24 thoughts to “Fitur Khusus Sudah Meninggal di Facebook?”

  1. Boleh juga sih idenya. Tapi rancu juga kan mengingat banyak yang prank2 nanti pasti ada salah paham.

    Mending kalau account fb sudah nonaktif selama sekian bulan misal, akan ada fasilitas yang hanya bisa diakses sama orang tertentu (ortu lah, atau istri, suami, dll) yang bisa mengaktifkan status meninggal itu.
    .-= Dewa Bantal´s last blog ..Makin Miskin Makin Mantab Man! (MMMMM) =-.

  2. Wah, kisah ini mengingatkan saya dengan teman saya yang sudah meninggal beberapa bulan yang lalu..

    Sempat merinding juga ketika account facebook teman saya yang sudah meninggal tsb tiba-tiba Online, dan sempat mengajak saya Chat lantas bertanya tentang kabar teman-teman sekaa teruna di banjar saya. Selain itu, semua comment juga dibalas. Dan bertambah hebohlah jadinya kejadian tsb..

    Perlu juga dibuatkan sistem seperti batu nisan tsb, sehingga di kemudian hari gak ada kejadian seperti diatas,,
    Hehe,,
    .-= Gede Lumbung´s last blog ..Flash VS jQuery, Siapa Yang Menang??? =-.

  3. Saya rasa sih, ndak perlu sampai disediakan fitur “sudah meninggal”. Buat apa juga facebook mempertahankan akun seseorang yang sudah meninggal?

    Saya lebih setuju kalau facebook menyediakan fitur penanda bagi penggunanya untuk memberitau facebook bahwa seorang pengguna facebook telah meninggal. Misalnya si A menandai akun temannya si B karena si B telah meninggal dunia.

    Kemudian facebook memberitahukan berita duka itu kepada seluruh teman si almarhum, sebelum menghapus akunnya. Saya rasa itu lebih menghormati yang meninggal. Tapi, ini cuma ide saja sih. :)

    1. @Agung Pushandaka, saya pribadi malah berpikiran sama. Misalnya ketika si A meninggal, si B yang merupakan karibnya atau C yang merupakan kerabatnya bersama” mengajukan pada pihak FB untuk menonaktifkan akun si A… dan tindak lanjutnya ya saya kira sama juga tuh…
      .-= PanDe Baik´s last blog ..Pilah Pilih Teman Chat-mu di FaceBook =-.

  4. Sahabat saya meninggal 1 bulan lebih yg lalu setelah menderita kanker selama kurang lebih 2 tahun. Sepeninggal beliau, suaminya tidak ingin menghapus facebook teman saya itu, dan saya merasa sangat sedih……, karena menurut saya, tidka bijaksana membiarkan FB org yg sudah tidak ada tetap online, dimana teman teman meninggalkan pesan pesan di wall seolah olah dia masih ‘ada’ diantara kita.

    Saya bersahabat selama 20 tahun dengan almarhumah, sejak di bangku SMA. Saya tahu benar, kalau almahurmah tipe orang yang sangat percaya pada Allah dan seorang muslim yang taat. Bukankah di dalam agama Islam, kita dilarang mengabadikan org yg sudah meninggal sedemikian rupa ? seperti mengkeramatkan sesuatu dan atau ibarat membiarkan kamar seseorang yang sudah tidak ada, dibiarkan seperti saat beliau masih hidup ?

    Saya hanya merasa tidak pada tempatnya, bila kita masih membiarkan FB orang yg sudah tidak ada seperti ia masih ada. Kenangan tidak harus melalui mengabadikan FB seperti itu, karena kenangan ada di dalam hati kita sampai kapanpun.

    :) mutiara moerdani

    1. @mutiara,
      apakah suaminya mengetahui user dan password untuk menghapus account tersebut? jangan-jangan suaminya memang tidak tahu, jadi tidak bisa menghapusnya

  5. Kalo menurut ane. mustinya pesbuk atau jejaring sosial yang serupa dari awal sudah berfikir untuk memasukkan unsur pewaris atau apalah istilahnya bagi setiap pendaftar atau member yang mau bergabung. sehingga apabila terjadi sesuatu atas pemilik akun. dan adanya laporan konfirmasi dari orang yang sudah ditunjuk, maka dengan secara otomatis pesbuk langsung memberikan email password penghapusan terhadap akun yang dimaksud kepada orang yang sudah ditunjuk tersebut. adapun perkara dihapus atau tidak kembali kepada orang yang sudah diamatkan tadi. ini solusi nyang menurut saya jitu.
    soalnya sampai sekarang saya belum bisa menghapus akun temen saya nyang sudah meninggal meski mencoba lewat emailnya. karena segala sesuatunya hanya almarhumah yang tahu. namun kabarnya ada orang-orang pintar diluaran sana yang bisa meng hack ini kalo diantara agan-agan ada yang tahu tolong bagi saya dunk. tx

  6. bisa saja facebook menyediakan fitur seperti itu. tetapi takutnya bisa di salah gunakan. contohnya, si A tidak suka dengan sih B, tentu si A akan berpura2 dgn mengkonfirmasi bahwa si B sudah meninggal dunia, mendinggan kalo si B tahu, oto matif si B bisa membatalkan konfirmasi tersebut. tapi kalo si B ga tahu, naahhh..apa boleh di kata facebook dah hancurin account nya.

    itu yg sempat terpikir di pikiran saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *