Google Adsense Bisa di Blog Bahasa Indonesia

Tujuan utama saya ngeblog sebenarnya bukanlah untuk mendatangkan atau mencari uang. Tujuan utama saya ngeblog hanya sekedar hobi dan pengisi waktu serta tempat untuk mencurahkan sebagian isi pikiran dalam bentuk tertulis dan bisa dibaca oleh orang lain. Maka dari itulah saya tidak terlalu “bernafsu” untuk mendatangkan uang dari blog saya ini.

Namun sebagai manusia saya tentu juga ingin mencoba mencari uang atau biasa dikatakan recehan dari aktivitas ngeblog. Dan pada awalnya saya sudah menyadari sepenuhnya bahwa mencari uang dari aktivitas ngeblog itu tidak mudah, sama sekali tidak mudah. Maka dari itu pula saya tidak terlalu banyak berharap.

Ada cukup banyak cara untuk mendatangkan uang dari aktivitas ngeblog, saya rasa anda yang punya blog sudah cukup tahu tentang cara-cara mendatangkan uang tersebut. Salah satunya adalah dengan iklan PPC (Pay Per Click), benar ya begitu kepanjangannya?

Iklan PPC yang paling terkenal tentu saja Google Adsense. Saya sudah pernah mencobanya mulai sekitar tahun 2008 yang lalu. Saya mendaftar di Google Adsense dan menampilkan iklan Google Adsense di blog saya. Waktu itu saya masih ngeblog di wirautama.net. Cuma sayangnya pada waktu itu kendala utama saya adalah bahasa.

Jadi agar iklan Google Adsense bisa muncul di blog kita, salah satu syaratnya adalah blog kita harus berbahasa yang diijinkan oleh Google Adsense, salah satunya bahasa Inggris, tapi bahasa Indonesia belum bisa. Jadi untuk tulisan yang berbahasa Indonesia, iklan Google Adsensen tidak mau muncul, walaupun mau muncul biasanya hanya untuk sementara.

Karena kemampuan bahasa Inggris saya tidak seberapa, waktu itu saya memaksakan diri untuk menulis di blog dengan bahasa Inggris dengan bantuan Google Translate. Sudah terkumpul sekitar 20 dollar pada waktu itu dan saya memutuskan untuk menyerah. Saya tidak lagi menampilkan Google Adsense di blog. Sebagai gantinya saya sempat mencoba yang layanan dari Indonesia yaitu KlikSaya. Saya berhasil, hasilnya memang recehan, tercatat 2 kali saya menerima transfer uang hasil dari KlikSaya.

Nah, beberapa waktu lalu sebuah kabar bagus saya baca di salah satu blog yang biasa saya kunjungi. Tulisan Google Adsense Resmi Support Bahasa Indonesia ini membuat saya kembali ingin mencoba melanjutkan lagi menampilkan iklan Google Adsense di blog ini. Saya coba dan ternyata memang bisa. Jadi mulai beberapa hari yang lalu blog ini menampilkan Google Adsense, iklan dari KlikSaya saya hilangkan agar blog ini tidak terlalu dipenuhi iklan.

Untuk kawan-kawan yang sering berkunjung kesini, saya mohon maaf jika tampilan iklan itu mungkin sedikit mengganggu, ya mohon dimaklumi :-)

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

26 thoughts to “Google Adsense Bisa di Blog Bahasa Indonesia”

  1. Saya sih ndak pernah keberatan dengan iklan, Bli kecuali kalau orientasi blogger berubah total demi duit iklan..

    Tapi kamu blogger yang baik, tulisanmu selalu berbobot.. so, it’s ok :)

  2. Ngeblog sambil cari duit tak masalah sih Bli… selama tak mengganggu pembaca hahahaa…
    huaduh tapi itu benar sih. Kalau isi blog jadi iklan semua, terus terang saya pun jadi males….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *