Google Reader Ditutup? Blogwalking Pakai Apa Donk?

Google Reader

Pada umumnya setiap blogger melakukan kegiatan blogwalking secara berkala, termasuk saya. Selama ini walaupun tidak ke banyak blog tetapi beberapa blog saya kunjungi secara rutin ketika saya memiliki waktu. Dan selama ini kegiatan blogwalking saya bisa dikatakan sangat ketergantungan pada layanan Google Reader. Saya rasa hampir semua blogger mengenal Google Reader bahkan menggunakannya seperti saya.

Alasan saya menggunakan Googler Reader adalah untuk mendapatkan feed (katakanlah semacam notifikasi) untuk setiap tulisan dari setiap blog yang sudah saya daftarkan di Google Reader saya. Jadi saya tidak perlu melakukan cara lama seperti saat baru awal mengenal dunia blog dulu yaitu dengan cara mengunjungi satu persatu daftar blogroll saya. Cara lama itu tentu tidak efisien untuk blogwalking karena bisa saja ada beberapa blog yang saya kunjungi ternyata belum memiliki tulisan baru, dan sebaliknya ada juga blog yang baru kemarin saya kunjungi ternyata sudah mempublish beberapa tulisan baru.

Dengan menggunakan layanan Google Reader saya tidak perlu blogwalking ke sebuah blog jika tidak ada tulisan baru. Saya juga bisa memilih tulisan mana saja yang ingin saya kunjungi berdasarkan judul tulisannya, ini biasanya untuk blog yang menerbitkan relatif banyak tulisan sehingga kadang saya memilih-milih dulu mana yang akan saya kunjungi. Jadi intinya selama ini saya merasa Google Reader sangat bagus untuk membantu blogwalking, apalagi setelah menggunakan ponsel Android dimana saya bisa menginstall aplikasi Googler Reader di ponsel, jadi semakin ketergantungan pada Google Reader.

Nah, masalahnya sekarang, beberapa waktu yang lalu setelah login ke Google Reader saya mendapat notifikasi bahwa layanan Google Reader akan ditutup. Saya cukup kaget, cukup bingung juga kenapa Google memutuskan untuk menutup layanan Google Reader. Untungnya tidak langsung ditutup saat itu juga dan saya masih bisa menggunakan Google Reader sampai saat ini. Kalau tidak salah ditutupnya nanti sekitar bulan Juni (atau bulan Juli, saya lupa).

Pertanyaannya sekarang, kira-kira layanan apa yang bisa saya gunakan untuk blogwalking seperti layanan Google Reader? Kalau ada yang juga memiliki aplikasi yang bisa diinstall dan digunakan untuk ponsel Android, tentunya yang gratisan juga.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

8 thoughts on “Google Reader Ditutup? Blogwalking Pakai Apa Donk?

    1. @DV : baiklah mas, hari ini saya sudah coba Feedly baik di Chrome di PC dan juga di ponsel di android. Cuma sepertinya kok masih ada hubungannya dengan Google Reader ya.

  1. Wah, kasian juga ya masyarakat dunia. Soalnya Google Reader gampang di gunain……
    Yah kita tunggu aja dan berdoa juga biar layanan penggantinya lebih bagus…….
    Aminnnn………

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *