku lagi mencari pasien utk mengambil gigi yang tertutup gusi. Bisa hubungi kami baik email maupun HPku 08122719014. Biaya gratis bahkan kami menyediakan biaya utk uang saku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *