Ganti Theme Blog WordPress

Di awal kelahiran blog ini, saya memutuskan untuk menggunakan theme Septembre. Padahal sebelumnya saya sebenarnya sudah merasa cocok dengan theme Prosumer. Tetapi karena ini blog baru, jadi saya mengharuskan diri menggunakan theme selain Prosumer, maka dari itulah saya memilih Septembre karya Nurudin Jauhari.

Setelah beberapa hari menggunakan theme Septembre, ternyata saya kurang puas juga, karena theme Septembre ini belum support untuk Thread Comment bawaan WordPress (saya tahu setelah menanyakan langsung pada mas Nurudin Jauhari), jadi saya harus menggunakan plugin WordPress Thread Comment. Tetapi jika menggunakan plugin WordPress Thread Comment, saya curiga plugin inilah yang menjadi penyebab blog error kekurangan memory seperti yang pernah saya alami di blog saya sebelumnya. Di samping itu saya memang ingin menggunakan Thread Comment bawaan WordPress.

Selain itu, theme Septembre ini juga sedikit aneh, yaitu ketika saya menyisipkan gambar pada post, hasilnya gambar itu menjadi tidak sesuai aslinya, jadi sedikit melebar atau menyempit. Jadi keinginan saya sudah bulat untuk sementara mengganti theme lagi, padahal sebenarnya saya malas untuk ganti theme.

Memilih theme wordpress yang sesuai dengan keinginan saya ternyata cukup sulit. Saya bahkan menghabiskan waktu seharian untuk memilih-milih theme untuk blog wordpress ini. Dan akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada theme Element of SEO, walaupun tetap saja theme Element of SEO ini belum support untuk Thread Comment bawaan WordPress, tidak apa-apa yang penting sayta ganti theme dulu.

Setelah mengganti theme Septembre dengan Element of SEO, dengan terpaksa serta kemampuan terbatas saya melakukan sedikit editing pada CSS theme ini agar sesuai dengan keinginan saya. Perubahan yang saya lakukan adalah : mengubah font pada post (content) dan font sidebar, mengubah ukuran font pada comment, sedikit editing CSS untuk image pada post yaitu menambahkan border dan menghilangkan “float : left” dan terakhir tentu saja mengganti gambar pada header. Sebenarnya saya ingin mengubah beberapa hal lagi yang berhubungan dengan CSS pada theme ini tetapi apa daya kemampuan saya untuk urusan CSS masih sangat terbatas.

Baca Juga:

Wirautama

Wira, seorang dosen komputer di STP Nusa Dua, Bali. Lahir dan hingga kini tinggal di Kerobokan, sebuah tempat yang tak jauh dari kampung turis mancanegara, Kuta-Bali. Ngeblog sebagai hobi dan sekedar pelepas penat.

22 thoughts on “Ganti Theme Blog WordPress

  1. “Tetapi karena ini blog baru, jadi saya mengharuskan diri menggunakan theme selain Prosumer”
    memang kenapa kalo blog baru pake prosumer mas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *