Gus Dur Wafat : Selamat Jalan Gus..

Selamat jalan Gus Dur..

Hanya itu mungkin kalimat yang bisa kita ucapkan di penghujung tahun 2009 ini, Gus Dur telah wafat, Indonesia berduka. Kabar Gus Dur wafat pertama kali saya dengar dari Ajik (ayah) saya yang kebetulan menonton tvOne dari tadi sore. Saya pun sedikit kaget walaupun sebelumnya saya sudah membaca berita tentang Gus Dur yang sedang sakit dan hingga harus masuk rumah sakit.

Saya memang tidak terlalu banyak tahu secara detail tentang seperti apa Gus Dur selain Gus Dur adalah salah satu mantan Presiden Republik Indonesia yang bahkan tidak genap memimpin bangsa ini hingga 5 tahun karena akhirnya harus meninggalkan istana presiden.

Tetapi satu hal yang membuat saya kagum pada Gus Dur adalah karena Gus Dur salah satu tokoh bangsa yang sangat menghargai perbedaan khususnya dalam hal-hal yang cukup sensitif seperti agama. Setahu saya, Gus Dur sangat menghormati dan menjunjung tinggi pluralisme.

Selamat jalan Gus Dur…

Gambar dari : http://kepakgaruda.wordpress.com

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

29 thoughts to “Gus Dur Wafat : Selamat Jalan Gus..”

  1. (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!

    Alamendah’s Blog turut mengucapkan berbela sungkawa atas meninggalnya guru bangsa; Gus Dur. Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah swt. Amien

  2. Kebetulan, kemarin siang saya mengambil gambar patung polisi (Lihat, Coba Tebak, Siapakah Namanya?). Setelah mendengar berita duka kemarin sore, saya jadi teringat salah satu guyonan yang dilemparkan oleh Gusdur. Beliau pernah mengatakan, “Polisi yang baik itu cuma tiga; Pak Hugeng almarhum bekas Kapolri, patung polisi dan polisi tidur”. Mungkin karena patung polisi, seperti yang saya potret senantiasa memberi hormat (Lihat humor Gusdur yang lain di Media Indonesia, Humor-Humor Gusdur).

    Selamat jalan Gusdur, jasa-jasamu untuk bangsa dan negara ini senantiasa dikenang. Kami berterima kasih untuk pengabdian dan guyonan-guyonanmu.

    ***Winarto’s Hermitage Abode***
    .-= Winarto´s last blog ..Bendera Setengah Tiang =-.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *